Terpancing Ucapan Presiden saat Debat, Warga Kasang Tuntut Ganti Untung Lahan Tol


Kamis, 21 Februari 2019 - 11:37:27 WIB
Terpancing Ucapan Presiden saat Debat, Warga Kasang Tuntut Ganti Untung Lahan Tol puluhan warga Nagari Kasang, Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman kembali mengelar ujuk rasa di bakal lokasi pembangunan tol yang belum dilakukan pembayarannya oleh pemerintah.

PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM—Konflik ganti rugi lahan pembangunan jalan Tol Padang-Pekanbaru terus berlanjut. Rabu (20/2), puluhan warga Nagari Kasang, Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman kembali mengelar ujuk rasa di bakal lokasi pembangunan tol yang belum dilakukan pembayarannya oleh pemerintah.

Dalam unjuk rasa itu, warga kembali menuntut pemerintah agar harga ganti rugi yang ditawarkan tidak memiskinkan warga. Pasalnya, proses ganti rugi lahan sampai hari ini memang masih terkendala oleh harga. Padahal, sebagian besar tanah yang akan dilalui tol tersebut adalah sawah produktif.

"Kami dimiskinkan dengan jalan tol ini. Bahkan, 26 hektare tanah sawah produktif kami hilang," kata koordinator lapangan aksi, Harmadian kepada Haluan.

Harmadian mengatakan, warga terpancing kembali melakukan aksi tersebut setelah mendengar langsung ucapan Presiden Joko Widodo dalam debat Capres putaran ke-2 beberapa waktu lalu, yang menyebutkan dalam proses pembebasan lahan, pemerintah selalu melakukan ganti untung bagi masyarakat pemilik lahan, dan tidak mengenal kata ganti rugi.

"Itu sebabnya kami meminta keadilan kepada pemerintah yang menghargai tanah kami sangat murah dalam proyek Tol Padang Pariaman-Pekanbaru ini," ujarnya lagi.

Ia juga menjelaskan, saat ini pemerintah melalui penetapan appraisal menawarkan harga ganti rugi yang sangat rendah, di mana per satu meter tanah hanya dihargai Rp32 ribu sampai Rp55 ribu. Warga menjadi tambah geram karena pemerintah daerah setempat terkesan lepas tangan dan tidak menyodorkan solusi atas rendahnya harga ganti rugi tersebut.



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM