Bypass Padang Bakal Punya 84 Halte


Senin, 25 Februari 2019 - 20:45:52 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Bypass Padang Bakal Punya 84 Halte Ilustrasi

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Tahap awal mengaktifkan koridor IV bus Tras Padang, Dinas Perhubungan (Dishub) sedang siapkan 84 halte. Dari jumlah halte tersebut, hanya dua halte yang permanen, selebihnya hanya tersedia tangga saja.

Kepala Dishub Dedi Henidal pada Haluan, Senin (25/2) menyampaikan, fasilitas halte yang belum semuanya dibuat secara permanen terhalang oleh anggaran yang tersedia. Namun, seiring waktu berjalan, sekitar 500 halte di enam koridor akan diberikan bantuan oleh pusat.

"Untuk satu koridor yang akan kami aktifkan yaitu koridor IV sepanjang Jalan By pass itu ada sekitar 84 halte. Hanya dua yang permanen seperti sudah miliki atap, tangga dari beton,  tempat duduk dan kebutuhan halte pada umumnya. Sementara, selebihnya hanya tersedia tangga saja yang bisa digunakan untuk naik ke bus dan tidak permanen," ungkap Dedi.

Ia menyebutkan, pembuatan satu halte permanen setidaknya bisa menyedot anggaran sebesar Rp70 juta. Jika dikalikan sebanyak 500 halte di enam koridor yang tersedia, cukup menyedot angka yang lumayan besar.

"Kami sedang mengajukan bantuan ke pemerintah pusat untuk pembuatan halte tersebut. Mudah-mudahan pada 2020 bantuan akan di respon oleh pemerintah pusat untuk kami buatkan ke halte di enam koridor," tambah Dedi.

Untuk koridor IV yang saat ini sedang dalam proses, Dedi menyebutkan masih menunggu faktur dari kementrian. Sembari itu, pihaknya juga sedang menyiapkan administrasinya seperti KIR, STNK dan kesiapan lainnya.

"Kami masih menunggu fakturnya secara resmi dari kementrian sambil persiapan pembuatan halte. Mudah-mudahan tahun ini bisa selesai segala macam prosedur dan administrasinya sehingga Trans Padang koridor IV bisa segera aktif," kata Dedi. (h/win)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 10 Januari 2019 - 14:47:20 WIB

    Lampu PJU Dua Bypass, Januari Ini Proses Serah Terima

    Lampu PJU Dua Bypass, Januari Ini Proses Serah Terima PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Setelah beroperasi dalam beberapa minggu terakhir, lampu Penerangan Jalan Utama (PJU) jalur dua Bypass Kota Padang direncanakan akan melakukan proses serah terima pada bulan Januari. Saat ini, pih.
  • Kamis, 18 Oktober 2018 - 16:43:51 WIB

    Lampu Bypass Padang Bakal Hidup Malam Ini

    Lampu Bypass Padang Bakal Hidup Malam Ini PADANG, HARIANHALUAN.COM—Lampu Penerangan Jalan Utama (PJU) Jalur Dua Bypass direncanakan kembali hidup hari ini (Rabu 17/10). Reaktivasi PJU sempat terkendala karena tembaga transfomator (trafo) sebagai salah satu komponen.
  • Rabu, 06 Desember 2017 - 11:45:57 WIB

    Jalur Dua Bypass Padang Rampung Akhir Tahun

    Jalur Dua Bypass Padang Rampung Akhir Tahun PADANG, HARIANHALUAN.COM – Pengerjaan Jalur Dua Bypass Padang diperkirakan rampung jelang pergantian tahun. Saat ini, pengerjaan menyisakan pengaspalan di tiga titik dengan total panjang kurang lebih 400 meter. Sedang pada .
  • Rabu, 22 November 2017 - 04:02:08 WIB

    Bus Rebah Kuda di Bypass KM 17

    Bus Rebah Kuda di Bypass KM 17 PADANG, HALUAN--Sebuah bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) jurusan Padang-Pasaman mengalami rebah kuda dan terperosok ke dalam saluran air di Jalan Bypass KM 17, Padang, Selasa (21/11). Bus yang tengah melaju dari arah Pad.
  • Selasa, 11 Juli 2017 - 10:57:53 WIB

    Atasi Kemacetan, Pemko Mesti Siagakan Petugas di Bypass

    Atasi Kemacetan,  Pemko Mesti Siagakan Petugas di Bypass PADANG, HARIANHALUAN.COM- Anggota DPRD Sumbar asal Daerah Pemilihan (Dapil) I Kota Padang, Taufik Hidayat meminta kemacetan lalu lintas yang terjadi di sejumlah titik jalur dua Bypass Kota Padang agar tidak dibiarkan oleh p.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM