Pemuda di Payakumbuh Ini Ciptakan Pomade dari Kakao


Ahad, 24 Februari 2019 - 20:45:37 WIB
Pemuda di Payakumbuh Ini Ciptakan Pomade dari Kakao Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi terima Wilmar Roshadi yang ciptakan produk inovatif dari Kakao. IST

PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN. COM--Sebagai komoditas yang memiliki nilai jual tinggi, kakao ternyata juga bisa dijadikan bahan olahan kosmetik.

Wilmar Roshadi, pemuda dari Kelurahan Sawah Padang Aur Kuning (Sapaku), Kecamatan Payakumbuh Selatan, mempu mewujudkan inovasi tersebut. Melalui tangan dinginnya, kakao yang awalnya hanya bisa dikonsumsi, kini bisa dikembangkan menjadi produk kosmetik. 

"Alhamdulillah, dari kakao kami bisa menciptakan produk pomade yang dapat menyuburkan rambut. Selain pomade, hasil olahan kakao juga kita kembangkan menjadi masker dan lulur coklat," ujar Wilmar yang akrab dipanggil Cak Datuk, Minggu (22/02).

Selain memproduksi kosmetik dari kakao, Wilmar juga membuat kerajinan dari berbagi hasil olahan sampah seperti plastik, batok kelapa, dan bambu.

"Kami juga membuat kerajinan atau souvenir dari olahan sampah, seperti jam tangan dari batok kelapa, lampu belajar dari bambu dan masih banyak. Produk seperti ini sangat diminati oleh turis mancanegara dengan nilai jual tinggi. Kami sudah kirim ke Bali, Lombok dan beberapa tempat wisata nasional lainnya," tuturnya. 

Untuk memasarkan produknya tersebut, Wilmar telah memperkenalkan produknya ke berbagai pihak, termasuk kepada Pemerintah Kota Payakumbuh dan jajarannya. Dirinya telah bertemu langsung dengan Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi beberapa waktu lalu. 

"Kami sengaja mengunjungi bapak wali kota. Selain bersilaturahmi, kami juga memperlihatkan hasil inovasi baru dari olahan coklat yang telah kami kembangkan bersama warga di Kelurahan Sapaku," tutur Wilmar.

Wilmar menyampaikan, pihaknya ingin skala produksinya lebih besar, namun masih tekendala pendanaan dan tempat. Makanya, ia meminta dukungan dari wali kota dan jajaran. "Dengan ekspansi produksi tentu akan mampu membuka lapangan kerja," ucapnya.

Sementara itu, Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi sangat mengapresiasi dan menyambut baik inovasi yang dilakukan Wilmar bersama warga Kelurahan Sapaku.

"Bagus,  saya mendukung penuh terobosan yang sudah dirancang dan akan membantu pengembangan pabrik dan produk kosmetik tersebut" ujarnya. (mg-ari)

 

 

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]