Temuan Baru, Gempa di Solsel Belum Terpetakan


Senin, 04 Maret 2019 - 20:34:21 WIB
Temuan Baru, Gempa di Solsel Belum Terpetakan Ilustrasi (haluan)

Gempa Solok Selatan merupakan jenis gempa tektonik kerak dangkal (shallow crustal earthquake) yang dipicu oleh aktivitas sesar aktif yang belum terpetakan dan belum diketahui namanya.

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menemukan, pemicu gempa di Solok Selatan diduga berasal dari percabangan (splay) dari Sesar Besar Sumatra (The Great Sumatra Fault Zone), mengingat lokasi episenter gempa ini terletak sejauh 49 kilometer di sebelah timur jalur Sesar Besar Sumatra tepatnya dari Segmen Suliti.

Kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Dr. Driyono mengatakan, hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa ini dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan mendatar (strike-slip).

"Jika memperhatikan peta geologi di lokasi episenter, tampak terlihat adanya pola kelurusan yang berarah barat laut tenggara. Mengacu orientasi ini maka dapat dikatakan bahwa mekanisme gempa Solok Selatan ini berupa sesar geser dengan arah pergeseran menganan (dextral-strike slip fault)," katanya Jumat (3/1).

Episenter gempa terletak pada koordinat 1,4 LS dan 101,53 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 36 kilometer arah timur laut Padang Aro kedalaman 10 kilometer.

Ia mengatakan, pelajaran penting yang dapat  dipetik dari peristiwa gempa di Solok Selatan ini keberadaan zona Sesar Besar Sumatra harus selalu diwaspadai. Jika terjadi aktivitas pergeseran sesar ini maka efeknya dapat sangat merusak karena karakteristik gempanya yang berkedalaman dangkal dan jalur sesar yang berdekatan dengan permukiman penduduk.

"Ini bukti bahwa splay atau percabangan Sesar Besar Sumatra banyak yang belum teridentifikasi dan itu cukup membahayakan, karena banyak daerah atau kota merasa aman karena tidak tahu ada jalur sesar di daerahnya. Sehingga pemerintah harus terus mendukung upaya indentifikasi sesar aktif agar peta sesar Indonesia makin detil," katanya.(h/akm)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM