Yayasan Darianis Yatim Bakal Bangun Masjid Megah di SMPN 1 Kota Solok


Selasa, 12 Februari 2019 - 17:24:33 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Yayasan Darianis Yatim Bakal Bangun Masjid Megah di SMPN 1 Kota Solok PEMBANGUNAN MASJID—Menandai dimulainya pembangunan masjid Darianis Yatim di komplek SMPN 1 Kota Solok, pelaksana harian yayasan Darianis Yatim Rusdi Saleh melakukan peletakan batu pertama pembangunan masjid, disaksikan Wawako Solok Reinier, Forkompinda dan tokoh masyarakat Kota Solok, Selasa (12/2). WANDI MALIN

SOLOK, HARIANHALUAN.COM—Keluarga besar SMPN 1 Kota Solok patut bersyukur. Betapa tidak, di lingkungan SMP tertua di Kota Beras serambi Madinah itu akan segera berdiri masjid megah. Fakta itu terungkap saat peletakan batu pertama pembangunan masjid, yang diberi nama masjid Darianis Yatim itu oleh wakil walikota Solok Reinier di halaman depan sekolah tersebut, Selasa (12/2).

Di atas lahan seluas 14x14 meter persegi, yang sebelumnya difungsikan sebagai lapangan basket tersebut, akan dibangun mesjid berlantai dua dengan arsitektur modern. Masjid tersebut didanai sepenuhnya oleh yayasan Darianis yatim dengan anggaran diperkirakan lebih dari Rp1 Miliyar.

“Terimakasih kepada yayasan Darianis Yatim yang difasilitasi oleh ketua Iluspi Rusdi Saleh yang telah mewujudkan pembangunan mesjid di lingkungan sekolah yang sejak lama kami impikan,”kata Yuldarmi, S.Pd kepala SMPN 1 Kota Solok.

Pihaknya optimis, dengan berdirinya masjid yang representatif di lingkungan sekolah akan mampu menunjang berbagai kegiatan pembelajaran bagi siswa, terutama dalam penanaman nilai-nilai keagamaan di sekolah yang memiliki siswa sebanyak 1190 orang siswa tersebut.

“Sebuah proses panjang yeng telah kita lalui, sehingga mimpi untuk memiliki mesjid ini bisa terealisasi pada hari ini,” kata kepala sekolah.

Selain dihadiri oleh Wawako Solok Reinier, turut hadir dalam kegiatan itu Wakil ketua DPRD Kota Solok H. Irman Jefri Adang SH,MH, Forkompinda Kota Solok, ketua LKAAM Kota Solok HM Rusli Khatib Sulaiman, Bundo Kanduang, pengurus KNPI, Alumni dan tokoh masyarakat setempat.

Sementara itu Pelaksana Harian Yayasan, Darianis Yatim, menyebutkan, pembangunan Mesjid tersebut direncanakan akan selesai dalam empat bulan ke depan. Pada lantai lantai dasar rencananya akan dimanfaatkan sebagai ruangan serbaguna. Sedangkan pasda lantai dua akan difungsikan sebagai tempat ibadah.

“Insyaallah, kalau semuanya berjalan lancar, pembangunannya kita targetkan tuntas hingga empat bulan ke depan," Rusdi Saleh kepada Haluan selepas kegiatan peletakan batu pertama pembangunan mesjid itu

Rusdi menyebutkan, Yayasan Darianis Yatim didirikan pada tahun 2012 silam, dengan kegiatan lebih difokuskan pada kegiatan sosial kemasyarakatan dan pendidikan. Pembangunan masjid SMP 1 adalah pembangunan mesjid yang ke 14 di kota Solok, setelah pada akhir tahun lalu juga dilakukan pembangunan mesjid di lingkungan SMP N 3 Kota Solok.

"Ini bukti kecintaan kami kepada almamater dan masyarakat Kota Solok. Semoga dengan membangun fasilitas rumah ibadah yang representatif akan lahir generasi muda yang berakhlak mulia di kota ini," ujar Rusdi Saleh yang juga ketua Ikatan Alumni SMP N 1 (Iluspi) tersebut.

Terkait itu, Wawako Solok Reinier menyampaikan apresiasi yang tinggi atas dibangunnya mesjid tersebut. Pihaknya juga menyampaikan apresiasi kepada yayasan Darianis Yatim pimpinan H. Yenon Orsa yang telah banyak membantu pembangunan dan revitalisasi sejumlah mesjid di daerah itu.

“Kota Solok serambi Madinah jangan hanya slogan, tapi ada langkah-langkah kongkrit melalui komitmen pemerintah daerah dan masyarakat, seperti yang kita lakukan saat ini,” ujar Wawako.

Pihaknya meminta kepada pihak SMPN 1 Kota Solok untuk melibatkan masyarakat dalam pengelolaan mesjid ini, agar masyarakat juga menerima manfaat dari keberadaan masjid tersebut.

“Semoga masyarakat Kota Solok juga mendapat keberkahan dengan berbagai kegiatan keagamaan yang digerakkan saat ini,” ucapnya. (h/ndi)

 

 



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 15 Februari 2018 - 11:04:02 WIB

    Direvitalisasi, Saribu Rumah Gadang Harus Dikelola Yayasan

    Direvitalisasi, Saribu Rumah Gadang Harus Dikelola Yayasan PADANG, HARIANHALUAN.COM—Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, mengatakan, pembiayaan untuk merevitalisasi rumah gadang di Kawasan Saribu Rumah Gadang (SRG) di Koto Baru, Solok Selatan (Solsel) tidak hanya berasal dari pemerint.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM