BRI Mandeh Run 2019, Pelari Kenya Dominasi Kelompok Internasional


Senin, 04 Maret 2019 - 22:55:55 WIB
BRI Mandeh Run 2019, Pelari Kenya Dominasi Kelompok Internasional Para pemanang BRI Mandeg Run 2019

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Tiga pelari asal Kenya merajai lomba lari BRI Mandeh Run 2019 kelompok internasional 18 K yang berlangsung Minggu (3/3) kemarin. Ketiga pelari yang tergolong sebagai pelari profesional itu masing-masin Charles Munyua Njoki, Kiptoo Glady dan Stephen Mungathia

Charles menyentuh garis finish dengan catatan waktu 57 menit 29 detik, disusul Kipto satu menit berselang, yakni dengan catatan waktu 58 menit dan 46 detik. Kipto mencapai garis finish lebih cepat dari Stephen kurang dari satu menit. Stephen sendiri tercatat mencapai garis finish pada 59 menit 8 detik.

Baca Juga : Persiapan ke PON XX Papua, KONI Kepri Kekurangan Anggaran

Sementara di sektor putri, Alice Muthoni Koigi menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 1 jam, 13 menit dan 44 detik. Di belakangnya, ada Ann Mukuhi Njiha dan Kales Eunice Cheyech dengan catatan waktu 1 jam 14 menit 58 detik serta 1 jam 15 menit 34 detik. Masing-masingnya berhak sebagai juara 2 dan 3.

Dengan track tanjakan yang cukup melelahkan, para pelari asing ini berhasil meninggalkan lawan-lawannya, baik dari Indonesia maupun dari Malaysia, Inggris dan China.   Gelaran BRI Mandeh Run 2019 yang diadakan di kawasan wisata Mandeh, Sumatera Barat, Minggu (3/3) itu sukses menarik antusiasme masyarakat. Sebanyak 2.000 pelari yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia termasuk peserta dari mancanegara meramaikan ajang ini.

Baca Juga : Semen Padang FC Umumkan Pemain Pertama di Cabang eSport

Para internasional ini berhak atas hadiah puluhan juta. Juara ketiga di kelompok putra 18 K Internasional berhak atas hadiah Rp19 juta rupiah yang diserahkan oleh Komisaris Utama Bank BRI, Andrinof A Chaniago, lalu juara 2 berhak atas hadiah Rp 22 juta yang diserahkan Bupati Pessel Hendrajoni dan Juara I berhak atas hadiah Rp25 juta yang diserahkan oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya.Sementara, di kelompok putri juara 3 diserahkan oleh Kapolda Sumbar Irjen Fakhrizal, juara 2 diserahkan oleh Kajati Sumbar dan Juara 1 diserahkan Gubernur Irwan Prayitno.

“Mereka semua berpacu memperebutkan total hadiah Rp400 juta pada 4 kategori lari. Kategori lari 5K, 10K dan 21K Nasional dan 21K Internasional," ungkap Inisiator BRI Mandeh Run sekaligus Komisaris Utama Bank BRI Andrinof A Chaniago

Baca Juga : Liga Inggris, Llorente Gagalkan Liverpool Menembus 4 Besar

Dilaporkan penanggungjawab teknis Arfan Rosyda, untuk kelompok nasional gelar juara diraih oleh Agus Prayogo, Robi Sianturi dan Welman D Pasaribu. Untuk kelompok putri, pelari Odekta Elvina Naibaho sukses menjadi yang tercepat. Di belakangnya, ada Yulianingsih dan Afrina Paijo. Satu-satunya pelari putri Sumbar yang sukses masuk dalam kelompok 5 besar adalah Yulianti Utari.

Rangkaian acara BRI Mandeh Run 2019 turut mengundang para bintang tamu kenamaan. Public figure seperti Ibnu Jamil dan Melissa Karim turut ambil bagian sebagai peserta. Acara diawali dengan warming up senam zumba disambung dengan perlombaan lari kemudian dilanjutkan dengan penampilan hiburan oleh pelantun lagu Mminang populer yakni Kintani dan Ipank.

Baca Juga : Menpora Optimistis Izin Liga 1 dan 2 Dikeluarkan Mabes Polri

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyebut, sport tourism telah menjadi pasar yang menguntungkan. Diakuinya, lomba lari intemasional banyak diminati masyarakat dunia. Apalagi bila diikuti para pelari tersohor yang juga sebagai endoser. Maka, kegiatan ini akan memiliki media value yang tinggi dan menjadi ajang promosi yang sangat efektif. (h/kis)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]