Minat Baca di Sumbar Mencapai 60 Persen


Senin, 11 Februari 2019 - 11:00:48 WIB
Minat Baca di Sumbar Mencapai 60 Persen Ilustrasi (haluan)

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Hasil Kajian Kegemaran Membaca Masyarakat Umum (KKMMU) yang dilakukan oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Sumatera Barat pada 2018, Tingkat Kegemaran Membaca (TGM) masyarakat Sumbar berada pada level cukup, yaitu sebesar 41-60 persen.

Kepala Bidang Perpustakaan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat, Sosy Findra, mengatakan penelitian kali ini dilakukan terhadap 644 responden di 7 kabupaten/ kota di Sumbar, yaitu Kabupaten Agam, Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Solok, Kabupaten Pasaman, Kota Solok, Kota Padang Panjang, dan Kota Payakumbuh. Meski pun hasil yang diperoleh berada pada level cukup, rata-rata TGM secara keseluruhan sebesar 44.4 persen, atau sedikit di atas rendah.

"Walau pun TGMnya masuk kategori cukup tinggi berada di antara 41-60 persen, namun nilainya masih cukup rendah, yaitu hanya 44,4 persen,"ujarnya saat ditemui Haluan, kemarin.

Selanjutnya, kata Sosy, Kota Padang Panjang merupakan daerah dengan TGM tertinggi di Sumbar, yaitu 47.9 persen. Kota tersebut memiliki 71 perpustakaan dengan total kunjungan 2.000 kunjungan per bulannya. Sedangkan, Padang Pariaman yang memiliki 529 perpustakaan, menjadi daerah yang memiliki TGM terendah, sebesar 36.4 persen, dengan rata-rata total kunjungan 100 orang per bulannya.

"Sebanyak 266 responden mengaku tingkat kegemaran membacanya rendah. Responden terbanyak dengan TGM rendah ada di Kota Solok dan Padang Pariaman,"ucapnya.

Perpustakaan memiliki program-program yang dirancang untuk meningkatkan minat masyarakat terhadap membaca. Akan tetapi, menurut Sosy, kegemaran masyarakat dalam membaca itu sendiri akan muncul seiring dengan adanya keinginanan dari masing-masing individu untuk maju.

"Minat baca didasari karena adanya keinginan untuk maju, adanya keinginan untuk berbuat. Membaca bisa merubah pola pikir, dan mereka yang mempunyai semangat untuk maju bisa diajak dan didukung agar gemar membaca, karena semua yang mereka butuhkan ada di dalam buku,"katanya. (h/mg-pic)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM