Presiden Jokowi Wujudkan Mimpi Warga Miskin Dharmasraya


Senin, 04 Maret 2019 - 23:41:18 WIB
Presiden Jokowi Wujudkan Mimpi Warga Miskin Dharmasraya Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Punya hunian tetap adalah mimpi setiap orang. Namun, harapan itu kadang terganjal kondisi ekonomi yang berat. Banyak masyarakat yang hidup di bawah garis kemiskinan tidak mampu membangun rumah, karena keterbatasan yang dimilikinya. 

Kondisi demikian juga terjadi di Dharmasraya. Masyarakat kurang mampu sulit membangun rumah. Jangankan untuk membuat hunian bagi keluarganya, untuk makan sehari-hari saja, banyak yang sulit memenuhinya. Impian untuk punya rumah, terpaksa mereka kubur dalam-dalam.

Baca Juga : Sebanyak 6 Nagari di Tarusan Kabupaten Pessel Gelar Pilwana

Namun, impian yang terkubur perlahan jadi kenyataan, setelah Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, dengan gigih memperjuangkan nasib masyarakatnya, agar mendapatkan rumah layak huni. Sutan Riska sadar, kalau Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) yang dimiliki Dharmasraya, tidak akan mampu menanggung biaya pembangunan rumah bagi warga kurang mampu. Sebab itu, Sutan Riska melobi ke pusat, mencoba manjuluak anggaran pusat, untuk membangun rumah masyarakatnya.

Kerja kerjas Sutan Riska berbuah manis. Keinginannya untuk membahagian warganya terbayar tuntas setelah Presiden Jokowi melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memasukkan Dharmasraya sebagai penerima bantuan senilai Rp6 miliar lebih untuk program pembangunan rumah khusus, dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Baca Juga : Musrenbang Selesai, Rusma Yul Anwar: Masyarakat Kawal Semua Kegiatan yang Sudah Direncanakan

Dengan anggaran tersebut, setidaknya ada 52 unit rumah khusus yang akan dibangun, yang diperuntukan bagi masyarakat yang tidak mempunyai rumah dengan beberapa ketentuan khusus. Setelah dana dikucurkan, pembangunan dilaksanakan. Kini, pembangunan sudah menunjukkan banyak kemajuan. Bahkan boleh dikatakan hanya tinggal finishing saja.

“Bantuan itu akhirnya dicairkan. Berkat perhatian Presiden Jokowi melalui Kementerian PUPR, pembangunan rumah untuk warga yang hidup di bawah garis kemiskinan, akhirnya terealisasi,” terang Sutan Riska, Maret (3/3) siang.

Baca Juga : Bupati Agam Ingin Aturan Zonasi Dibahas Khusus

Dijelaskan Sutan Riska, beberapa waktu lalu, dia bersama anggota DPR RI, Alex Indra Lukman, serta sejumlah pejabat lainnya sudah mengunjungi lokasi pembangunan rumah.

"Alhamdulillah. Bahagia rasanya melihat progres pembangunan rumah khusus ini, semoga semua segera tuntas. Ini bantuan pemerintah pusat untuk masyarakat Dharmasraya. Semoga bermanfaat untuk masyarakat kita. Terutama sekali masyarakat yang berpenghasilan rendah dan belum memiliki rumah," tukasnya. (h/rel)

Baca Juga : Penyaluran BST Kemensos Hari Terakhir, Rp402 Juta Lebih Dikucurkan untuk 671 Warga

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]