Aksi Cabut Paku di Padang, Aktivis Peduli Lingkungan: Banyak Iklan Sedot WC


Jumat, 22 Februari 2019 - 12:07:57 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Aksi Cabut Paku di Padang, Aktivis Peduli Lingkungan: Banyak Iklan Sedot WC CABUT PAKU - Yose (39) bersama aktivis lingkungan lain yang berasal dari berbagai Universitas melakukan aksi cabut paku di pohon-pohon sepanjang jalan Shatib Sulaiman, Padang, Kamis (21/2). Aksi ini merupakan bentuk dari kepedulian terhadap pohon-pohon yang seringkali dijadikan tempat pemasangan iklan dan APK. TIO FURQAN

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Komunitas pemerhati lingkungan, Jambak Sea Turtle Camp bersama bersama beberapa mahasiswa dari UNP menggelar aksi cabut paku di pohon sesi III, Kamis (21/2).

Aksi cabut paku ke III kali ini, dilakukan di sepanjang jalan Khatib Sulaiman dari Simpang presiden hingga Masjid Raya Sumbar. Dari aksi tersebut Fati Hariyose (39) penggerak dan ketua pelaksana aksi berhasil mengumpulkan 4 kg paku yang ukuran 2 cm hingga 12 cm.

"Berangkat dari keprihatinan bahwa di jalanan Kota Padang banyak terdapat iklan-iklan sedot WC, jasa sumur bor, bahkan foto-foto caleg yang tertancap di pohonlah yang melatarbelakangi aksi ini," papar Yose yang juga pendiri Jambak Sea Turtle Camp.

Ditambahkan Yose, Padang sebagai Kota peraih Adipura dan Sumbar peraih Adiwiyata harusnya tidak tutup mata dengan hal sepele ini.

"Padahal Perdanya sudah ada, dilarang memasang pengumuman atau apapun di pohon dan juga mengikat pohon dengan kuat menggunakan tali. Apalagi saat aksi kemarin masih ada paku yang ditancapkan di pohon yang diameternya kecil sehingga membuat pohon tersebut mati. Itupun luput dari perhatian," tutur Yose, Kamis (21/2).

Ia berharap dengan digerakkannya aksi ini, bisa menjadi program yang kontiniu di Kota Padang nantinya oleh siapapun yang peduli dengan lingkungan.

"Kami berharap aksi ini tidak sampai disini saja, dan dapat menginspirasi siapapun yang melihat sehingga tergerak hatinya untuk juga menjada lingkungan di Kota kita tercinta ini. Apalagi pemerintah bisa menjadikan ini sebagai pelecut. Target kita, dalam waktu berkala 1-2 km jalan berhasil dibersihkan dari paku-paku yang menancap di pohon," kata aktivis yang baru-baru ini mendapat penghargaan Kalpataru karena sumbangsihnya menyelamatkan penangkaran penyu di Pantai Pasir Jambak.

Lebih lanjut kata dia, pemerintah bisa bergerak setidaknya dengan memasang baliho tidak boleh menancapkan paku di pohon untuk kepentingan apapun.

Senada dengan Yose, Fakhrur Rozi selaku perwakilan dari Himatel STTIN sangat merespon positif aksi yang digagas oleh Jambak Sea Turtle camp ini.

"Kegiatan yang menginspirasi anaak muda untuk turut serta berperan dalam pemeliharaan lingkungan. Harapannya tiap-tiap kampus, kedepannya turut berpartisipasi. Tidak perlu jauh-jauh cukup daerah di sekitar kampus saja dulu karena hal ini perlu perhatian kita bersama," ucap mahasiswa asal Kota Solok ini. (h/mg-yes)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 18 Januari 2019 - 10:26:36 WIB

    Dishub Padang Diminta Maksimal Kelola Parkir

    Dishub Padang Diminta Maksimal Kelola Parkir PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Masalah perparkiran di Kota Padang tidak pernah tuntas, karena berdasarkan regulasi lalu lintas yang ada, ruang milik jalan nasional dan provinsi dilarang dijadikan lokasi parkir..
  • Kamis, 27 Desember 2018 - 18:28:02 WIB

    DPRD Padang Imbau Satpol PP Sisir Maksiat Pada Malam Tahun Baru

    DPRD Padang Imbau Satpol PP Sisir Maksiat Pada Malam Tahun Baru PADANG, HARIANHALUAN.COM--Jelang pergantian tahun masehi beberapa hari lagi, DPRD Kota Padang berharap agar malam pergantian tahun itu tidak disalah artikan oleh beberapa kalangan remaja. .
  • Rabu, 19 Desember 2018 - 11:01:36 WIB

    Kawasan Wisata Masih Dijadikan Praktek Maksiat

    Kawasan Wisata Masih Dijadikan Praktek Maksiat PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah Kota (Pemko) Padang diharapkan tegas memberantas praktek maksiat, yang berkembang di sepanjang kawasan wisata. Hal itu diungkapkan Anggota Komisi IV DPRD Kota Padang, Dewi Susanti..
  • Rabu, 21 November 2018 - 13:00:21 WIB

    PATBM Wujudkan Padang Bebas Maksiat

    PATBM Wujudkan Padang Bebas Maksiat PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Program Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) yang saat ini ada di 104 kelurahan di Kota Padang juga menjadi bagian terpenting dalam mewujudkan Padang sebagai kota yang bebas dari m.
  • Ahad, 18 November 2018 - 17:28:48 WIB

    Ribuan Warga Padang Deklarasi  Anti LGBT dan Segala Bentuk Kemaksiatan

    Ribuan Warga Padang Deklarasi  Anti LGBT dan Segala Bentuk Kemaksiatan PADANG, HARIANHALUAN.COM-Ribuan  warga Kota Padang, Sumatra Barat  bertekad memberantas  LGBT dan segala bentuk kemaksiatan. Tekad bersama ini disampaikan pada "Deklarasi Padang Anti Maksiat"   Ahad pagi (18/11/2018) di .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM