Dianggap Hama, Puluhan Monyet di Agam Diburu Klub Penembak


Senin, 18 Februari 2019 - 18:36:17 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Dianggap Hama, Puluhan Monyet di Agam Diburu Klub Penembak Ilustrasi (net)

AGAM, HARIANHALUAN.COM-- Puluhan monyet dimusnahkan oleh sejumlah klub menembak, di Nagari Maninjau, Kabupaten Agam, Minggu (17/2). Hal itu dilakukan karena kera yang diaggap hama itu meresahkan masyarakat karena menyerang dan merusak perkebunan milik warga.

Tidak hanya merusak perkebunan, bahkan monyet tersebut tidak jarang masuk ke rumah masyarakat di Jorong kukuban, dan Bancah Nagari Maninjau.

Wali Nagari Maninjau, Alfian, mengatakan, monyet itu sudah sangat menganggu, dan pemusnahan itu merupakan kegiatan pertama setelah satu tahun terakhir. Jika hama tersebut dibiarkan cukup lama maka dikhawatirkan akan semakin merugikan masyarakat.

Dikatakannya, saat ini perwakilan dari masyarakat juga tengah berupaya mencarikan jalan agar hama tersebut tidak semakin menjadi-menjadi. Salah satunya, berkoordinasi BKSDA dan Perbakin Agam untuk melakukan pemberantasan hama kera secara bersama-sama secara berkelanjutan.

“Apabila dibiarkan saja perkebunan masyarakat yang terdiri dari, kebun pisang, ubi, cabai, kacang panjang, padi, coklat dan sejenisnya bakal rusak. Kami berharap,  Perbakin Agam kembali menggelar berburu bersama,” katanya.

Salah seorang tokoh pemuda Bancah, Rudi Yudisti mengatakan, monyet sebagian besar hasil kebunnya sudah rusak dan tidak bisa dipanen.

“ Mengganasnya monyet sangat mengkhawatirkan masyarakat dan kami sudah kewalahan dengan ulah monyet ini,” ucapnya. (h/yat)

Keterangan foto kegiatan berburu hama kera di  jorong bancah dan kukuban Nagari Maninjau



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM