Polda Sumbar Ciduk Tersangka Pengedar Sabu Bersenjata Api


Selasa, 12 Februari 2019 - 11:24:18 WIB
Polda Sumbar Ciduk Tersangka Pengedar Sabu Bersenjata Api Wakil Direktur Narkoba Polda Sumbar, AKBP Roedy Yoelianto memperlihatkan senjata rakitan yang disita dari tangan bandar narkoba asal Kota Payakumbuh, Senin (11/2). IRHAM

PADANG, HARIANHALUAN.COM-Direktorat Narkoba Polda Sumbar, menangkap dua orang yang diduga pengedar narkotika jenis sabu di dua lokasi yang berbeda. Satu orang diantaranya diketahui, mantan anggota TNI yang telah diberhentikan tidak dengan hormat sejak tahun 2016 lalu.

Direktur Narkoba Polda Sumbar, Kombes Pol Ma'mun, melalui Wakil Direktur Narkoba Polda Sumbar, AKBP Roedy Yoelianto saat jumpa pers di Mapolda, Senin (11/2) menyebutkan, tersangka yang diamankan berinisial DS (39) dan NH (41).

"Dari penangkapan DS, kami menyita lima paket sabu seberat 219,91 gram serta alat timbangan digital. Kemudian kami juga menemukan satu pucuk senjata api rakitan jenis pistol beserta magazine dan sembilan butir amunisi kaliber 9, satu holster berbahan kanvas dan satu unit handphone," sebut AKBP Roedy Yoelianto.

Ia mengatakan, penangkapan DS berawal dari hasil pengembangan kasus tersangka berinisial NH (41) yang terlebih dahulu ditangkap pada Jumat (6/2) pukul 11.00 WIB. NH ditangkap di pinggir jalan Raya Tanjung Pati, Kenagarian Sari Lamak, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota. Dari tersangka barang bukti yang diamankan satu paket sabu seberat 4,58 gram.

"Setelah menangkap NH, kami melakukan pengembangkan kasusnya dan sekitar pukul 11.50 WIB, di hari yang sama, kami mengamankan tersangka DS di kediamannya. Saat akan ditangkap, DS sempat memegang pistol rakitan miliknya, tapi kami berikan tembakan peringatan dan akhirnya DS membuang senjata api yang dipegangnya tersebut," ucap Roedy.

Roedy mengatakan, NH juga merupakan residivis dengan kasus yang sama yaitu narkoba. Dikatakannya, NH saat itu dijatuhi hukuman penjara sekitar masa tahanan satu tahun dua bulan. "Kemudian DS ini, dari pengakuannya juga sudah kedua kalinya juga ditangkap. Selain itu, DS ini juga pernah akan ditangkap oleh BNNP Sumbar pada Januari lalu, tapi DS ini berhasil kabur," kata Roedy.

Roedy katakan, terkait kasus DS ini, untuk selanjutnya pihak Polda Sumbar, akan berkoordinasi dengan BNNP Sumbar, dalam melakukan pengembangan terkait kasus dan jaringan tersangka ini. "Karena perbuatannya itu, tersangka dikenakan pasal 114 ayat 1 subs pasal 112 ayat 1 undang-undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika dan Pasal 114 ayat 2 subs pasal 112 ayat 2 undang-undang RI Nomor 35 tahun 2009. Dengan ancaman kurungan penjara 20 tahun dan maksimal hukuman mati," sebut Roedy.

Ditresnarkoba akan berkoordinasi dan melimpahkan kasus DS ke Ditreskrimum terkait atas kepemilikan senjata api rakitan. "Untuk barang bukti kami akan serahkan ke Ditreskrimum, karena dari hasil intrograsi sementara DS mengaku dapat senjata api rakitan itu dibeli seharga Rp2 juta. Informasi awal didapat dari Pekanbaru pada tahun 2012 oleh penjual berinisial D. Sepenuhnya dan pengembangan kasus senjata api ini akan ditangani oleh Ditreskrimum Polda Sumbar," jelasnya. (h/mg-pmi)

 



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 25 April 2019 - 19:39:50 WIB

    Kasus Narkoba, Polda Sumbar Bekuk Tujuh Pelaku

    Kasus Narkoba, Polda Sumbar Bekuk Tujuh Pelaku PADANG, HARIANHALUAN.COM-Selama April 2019 ini, Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Sumbar, sudah menangkap tujuh orang pelaku penyalahgunaan narkoba. Dari tujuh pelaku satu orang diantaranya seorang mahasiswa d.
  • Rabu, 24 April 2019 - 11:28:49 WIB

    Polda Sumbar Ringkus Dua Pebisnis Kulit Harimau

    Polda Sumbar Ringkus Dua Pebisnis Kulit Harimau PADANG, HARIANHALUAN.COM—Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sumbar, mengamankan dua pelaku berinisial S dan A karena memiliki, menyimpan, sekaligus memperjualbelikan kulit dan bagian tubuh lain dari ha.
  • Selasa, 19 Maret 2019 - 11:36:51 WIB

    Polda Sumbar Terus Lidik Tarok City

    Polda Sumbar Terus Lidik Tarok City PADANG, HARIANHALUAN.COM—Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sumbar, masih terus melakukan penyelidikan (lidik) atas dugaan praktik korupsi dalam pembangunan Kawasan Pendidikan Terpadu Tarok City (KPTTC.
  • Rabu, 06 Februari 2019 - 12:40:36 WIB

    Dugaan Korupsi Hotel Balairung, Polda Sumbar Periksa Tiga Saksi Pekan Ini

    Dugaan Korupsi Hotel Balairung, Polda Sumbar Periksa Tiga Saksi Pekan Ini PADANG, HARIANHALUAN.COM – Polda Sumbar terus mendalami pengaduan masyarakat terkait dugaan korupsi terhadap biaya operasional Hotel Balairung, hotel milik Pemprov Sumbar di Jakarta yang dibangun dengan anggaran daerah, dan.
  • Jumat, 18 Januari 2019 - 10:16:19 WIB

    Polda Sumbar Ciduk Lima Tersangka Penyalahguna Narkoba, Dua Orang Masih Remaja

    Polda Sumbar Ciduk Lima Tersangka Penyalahguna Narkoba, Dua Orang Masih Remaja PADANG, HARIANHALUAN.COM-Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumatera Barat (Sumbar), mengamankan lima orang laki-laki terkait kasus penyalahgunaan narkotika dalam sepekan terakhir. Dua orang pelaku yang diamankan diketahui kaka.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM