"Dibuai" Narkoba, Lima Mahasiswa di Padang Diciduk BNN


Rabu, 27 Februari 2019 - 11:37:36 WIB
TERSANGKA MAHASISWA-- Lima orang mahasiswa menjadi tersangka sebagai pemakai dan penyelahguna Narkoba diamankan di kantor BNNP Sumbar, Kota Padang, Selasa (26/2). Penangkapan kelima tersangka tersebut terjadi pada 18 februari 2019 di dua lokasi dan dijerat pasal 114 (1) jo 111(1) jo 127 (1) jo 132 (1) UUD No 35 tahun 2009 dengan ancaman hukuman paling singkat empat tahun dan paling lama dua belas tahun. IRHAM

Menurut pengakuan pelaku, ganja mereka beli dengan uang jajan yang diperoleh dari orang tua dengan berbagai alasan kebutuhan perkuliahan seperti buku. Pengakuan salah seorang pelaku, peredaran narkoba telah dikerjakan sejak empat bulan lalu. Barang ia peroleh dari bandar berinisial G asal Pariaman—(AKBP EMRIZAL HANAS, KABID BERANTAS BNNP SUMBAR)

PADANG, HARIANHALUAN.COM—Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumbar mencokok lima mahasiswa salah satu perguruan tinggi di Kota Padang atas dugaan memakai dan/serta mengedarkan narkoba, Senin (18/2). Kelimanya adalah mahasiswa semester delapan yang sedang bersiap untuk wisuda. Penangkapan ini bagai membangkitkan kecemasan atas hasil survei BNN pada 2018 lalu, di mana Sumbar masuk ke jajaran tiga besar dari 18 provinsi dengan pengguna narkoba dari kalangan pelajar dan mahasiswa.

Kabid Berantas Badan Narkotika Nasional (BNN) Sumbar, AKBP Emrizal Hanas menyebutkan, penangkapan kelima mahasiswa tersebut dilakukan berdasarkan laporan dari masyarakat via kontak pusat pengaduan BNNP Sumbar pada November 2018. Dalam laporan tersebut, pelapor menyebutkan bahwa aktivitas kelimanya terkait penyalahgunaan narkotika telah meresahkan.

“Dari laporan itu, kami melakukan penyelidikan untuk memastikan laporan itu benar atau tidak. Untuk melakukan penangkapan, kami memang butuh waktu agak lama. Sebab, kami harus memastikan informasi dulu. Barulah pada Senin (18/2) kami bisa mengamankan pelaku ini,” kata Emrizal.

Emrizal menyebutkan, kelima mahasiswa yang diamankan tersebut antara lain, Deka Alfiandi (23) asal Pesisir Selatan, Muhammad Rauf Hidayat (22) asal Bukittinggi, Kelvyn Nardi (22) asal 50 Kota, Abdul Sae Arief (22) asal Pasaman Barat, dan Syauki Fatur Sahri (21) asal Payakumbuh.

“Kelimanya kami amankan di dua lokasi. Pertama, penangkapan sekitar pukul 21.00 WIB di jalan Angkasa Puri, Dadok Tugul Hitam, Padang. Di sini kami amankan pelaku Alfiandi dan Muhammad Rauf Hidayat. Sedangkan TKP kedua di Jalan Enggang 1 No 13, Parupuak Tabing, Padang, sekitar 23.00 WIB, yang kami amankan Kelvyn Nardi, Abdul Sae Arief, dan Syauki Fatur Sahri," ujar Emrizal lagi.

Dari tangan kelimanya, petugas BNNP menyita barang bukti (BB) berupa satu paket kecil ganja, satu bungkus kertas tembakau warna kuning merk buffalo ball, dan dua unit handphone merk Vivo dan Iphone (TKP 1). Sedangkan di TKP kedua, petugas menemukan BB berupa 19 paket sedang ganja seberat 72,93 gram, tujuh lembar uang kertas Rp50.000, satu buah handphone merk Iphone, satu paket kecil ganja, satu linting ganja, satu puntung rokok bekas, dua buah korek api, satu unit handphone merk Xiomi, dan satu tas ransel.

Hingga saat ini kata Emrizal, pihaknya telah menetapkan satu pelaku bernama Fatur sebagai pengedar sekaligus pemakai, sedangkan empat pelaku lainnya masih ditetapkan sebagai pemakai saja. Berdasarkan hasil tes urin, kelimanya dinyatakan positif mengonsumsi narkoba. Namun saat ini, petugas masih melakukan pendalaman dalam penyelidikan.

“Menurut pengakuan para pelaku, barang bukti ganja mereka beli dengan uang jajan yang diperoleh dari orang tua dengan berbagai alasan kebutuhan perkuliahan. Menurut pengakuan pelaku Fatur, peredaran narkoba telah ia kerjakan sejak empat bulan lalu. Barang ia dapatkan dari bandar berinisial G di Pariaman yang saat ini masih kami buru," sebut Emrizal.

Untuk sementara, sambung Emrizal, para pelaku bakal dijerat pasal 114 (1) juncto (jo) 111 (1) jo 127 (1) jo 132 (1), Undang-Undang No 35 tahun 2009, dengan ancaman hukum paling singkat empat tahun dan paling lama 12 tahun.(h/per)


Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]