Usai Gelar Perkara, Polisi Tetapkan 17 Anak Pelaku Kekerasan di Ponpes Nurul Ikhlas


Selasa, 19 Februari 2019 - 11:39:04 WIB

PADANG PANJANG, HALUAN.Com – Setelah melakukan gelar perkara terhadap kasus kekerasan di Pondok Pesantren Nurul Ihkas, pihak Kepolisian dari Polres Padang Panjang menetapkan 17 orang santri sebagai "anak pelaku" (sebutan untuk tersangka yang masih dibawah umur-red). Terpisah, setelah seminggu Koma, di RSUP M Djamil Padang, korban penganiayaan berinisial “RA” akhirnya tutup usia, Senin (18/2) sekitar pukul 06.20 WIB

 

“17 santri telah kami tetapkan sebagai anak pelaku. Anak pelaku dijerat Pasal 80 ayat 1,2 jo Pasal 76 C UUPA. Karena anak pelaku yang merupakan anak bawah umur, kami tidak bisa melakukan penahanan,” sebut Kasat Reskrim Polres Padang Panjang Kalbert Jonaidi melalui Kanit Resum Ipda Awal Rama.

 

Dikatakannya, sebelum gelar perkara, penyidik telah melakukan pra rekontruksi kasus di tempat kejadian perkara (TKP). Kasus kekerasan santri “RA” terjadi berulang kali. Kekerasan tersebut dilakukan di Asrama Musa 8 dilingkungan Ponpes setempat. Dari hasil perkara yang digelar, penyidik menyimpulkan terhadap anak pelaku tidak dapat dilakukan penahanan.

 

“Pelaku merupakan anak bawah umur, penyidik memutuskan untuk Diversi atau bisa kita sebut penyelesaian perkara diluar pengadilan. Kesimpulan ini, penyidik mengacu pada undang undang perlindungan anak (PPA),” sebut Awal Rama.

 

Lebih lanjut Awal menjelaskan, peristiwa kekerasan terhadap salah seorang santri berawal pada Kamis, sekitar pukul 22.00 WIb. Kejadian kembali terulang, Jumat (15/2) dan Minggu (17/2) lalu.

 

Dijelaskannya, perkara tersebut ditangani secara khusus oleh penyidik PPA Polres Padang Panjang, sejauh penanganan perkara, Penyidik telah melakukan pemeriksaan 19 orang santri dan sejumlah saksi saksi.

 

  1. hanya itu kita juga mengamankan barang bukti yang digunakan untuk menganiaya korban. “Kita telah amankan sepasang sepatu bot dan potongan gagang sapu sebagai alat kekerasan,” sebutnya.

 

Terkaitnya, meninggal dunianya korban pengeroyokan tersebut, pihak kepolisian akan segera berkoordinasi dengan pihak kejaksaan, untuk proses hukum lebih lanjut. (h/*)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM