Milenial Road Safety Festival Bakal Digelar di Padang


Senin, 04 Maret 2019 - 21:40:18 WIB
Milenial Road Safety Festival Bakal Digelar di Padang Milenial Road Safety Festival

PADANG, HARIANHALUAN.COM--Direktorat Lalulintas (Ditlantas) Polda Sumbar, akan mengadakan kegiatan Milenial Road Safety Festival pada Minggu (10/3). Pada acara tersebut Padang akan menjadi tuan rumahnya, dimana kegiatan ini merupakan kegiatan dari Korlantas Polri yang bekerja sama dengan beberapa relasi untuk keselamatan berlalu lintas terkhusus untuk kaum milenial.

Dalam hal tersebut disampaikan oleh Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Sumbar, AKBP Dwi Nur Setiawan yang didampingi okeh Kasatlantas Polresta Padang Kompol Asril Prasetya, saat jumpa pers dengan awak media di Kirana Cafe and Resto Jalan Imam Bonjol Padang, Senin (4/3).

Baca Juga : Menparekraf Bakal Undang Investor Kembangkan The Gate of Minangkabau di Padang Panjang

"Kegiatan ini merupakan kegiatan yang di laksanakan oleh seluruh Polda yang ada di Indonesia, yang sudah dimulai dari (2/2) lalu. Sedangkan puncaknya akan diadakan di Jakarta pada (31/3), khusus di Sumbar akan kami laksanakan pada (10/3)," ucap Dwi.

Ia katakan, kegiatan ini bertujuan untuk mengajak para kaum milenial agar tertib terhadap keselamatan berlalu lintas dimana. Karena dianggap kaum milenial ini merupakan agen dari kepolisian untuk menjaga keselamatan berlalu lintas.

Baca Juga : Padang Panjang Teken Dokumen PKS Optimalisasi Pemungutan Pajak Pusat dan Pajak Daerah

Dikatakan Dwi, menurut data yang ada di Dirlantas Polda Sumbar, bahwa lakalantas yang terjadi pada tahun 2018 kemaren di Sumbar, ada sekitar 1. 418 kasus laka, sedangkan rata-rata korbannya yaitu, kaum melenial yang umurnya 17 hingga 36 tahun. Untuk penyebabnya human error atau kelalaian manusia sendiri, seperti tidak memahami kondisi jalan, melanggar lalu lintas.

"Dengan adanya kegiatan tersebut, kaum milenial yang berumur antara 17 hingga 36 tahun ini dapat menjadi ujung tombak kepolisian menurunkan angka kecelakaan (Zero Accident) di Sumbar," ujar Dwi.

Baca Juga : Legislator Sumbar: Watek Ducati Menyajikan Suasana Asri

Selanjutnya sebut Dwi, untuk (10/3) nanti, kegiatan kegiatan tersebut akan dipusatkan di jalan Khatib Sulaiman yang merupakan jalur kegiatan Car Free Day (CFD) dan jalan Sudirman. Sedangkan untuk pelaksanaannya dari pukul 06.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB.

"Dalam kegiatan nanti, ada beberapa hal yang akan kami lakukan diantaranya yaitu, jalan sehat, senam kolosal, entrepreneur expo, safety reading dan safety driving, serta beberapa kegiatan lainnya," ucap Dwi.

Baca Juga : Menparekraf Siapkan Ombilin Sawahlunto jadi Wisata Heritage

Dilanjutkannya dalam acara nanti juga akan dihibur oleh artis-artis Ibu kota seperti, Armada Band, Pusakata, serta juga akan ada Praz Teguh yang merupakan komedian asal Sumbar.

"Kami mengharapkan masyarakat ikut hadir untuk meramaikan acara ini, untuk tiket ataupun kupon dalam kegiatan ini bisa diambil di Polresta Padang, Ditlantas Polda Sumbar, atau ke kantor sekretariat yang ada di brosur-brosur yang telah kami bagi dan sebarkan," katanya.

Sementara itu Kasatlantas Polresta Padang, Kompol Asril Prasetya mengatakan, pada saat kegiatan tersebut nanti, akan diadakan pengalihan lalu lintas yang sama pengalihannya seperti saat kegiatan CFD setiap hari minggu namun khusus kegiatan (10/3) nanti, akan di lakukan pengalihan jalan hingga pukul 14.00 WIB.

"Pengalihan jalan nanti, sama dengan saat pelaksanaan CFD, namun hanya saja waktunya yang diperpanjang hingga pukul 14.00 WIB dan maksimal hingga pukul 16.00 WIB. Jalurnya akan diperpanjang, pada saat CFD sepanjang jalan Khatib Sulaiman, pada kegiatan nanti akan ditambah sepanjang jalan Sudirman," ujar Asril.

Dikatakan oleh Asril, untuk kegiatan nanti pihaknya telah mempersiapkan sebanyak 200 personel yang akan di tempatkan di beberapa persimpangan yang ada disepanjang jalan Khatib Sulaiman hingga Jalan Sudirman.

"Jalan dari Simpang rumah makan Lamun Ombak hingga Simpang DPRD akan kami tutup mulai dari Kamis malam, mengingat persiapan pendirian panggung untuk kegiatan nanti, namun penutupan jalan secara totalnya akan kami lakukan pada Sabtu malam," ucap Asril.

Untuk jalur alternatif pada saat kegiatan tersebut akan disediakan 2 alternatif yaitu malalui jalan S. Parman ataupun jalan Gajah Mada.

"Kami mengahimbau kepada masyarakat untuk bisa hadir dalam kegiatan tersebut untuk meramaikan kegiatan Milenial Road Safety Festifal nantinya. Kemudian terkait terganggunya aktifitas masyarakat karena penutupan jalan ini, kami mengharapkan bisa faham dan mengerti," ungkap Asril. (h/mg-pmi)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]