PERINGATAN HUT KE-18 SEMARAK

Walikota Padang Launching SDN 03 Alai Sekolah Ramah Anak


Senin, 25 Februari 2019 - 12:45:51 WIB
Walikota Padang Launching SDN 03 Alai Sekolah Ramah Anak Perayaan HUT ke-18 SDN 03 Alai Kota Padang berlangsug semarak. Momentum HUT tahun ini sekaligus meluncurkan secara resmi SDN 03 Alai sebagai Sekolah Ramah Anak (SRA).

Kepala SDN 03 Alai, Zulhendri (kiri) menerima dokumen SRA yang diserahkan Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang, Barlius disaksikan Komite Sekolah, Sabtu.

 

Laporan - YESI DESWITA (Padang)

PADANG, HALUAN.Com – Walikota Padang diwakili Kepala Dinas Pendidikan, Barlius meluncurkan secara resmi SDN 03 Alai sebagai Sekolah Ramah Anak (SRA) di sela-sela acara HUT ke-18 sekolah tersebut, Sabtu (23/2).

Peresmian ditandai peluncuran balon dan penandatanganan Prasasti Deklarasi komitmen bersama semua pihak dalam memberikan pelayanan pendidikan ramah anak di sekolah tersebut. Hadir pada kesempatan itu Ketua TP PKK Kota Padang, Ny. Harneli Mahyeldi, Anggota DPRD Padang, Maidestal Hari Mahesa, Camat Padang Utara, Komite SDN 03 Alai, Muspika Padang Utara, para guru serta orang tua siswa.

Kadis Pendidikan  Padang, Barlius mengatakan, SDN 03 Alai merupakan salah satu sekolah terbaik yang telah mengharumkan nama Kota Padang dan Sumatera Barat atas prestasi yang telah diraih. Selain sekolah SRA yang baru diresmikan, SDN 03 Alai juga sekolah Adiwiyata Mandiri , sekolah berestasi di bidang akademik, kegiatan ekstra kurikuler dan prestasi bidang lainnya.

Ketua TP PKK Kota Padang, Ny. Harneli Mahyeldi dan Anggota DPRD Padang, Maidestal Hari Mahesa menandatangani prasasti Deklarasi SDN 03 Alai Sekolah Ramah Anak

“Pemko Padang mengapresiasi program SRA yang dilaksanakan oleh SDN 03 Alai ini. Kita juga mendorong semua sekolah melaksanakan program yang sama, demi menciptakan anak-anak bangsa yang berkualitas,” ujar Barlius.

Ketua TP PKK Kota Padang, Ny. Harneli Mahyeldi mendukung sekali langkah SDN 03 Alai menjadi sekolah ramah anak. Dia mengharapkan semua pihak, terutama orang tua bersama-sama menyukseskan program ramah anak tersebut.

Dihadapan undangan dan ratusan orang tua siswa yang hadir, Harneli menekankan kepada semua pihak untuk bersama-sama menjaga, mengawasi dan memperhatikan anak-anak. Menurutnya, faktor kecanggihan teknologi memberikan manfaat positif dalam kehidupan, tapi juga disadari bisa berdampak negatif, jika tidak disikapi dengan bijaksana.

“Dan pengaruh teknologi seperti internet yang berkembang pesat saat ini perlu menjadi perhatian kita bersama, terutama bagi orang tua. Bagaimana kita bisa mendekatkan anak-anak kita dengan kemajuan teknologi, tetapi juga teknologi yang ramah anak. Jangan kita sampai kecolongan, yang akibatnya nanti bisa merusak anak-anak kita,” pesan Ketua TP PKK Padang ini pada kesempatan itu.

Para guru, Komite dan Muspika Padang Timur melepas balon saat peluncuran SDN 03 Alai sebagai sekolah ramah anak.

Sementara itu, Anggota DPRD Padang, Maidestal Hari Mahesa juga mengapresiasi program SRA serta acara HUT sekolah tersebut.

 “Terima kasih kepala sekolah, para guru dan komite yang telah menggagas acara HUT ini. Peringatan HUT sekolah ini tidak sekedar momen ulang tahun, namun juga memacu motivasi siswa berprestasi melalui berbagai lomba yang diadakan. Kemudian tak lebih penting acara ini juga meningkatkan silaturahmi antara sekolah dengan orang tua siswa, dan ini sangat baik untuk kelancaran proses pendidikan kedepan,” ujar politisi muda PPP itu.

 

Dimeriahkan Atraksi Ekstarkurikuler dan Lomba

Puncak peringatan HUT ke-18 SDN 03 Alai Padang dimeriahkan berbagai atraksi siswa dengan berbagai kegiatan ekstrakurikuler.

Kepala SDN 03 Alai Padang, Zulhendri mengatakan, acara HUT diawali berbagai lomba yang diikuti sekitar 870 siswa."Dalam memperingati HIT ke-18 ini kita mengadakan lomba mata pelajaran, sains, matematika, mewarnai, menggambar, pidato cilik, hafidz quran," ujarnya.

Guru SDN 03 Alai, Ikhlas memberikan Piala kepada pemenang lomba dalam rangka HUT sekolah tersebut.

Ia menambahkan lomba menggambar dan mewarnai sudah diadakan sejak, Sabtu (2/2) yang disponsori oleh fiber castel dan pada, Sabtu (9/2) yang di sponsori oleh Susu Hilo.

Ada sedikit perbedaan pada pelaksanaan HUT SDN 03 Alai tahun ini dengan tahun sebelumnya. "Perbedaannya, kalau tahun sebelumnya kepanitiaannya dari pihak internal sekolah saja. Sedangkan tahun sekarang melibatkan alumni dan pihak komite, SDN 03 Alai sebagai tuan rumah hanya penyedia fasilitas dan menyemarakkan," ucap Zulhendri.

Ia berharap dengan dilaksanakannya HUT ke-18 ini, dapat meningkatkan mutu dan kerjasama SDN 03 Alai dengan pihak lain, terutama dengan orang tua siswa.

“Selain itu dalam rangka peresmian Sekolah Ramah Anak (SRA) sekolah bisa jadi rumah untuk anak-anak dan tidak ada lagi istilahnya kekerasan di sekolah apalagi yang sedang marak saat ini. Dengan diresmikannya SDN 03 Alai sebagai Sekolah Ramah Anak, dapat menjadi salah satu upaya penunjang kota layak anak yang digaungkan di Kota Padang," ujarnya menambahkan.

Siswa SDN 03 Alai Padang yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler Karate menampilkan atraksinya saat puncak HUT sekolah tersebut, Minggu.

Sementara itu, David RM Bungsu mewakili orang tua siswa dalam sambutannya mengapresiasi pihak sekolah yang telah merangkul dan melibatkan peran serta orang tua siswa menyemarakkan HUT sekolah tersebut.

“Jadi momen HUT ini tidak hanya merayakan ulang tahun sekolah yang biasanya diikuti siswa dan sekolah, tapi juga meningkatkan silaturahmi sekolah dan orang tua. Kekeluargaan semakin terasa antara sekolah dan orang tua siswa, dan ini sangat baik untuk mendukung proses pendidikan kedepan,” tambahnya.  (h/*)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]