Jaga Kearifan Lokal, Komonitas Padang Kota Bengkuang Gelar Lomba Pangan


Ahad, 17 Februari 2019 - 22:25:25 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Jaga Kearifan Lokal, Komonitas Padang Kota Bengkuang Gelar Lomba Pangan Suasana acara lomba kreasi pangan lokal 2019, di pantai Muaro Lasak, Kota Padang, Minggu (17/2). IST

 

PADANG, HARIANHALUAN. COM--Komunitas Padang Kota Bingkuang menggelar lomba kreasi pangan lokal 2019, di Pantai Muaro Lasak, Kota Padang, Minggu (17/2).

Acara yang diselenggarakan bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK kota Padang diikuti oleh 104 kontestan yang terdiri dari perwakilan dari kelurahan se- Kota Padang dan masyarakat umum.

Hal unik dan spesial dalam even ini, semua bahan dasar panganan yang dilombakan berasal dari Bingkuang yang selama ini dikenal sebagai ikon Kota Padang.

Ketua Pelaksana, Mazahar Putra, dalam sambutannya mengatakan, perlunya mengangkat kembali kearifan lokal yang selama ini hampir ditinggalkan oleh sebagian masyarakat di kota Padang.

"Bingkuang adalah ikon kota Padang yang telah dikukuhkan bertahun-tahun yang lalu. Dan acara ini kami selenggarakan untuk menggugah kembali animo masyarakat tentang kearifan lokal, mengangkat nilai ekonomis bagi kesejahteraan petani bingkuang di Kota Padang dan Sumatera Barat umumnya" ujar Azmal.

Hadir dalam kegiatan ini Harneli Mahyeldi sebagai Ketua Tim Penggerak PKK kota Padang dan Athari Ghauti Ardi sebagai sponsor utama kegiatan, serta para alumni FPUA Unand angkatan 87 dan para tamu undangan lainnya dari berbagai instansi.

Sementara tiga orang tim penilai (juri) terdiri dari praktisi, BBPOM Padang, dan ahli tata boga dari UNP, memutuskan pemenang dari bermacam ketegori yaitu, untuk kategori umum juara 1 dari Kelurahan Lubuk Buaya dengan olahan (Dimsum Bingkuang). Kategori Pengembangan resep juara 1 kembali diraih Lubuk buaya dengan olahan (Dimsum Bingkuang). Kategori Citarasa tampilan (Dimsum Bingkuang) dan kembali diraih Lubuk Buaya, dan, katetori Keamanan Pangan (Pie Bingkuang) Juara 1 diraih Kelurahan Tanah Ombak.(h/rel). 



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 05 Februari 2019 - 22:47:29 WIB

    Serak Gulo, Menjaga Akulturasi

    Serak Gulo, Menjaga Akulturasi PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Tradisi keturunan muslim India, Serak Gulo semakin menjadi daya tarik di Kota Padang yang terbukti dengan meningkatnya jumlah peserta yang mengikuti tradisi sampai hampir tiga kali lipat dari tahun.
  • Jumat, 30 November 2018 - 21:45:48 WIB

    HUT ke 62, PIA Ardhya Garini Jaga Kekompakan

    HUT ke 62, PIA Ardhya Garini Jaga Kekompakan PADANG, HARIANHALUAN.COM – Organisasi persatuan istri prajurit Angkatan Udara (PIA Ardhya Garini) cabang 14 daerah I Lanud Sutan Sjahrir menggelar acara peringatan hari ulang tahun PIA Ardhya Garini ke-62..
  • Rabu, 28 November 2018 - 23:26:15 WIB

    Bundo Kandung Jaga Kelestarian Minangkabau

    Bundo Kandung Jaga Kelestarian Minangkabau PADANG, HARIANHALUAN.COM – Wali Kota Padang diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Dian Fakri memberikan apresiasi atas digelarnya lomba adat dan budaya Minangkabau yang diikuti antar bundo kanduang kelur.
  • Rabu, 30 Agustus 2017 - 09:47:41 WIB

    Umat Beragama Agar Jaga Kerukunan

    Umat Beragama Agar Jaga Kerukunan PADANG, HARIANHALUAN.COM--Umat beragama di Kota Padang diharapkan tetap menjaga kerukunan antar umat beragama sebagaimana telah berjalan dengan baik selama ini..
  • Jumat, 18 November 2016 - 00:51:00 WIB

    Jaga Keutuhan NKRI, 3.000 Perda Dibatalkan

    PADANG, HALUAN — Lebih dari 3.000 Peraturan Daerah (Per­da) di Indonesia dibatalkan Ke­menterian Dalam Negeri demi menjaga keutuhan Negara..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM