Uang Jasa Pelayanan Dipotong, Perawat RSUD M.Zein Painan Mogok Kerja


Selasa, 19 Februari 2019 - 19:32:18 WIB
Uang Jasa Pelayanan Dipotong, Perawat RSUD M.Zein Painan Mogok Kerja Sejumlah perawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) M.Zein Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, melakukan mogok kerja dan protes terhadap kebijakan pihak manajemen. Selasa, (19/2).

PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Sejumlah perawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) M.Zein Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, melakukan mogok kerja dan protes terhadap kebijakan pihak manajemen. Selasa, (19/2).

Informasi yang diterima Haluan, aksi tersebut berlangsung di halaman RSUD setempat setelah apel pagi. Mereka protes terkait adanya pemotongan jasa pelayanan (remunerasi) terhadap seluruh perawat yang sudah lama mengabdi di rumah sakit tersebut. 

Dirut RSUD M. Zein Painan, Sutarman membenarkan hal tersebut. Namun, tidak menghambat proses pelayanan di rumah sakit milik daerah tersebut. Menurut dia, aksi yang disampaikan sejumlah perawat itu adalah wajar, sebab mereka menuntut hak.

"Namun, dalam artian mereka ini tidak demo tapi menyampaikan aspirasi dan meminta jasa pelayanan kembali seperti semula. Mereka ini ngambek," kata Sutarman di ruang kerjanya.

Ia menjelaskan, pengurangan jasa pelayanan perawat tersebut, setelah adanya kebijakan bersama manajemen terkait pemangkasan jasa pelayanan perawat, sehingga diambil kesepakatan untuk menaikkan remunerasi untuk dokter spesialis.

"Sebelumnya sudah kami sampaikan juga kepada mereka (perawat), tapi banyak yang tidak setuju dan terjadilah aksi protes. Namun, sekarang sudah normal seperti biasa," katanya.

Sutarman menyebutkan, anggaran remunirasi jasa pelayanan rumah sakit dikeluarkan pihak manajemen adalah sebesar 42 persen dari total pendapatan BLUD yang mencapai Rp 2,058 miliar.

"Artinya, ada sekitar 49 miliar yang bakal dibagikan kepada 600 tenaga medis, masing-masingnya 27 orang untuk dokter spesialis, 15 dokter umum, selebihnya ditambah perawat dan pihak manajemen rumah sakit. Dan itu termasuk saya juga," ucapnya lagi. 

Untuk memaksimalkan pembagian jasa medis tersebut, lanjut dia, pihaknya dalam waktu dekat bakal mendatangkan tim penilaian lembaga independen dari luar daerah.

"Benar, tim ini akan kami datangkan dari Bogor, nanti mereka yang menjelaskan bagaimana tata kelola manajemen yang baik di RSUD M.Zein Painan ini," tuturnya. (h/kis)


 



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM