Padang Butuh Rehabilitasi Hutan di DAS


Senin, 11 Februari 2019 - 11:02:31 WIB
Padang Butuh Rehabilitasi Hutan di DAS Ilustrasi

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Hutan di Daerah Aliran Sungai (DAS) perlu direhabilitasi. Pasalnya, ketika di musim penghujan, Kota Padang kerap jadi langganan banjir. Anggota Komisi III DPRD Kota Padang, Iswanto Kwara, Minggu (10/2) mengatakan, saat ini hutan di DAS perlu diperbaiki, apalagi masih ada DAS yang belum sehat.

Ia juga mengemukakan, harus adanya perbaikan sesegera mungkin, karena Kota Padang sendiri dalam areal rawan bencana alam dan salah satunya adalah banjir. Tidak hanya itu, sekitar 30 kawasan hutan di Kota Padang telah menjadi kawasan pemukiman dan 15 persen kawasan hutan menjadi kawasan bencana banjir.

“Ini akibat kerusakan hutan, maka DAS tidak lagi sehat, sehingga luapan air sendiri tidak dapat terkontrol dengan baik. Apalagi kala terjadi hujan dimana aliran air banyak dipermukaan tanah,” katanya.

Semua pihak, harus mendukung program soal perbaikan atau rehabilitasi hutan di kawasan DAS Kota Padang. DAS di ibukota provinsi ini degradasi hutan dan lahan, sehingga menimbulkan kekrititasan pada lahan, krisis air, kerusakan sumber air bersih dan alih fungsi kawasan lingkungan.

Hal ini merupakan, persoalan serius yang musti dibenahi Pemko Padang. Ia mencontohkan, kawasan sungai Batang Kuranji. Di mana kondisi DAS pada kawasan tersebut rusak. Pasalnya, ketika musim penghujan sungai Batang Kuranji itu akan dipenuhi air dan saat kemarau air   keruh atau tidak ada.

Ini tandanya, hulu-hulu di Batang Kuranji itu telah rusak dan perlu adanya perbaikan. "Salah satunya, dengan melakukan penghijauan, perbaikan drainase dan normalisasi air," ujarnya.

Anggota Komisi III DPRD Kota Padang, Wismar Panjaitan mengatakan, persoalan ini perlu segera dibenahi, sehingga Kota Padang nyaman dan terbebas dari persoalan banjir atau bencana alam lainya. Dan hutan di kota ini menjadi asri.

“Sangat diperlukan untuk menanam pohon di pinggiran DAS, sehingga pemukiman warga tidak terkena bencana dan hutan di Kota Padang kembali hijau,” katanya. (h/ade)




Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM