Pengunjung Resah, Sapi Berkeliaran di Objek Wisata Batu Kalang Tarusan


Senin, 18 Februari 2019 - 13:28:38 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Pengunjung Resah, Sapi Berkeliaran di Objek Wisata Batu Kalang Tarusan Sejumlah Sapi tampak berkeliaran di kawasan wisata Batu Kalang, Kacamatan Koto XI Tarusan, Pessel. OKIS MARDIANSYAH

PAINAN, HALUAN.Com - Sejumlah pengunjung dan pedagang di kawasan wisata Pantai Batu Kalang, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan mengeluhkan banyaknya sapi berkeliaran di lokasi tersebut. Padahal, Pantai Batu Kalang merupakan salah satu objek wisata favorite bagi sejumlah pengunjung di daerah yang berjuluk Negeri Sejuta Pesona itu. Bahkan, objek wisata itu masuk ke dalam Rencana Induk Pengembangan Wisata Daerah (Ripparda) atau kawasan wisata ekslusif.

 

"Benar, kami sangat terganggu dengan banyaknya Sapi berkeliaran disini. Bahkan, keindahan pantai ini rusak akibat sapi-sapi yang membuang kotorannya di sejumlah tempat," ujar Hamdi (46), seorang pengunjung asal Jambi kepada wartawan di lokasi. Minggu (17/2).

 

Hal senada dikatakan Erni (38), seorang pedagang di kawasan pantai yang cukup indah tersebut. Menurut dia, keberadaan sejumlah ternak mamalia atau hewan menyusui tersebut, juga kerap merusak Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPSS) dan sejumlah tanaman yang ada di sekitar kawasan pantai.

 

"Namun, persoalan ini seakan luput dari perhatian pemerintah, khususnya Pol PP selaku Penegak Perda di daerah ini," katanya.

 

Terkait persoalan itu, lanjut dia, ia mewakili sejumlah pedagang sangat berharap pemerintah daerah melalui petugas terkait, turun tangan untuk menertibkan Sapi-sapi yang berkeliaran tersebut.

 

"Kalau bisa kepada pemilik ternak ini diberikan teguran keras dan surat perjanjian sebagai efek jera. Sebab, sudah mengganggu kenyamanan pengunjung dan dagangan saya sering tidak laku karena dianggap kotor. Apalagi daerah kita baru memperoleh piala Adipura," ucapnya.

 

Dihubungi terpisah, Pelaksana tugas (Plt) Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Pessel, Hadi Susilo mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya bakal melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak terkat, termasuk Pol PP sebagai penegak Perda di daerah tersebut.

 

"Ya, terkait kondisi ini secepatnya kami bakal menggelar pertemuan dengan sejumlah intansi yang terlibat. Hal ini akan menjadi pembahasan penting nantinya. Terimakasih atas laporannya. Mudah-mudahan secepatnya bisa teratasi," ucapnya singkat. (h/kis)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 08 Januari 2019 - 10:37:55 WIB

    Diduga Karena Isu Bencana, Wisata Pulau di Sumbar Sepi Pengunjung

    Diduga Karena Isu Bencana, Wisata Pulau di Sumbar Sepi Pengunjung PADANG, HARIANHALUAN.COM – Maraknya musibah bencana alam dan isu kejadian bencana sejak akhir 2018 lalu membuat jumlah kunjungan wisatawan ke sejumlah tempat wisata pulau di Sumbar menurun drastis. Pantauan Haluan ke sejuml.
  • Selasa, 17 Juli 2018 - 10:37:04 WIB

    Tuan Rumah Jambore PKK se Sumbar . Bupati: Pengunjung Diharap Terbius Keindahan Pessel

    Tuan Rumah Jambore PKK se Sumbar  . Bupati: Pengunjung Diharap Terbius Keindahan Pessel PAINAN, HARIANHALUAN.COM-Jambore PKK Terpadu Tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), diharapkan memberikan nilai tambah bagi kemajuan pariwisata daerah, khususnya di Pesisir Selatan..
  • Senin, 02 April 2018 - 01:57:52 WIB
    LIBUR PANJANG

    Objek Wisata Pessel Dipadati Pengunjung

    Objek Wisata Pessel Dipadati Pengunjung PESSEL, HALUAN - Kawasan objek wisata Pantai Carocok Painan, Kabupaten Pesisir Selatan banjir pengunjung. Hal ini terlihat dari banyaknya kendaraan berupa bus dan kendaraan pribadi berplat nomor luar Sumbar yang menikmati lib.
  • Kamis, 18 Agustus 2016 - 13:00:47 WIB

    Pengunjung Taman Satwa Padangtujuh Merasa Dipungli

    PASBAR, HALUAN — Sejumlah pengunjung taman satwa dan hutan yang diinisiatori oleh Dinas Kehutanan Pasbar di Padangtujuah, Nagari Lingkungaur, Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasbar, mulai resah. Pasalnya, selain ada dugaan pun.
  • Senin, 08 Agustus 2016 - 11:54:04 WIB

    Stan Dharmasraya Padat Pengunjung

    Stan Dharmasraya Padat Pengunjung DHARMASRAYA, HALUAN — Stan­ pa­meran UP2K Ka­bu­paten Dharmasraya, padat di­kunjungi pengunjung yang mengikuti kegiatan jambore terpadu kader PKK, P3MD, IMP- KB, TTG di Camping Ground Kandih, Sawahlunto, yang digelar .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM