Pemerintah Pusat Naikan PKH, Tanah Datar Terima Bantuan 3 Kali Lipat


Kamis, 21 Februari 2019 - 10:43:52 WIB
Pemerintah Pusat Naikan PKH, Tanah Datar Terima Bantuan 3 Kali Lipat Ilustrasi

TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM--Dana bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) untuk warga Tanah Datar tahun ini jumlah penerimaannya meningkat hampir tiga kali lipat.

Pada tahap I yang telah dibagikan awal bulan ini terealisasi sebesar Rp23,6 miliar untuk 17.223 keluarga, sedangkan 2018 lalu, pada tahap I hanya sebesar Rp8,9 miliar yang diterima oleh 17.973 keluarga.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tanah Datar, Yuhardi melalui Kasi Perlindungan Sosial, Novira Mudahar kepada Haluan, Selasa (19/2) di Batusangkar, mengatakan, bahwa meningkatnya jumlah penerimaan PKH pada tahun ini karena pembagiannya diberikan berdasarkan komponen dalam keluarga dengan maksimal empat komponen.

"Sedangkan tahun lalu hanya satu komponen perkeluarga, kini satu keluarga bisa menerima pertahap sebesar Rp2,8 juta dan minimal 1,05 juta pertahap," ujarnya

Dikatakan Novira, komponen tersebut dibagikan kepada beberapa item, diantaranya ada komponen dalam keluarga sangat miskin itu ibu hamil (2,4 juta), menerima Rp1,8 juta pertahun, komponen keluarga punya anak balita (Rp2,4 juta), memiliki anak SD (Rp900 ribu, SMP (Rp1,5 juta) dan SMA (Rp2 juta), penyandang cacat berat (Rp2,4 juta) dan komponen lanjut usia (Rp2,4 juta pertahun), dan untuk PKH reguler bantuan Rp550 ribu pertahun.

"Pembagian bantuan tersebut disalurkan empat tahap, tahun lalu yang termasuk lanjut usia diatas 70 tahun, namun tahun ini usia diatas 60 tahun. Sedangkan data yang termasuk penerima bantuan bersarat ini atau keluarga sangat miskin berdasarkan data Badan Pusat Statistik tahun 2015, kami di Dinas tidak bisa menambah keluarga penerima, tetapi menguranginya bisa, jika mereka sudah tidak memenuhi syarat lagi dan juga bisa menunda pemberiannya jika ketentuan belum dipenuhi," ujarnya.

Untuk tahap II nanti, PKH akan dinikmati oleh 17.220 keluarga di Tanah Datar, tahun lalu, PKH diterima oleh hampir 18 ribu keluarga miskin dengan total dana sebesar Rp35,2 miliar, diantaranya pada tahap I sebesar Rp8,9 miliar untuk 17.937 keluarga miskin, tahap II Rp8,9 miliar (17.907 keluarga), tahap III Rp8,8 miliar (17.715 keluarga) dan tahap IV Rp8,6 miliar untuk 17.283 keluarga miskin. Di lapangan, dalam menghadapi masyarakat tersebut, Dinas Sosial dibantu oleh tenaga pendamping PKH dalam memfasilitasi program tersebut.

Selain untuk kesejahteraan masyarakat, Tanah Datar juga mendapatkan dana yang cukup besar untuk pembangunan infrastruktur, tahun ini tatal anggarannya mencapai Rp357 miliar lebih.

Asisten Ekonomi Pembangunan Kabupaten Tanah Datar, Edi Susanto juga menyebutkan bahwa pembangunan fisik tahun ini meningkat dananya dari tahun lalu.

"Dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun ini kita mendapatkan alokasi anggaran sebesar Rp128,5 miliar dan dari Dana Alokasi Umum (DAU) sebesar Rp229,2 miliar. Ini tersebar di seluruh dinas, yang terbesar terdapat di Dinas PUPR, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan dan Dinas Pertanian," ujar Edi Susanto. Pada 2018 kemarin, DAU untuk pembangunan fisik sebesar Rp210,8 miliar dan DAK Rp109,4 miliar, meningkat sebesar Rp37 miliar tahun ini dibanding 2018.

Menteri Sosial RI, Agus Gumiwang Kartasasmita, dilansir dari tribunnews, mengatakan, akan mempercepat proses penyaluran Program Keluarga Harapan (PKH) tahun 2019.

Bila tahun 2018, bantuan sosial diberikan pada Februari, Mei, Agustus, dan November untuk tahun depan diberikan Januari, April, Juli, dan Oktober.

"Waktu penyaluran yang dimajukan itu agar para KPM bisa memperoleh manfaat secara lebih cepat," kata Agus.

Pemerintah dalam hal Ini Presiden Jokowi Widodo, juga akan menaikkan anggaran PKH menjadi Rp32,65 triliun atau naik hampir 100% jika dibandingkan tahun 2018.(h/fma)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM