Padang Butuh Rehabilitasi Hutan di DAS


Senin, 11 Februari 2019 - 11:02:31 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Padang Butuh Rehabilitasi Hutan di DAS Ilustrasi

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Hutan di Daerah Aliran Sungai (DAS) perlu direhabilitasi. Pasalnya, ketika di musim penghujan, Kota Padang kerap jadi langganan banjir. Anggota Komisi III DPRD Kota Padang, Iswanto Kwara, Minggu (10/2) mengatakan, saat ini hutan di DAS perlu diperbaiki, apalagi masih ada DAS yang belum sehat.

Ia juga mengemukakan, harus adanya perbaikan sesegera mungkin, karena Kota Padang sendiri dalam areal rawan bencana alam dan salah satunya adalah banjir. Tidak hanya itu, sekitar 30 kawasan hutan di Kota Padang telah menjadi kawasan pemukiman dan 15 persen kawasan hutan menjadi kawasan bencana banjir.

“Ini akibat kerusakan hutan, maka DAS tidak lagi sehat, sehingga luapan air sendiri tidak dapat terkontrol dengan baik. Apalagi kala terjadi hujan dimana aliran air banyak dipermukaan tanah,” katanya.

Semua pihak, harus mendukung program soal perbaikan atau rehabilitasi hutan di kawasan DAS Kota Padang. DAS di ibukota provinsi ini degradasi hutan dan lahan, sehingga menimbulkan kekrititasan pada lahan, krisis air, kerusakan sumber air bersih dan alih fungsi kawasan lingkungan.

Hal ini merupakan, persoalan serius yang musti dibenahi Pemko Padang. Ia mencontohkan, kawasan sungai Batang Kuranji. Di mana kondisi DAS pada kawasan tersebut rusak. Pasalnya, ketika musim penghujan sungai Batang Kuranji itu akan dipenuhi air dan saat kemarau air   keruh atau tidak ada.

Ini tandanya, hulu-hulu di Batang Kuranji itu telah rusak dan perlu adanya perbaikan. "Salah satunya, dengan melakukan penghijauan, perbaikan drainase dan normalisasi air," ujarnya.

Anggota Komisi III DPRD Kota Padang, Wismar Panjaitan mengatakan, persoalan ini perlu segera dibenahi, sehingga Kota Padang nyaman dan terbebas dari persoalan banjir atau bencana alam lainya. Dan hutan di kota ini menjadi asri.

“Sangat diperlukan untuk menanam pohon di pinggiran DAS, sehingga pemukiman warga tidak terkena bencana dan hutan di Kota Padang kembali hijau,” katanya. (h/ade)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 18 Februari 2019 - 19:28:48 WIB

    Naik Bus Trans Padang, Siswa Boleh Bayar Pakai Botol Mineral Bekas

    Naik Bus Trans Padang, Siswa Boleh Bayar Pakai Botol Mineral Bekas PADANG, HARIANHALUAN.COM -Dukung minimalisir sampah plastik, Dinas Perhubungan (Dishub) bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) akan resmikan pembayaran bus Trans Padang bagi siswa menggunakan sampah plastik. Peresmian tersebut .
  • Ahad, 17 Februari 2019 - 22:25:25 WIB

    Jaga Kearifan Lokal, Komonitas Padang Kota Bengkuang Gelar Lomba Pangan

    Jaga Kearifan Lokal, Komonitas Padang Kota Bengkuang Gelar Lomba Pangan PADANG, HARIANHALUAN. COM--Komunitas Padang Kota Bingkuang menggelar lomba kreasi pangan lokal 2019, di pantai Muaro Lasak, Kota Padang, Minggu (17/2)..
  • Rabu, 13 Februari 2019 - 11:16:24 WIB

    Tiga Bulan Lagi, Mobil Derek Siap Menindak di Padang

    Tiga Bulan Lagi, Mobil Derek Siap Menindak di Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Tak hentinya pemilik kendaraan roda empat yang suka parkir sembarangan, membuat Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Padang, Dedi Henidal geram. Ia menyebutkan, setelah dikeluarkan peraturan wali.
  • Senin, 11 Februari 2019 - 11:14:48 WIB

    Razia di Padang, Ribuan Miras dan 22 Orang Diamankan

    Razia di Padang, Ribuan Miras dan 22 Orang Diamankan PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Ribuan botol minuman beralkohol beserta 22 orang yang tidak memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) diamankan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Padang, saat melakukan razia di tempat hiburan malam.
  • Selasa, 05 Februari 2019 - 21:27:32 WIB

    540 Orang CPNS Kota Padang Terima SK 

    540 Orang CPNS Kota Padang Terima SK  PADANG, HARIANHALUAN.COM – Sebanyak 540 orang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kota Padang menerima SK pengangkatan yang dilaksanakan oleh Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Padang. SK CPN.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM