Naik Bus Trans Padang, Siswa Boleh Bayar Pakai Botol Mineral Bekas


Senin, 18 Februari 2019 - 19:28:48 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Naik Bus Trans Padang, Siswa Boleh Bayar Pakai Botol Mineral Bekas Dokumentasi Haluan

PADANG, HARIANHALUAN.COM -Dukung minimalisir sampah plastik, Dinas Perhubungan (Dishub) bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) akan resmikan pembayaran bus Trans Padang bagi siswa menggunakan sampah plastik. Peresmian tersebut akan dilakukan bertepatan dengan Haru Peduli Sampah Nasional (HPSN).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Hermen Peri melalui Sekretarisnya Tri Hadiyanto pada Haluan, (18/2) menyebutkan bahwa saat ini DLH, Dishub dan Dinas Pendikan terkait teknis pelaksanaannya. Selain bertujuan meminimalisir bisa memanfaatkan kembali sampah plastik, DLH juga berharap cara tersebut tidak mengurangi Pendapatan Asli Daerah (PAD).

"Kami sedang membicarakan bagaimana teknisnya supaya siswa bisa membayar bus Trans Padang dengan sampah plastik. Di sisi lain bagaimana sampah tersebut bisa dijual kembali yang tidak mempengaruhi PAD bagi Dishub. Kemudian, dari sisi dinas pendidikan bisa mensosialisasikan kepada siswa ke sekolah-sekolah," terang Tri.

Ia menjelaskan, nantinya bagi siswa yang menggunakan bus Trans Padang bisa membayar dengan sampah plastik cup sebanyak 20 sampai 25 buah. Sementara, jika menggunakan botol ukuran menengah bisa sekitar 10 sampai 15 botol mineral.

"Kami juga sedang membicarakan secara intern ke mana sampah plastik akan dipasarkan untuk kemudian dibayarkan kepada Dishub. Hitung-hitungannya sekitar itu karena mineral cup dan botol perbedaan kualitas plastiknya berbeda," katanya lagi.

Sementara, Kepala Dishub Dedi Henidal terkait rencana hal tersebut sangat mendukung. Karena sampah plastik tidak mudah hancur maka sampah plastik harus di daur ulang kembali.

"Kami sama-sama dalam menjaga lingkungan ini dengan meminimalisir sampah plastik. Bagaimana hitung-hitungannya supaya sama-sama enak maka saat ini sedang kami godok rinciannya. Semoga siswa juga sadar akan kebersihan dan lingkungan sekitar," kata Dedi.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Barlius bahwa siswa harus peduli lingkungan. Selain akan menghemat uang belanja, siswa akan diarahkan kepada hidup teratur.

"Kami sudah mulai mensosialisasikan ini kepada sekolah-sekolah. Ke depan bagaimana siswa bisa peduli lingkungan dengan tidak membuang sampah plastik terutama plastik air mineral sembarangan. Sampah tersebut bisa dimanfaatkan sebagai pengganti ongkos bus Trans Padang," kata Barlius. (h/win)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 25 Januari 2019 - 09:58:11 WIB

    DPRD Padang Tunaikan LHKPN Sejak 2018

    DPRD Padang Tunaikan LHKPN Sejak 2018 PADANG, HARIANHALUAN.COM – Tingkat kepatuhan kalangan anggota DPRD Padang dalam menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sudah memenuhi harapan. Bahkan, pelaporan.
  • Jumat, 10 November 2017 - 11:52:54 WIB

    Retribusi Naik, Dinas Perdagangan Padang Raup Rp5,1 Miliar

    Retribusi Naik, Dinas Perdagangan Padang Raup Rp5,1 Miliar PADANG, HARIANHALUAN.COM - Hingga penghujung tahun 2017, realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Dinas Perdagangan telah capai Rp5,1 miliar. Ditargetkan, pada akhir Desember capaian retribusi akan mencapai angka Rp6 miliar..
  • Sabtu, 05 Agustus 2017 - 13:39:47 WIB
    PADANG RAIH ADIPURA

    Insentif Pasukan Kuning Dinaikkan 10 Persen

    PADANG,HALUAN-- Seperti diketahui, setelah "puasa" selama sewindu, akhirnya Kota Padang meraih Adipura di tahun 2017. Diraihnya kembali Adipura disambut senang oleh semua masyarakat, pemerintah dan terutama petugas kebersihan.
  • Kamis, 20 Juli 2017 - 13:12:36 WIB

    Syeikh Khalid Beri Jurnalis Hadiah Naik Haji dan Beasiswa

    Syeikh Khalid Beri Jurnalis Hadiah Naik Haji dan Beasiswa PADANG, HARIANHALUAN.COM--Ketua Pembina Yayasan Al Manarah Al Islamiyah Foundation Syeikh Khalid Al Hamudi memberikan hadiah kepada jurnalis muslim yang sedang mengadakan simposium di Hotel Grand Inna Muara, Selasa malam (19/.
  • Selasa, 20 Desember 2016 - 00:23:39 WIB

    UNP Sambut Baik Kenaikan Beasiswa Bidikmisi

    PADANG, HALUAN — Ke­menterian Riset, Tek­nol­ogi dan Pendidikan Tinggi (Ke­m­ris­tekdikti) berencana m­enaikkan biaya hidup ma­ha­siswa Bidikmisi sebanyak Rp50 ribu sehingga menjadi Rp650 per bulan. Kebijakan itu m.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM