PEMBANGUNAN KOTA PARIAMAN BERGERAK DARI DESA

Genius : Kami Berpacu untuk Jadi Nomor Satu


Jumat, 08 Maret 2019 - 12:32:37 WIB
Genius : Kami Berpacu untuk Jadi Nomor Satu Wali Kota Pariaman, Genius Umar

PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM—Kembali ke desa menjadi momen penting memacu perkembangan sektor pembangunan fisik dan non-fisik. Sokongan dana desa untuk desa-desa di Kota Pariaman diyakini dapat mewujudkan cita-cita tersebut, asal gerak pembangunan berlangsung seirama, dengan gerakan dan kecepatan yang sama.

Poin penting itu disampaikan Wali Kota Pariaman, Dr. Genius Umar, saat berbincang-bincang dengan Haluan di ruang kerjanya, Selasa (4/3). Genius telah memasang target dalam masa kepemimpinannya, untuk menjadikan Kota Pariaman sebagai yang terbaik dalam hal pemanfaatan peluang pembangunan sejak dari perdesaan, terutama untuk sektor pariwisata.

"Semuanya seperti tertera dalam visi dan misi yang telah kami rancang. Saya ingin Pariaman menjadi kota yang terbaik di Sumbar. Khususnya di sektor pariwisata, yang tentu juga sinergi dengan sektor lain seperti pendidikan dan ekonomi. Kami ingin jadi yang nomor satu," kata Genius.

Ia menyebutkan, saat ini desa tengah mencari-cari pola pembangunan yang tepat, sementara sebagian desa lainnya telah memulai gerakan cepat untuk mengejar target-target pembangunan. Termasuk beberapa dari 55 desa dan 16 kelurahan yang terdapat di empat kecamatan yang ada di Kota Pariaman.

“Untuk mengimplementasikan pemberdayaan desa, dulu penggeraknya ada di Pemerintah Kota. Namun sekarang, seluruh lini harus ikut bergerak. Kalau kota sendiri, lama berubahnya. Oleh karena itu semuanya sejak masyarakat di Rukun Tetangga (RT) sampai Pemko harus bergerak cepat. Harus menyesuaikan diri untuk bergerak cepat. Tidak ada tawar menawar di sini,” kata Genius lagi.

Kota Pariaman yang resmi berdiri pada 2002 lalu, sambung Genius, dianugerahi bentangan alam yang elok dengan pantai dan perbukitan. Anugerah inilah yang patut disyukuri dengan cara memanfaatkan potensi pariwisata seluas-luasnya dengan tujuan akhir masyarakat yang lebih sejahtera.

Genius melalui jajarannya selalu “meneriakkan” pemahaman konsep kota wisata kepada masyarakat sejak dari level terbawah, sehingga kesiapan warga kota untuk menyambut investor pun dapat digaransi. “Sekarang tinggal menunggu investor yang mau membangun hotel di Pariaman. Satu saja hotel setara berbintang empat ada di Kota Pariaman, saya yakin perubahannya akan semakin pesat,” sambungnya.

Melalui dana yang dapat diperoleh desa dari APBN dan APBD, Genius berharap setiap desa dapat bergerak cepat mengembangkan sektor wisata, di mana semuanya juga berkait-paut dengan pengembangan sektor transportasi, ekonomi  skala kecil dan menengah (UMKM), pendidikan, dan pengembangan fisik serta tata kota.

Saat ini kata Genius, beberapa agenda pariwisata telah mulai digelar secara periodik di Kota Pariaman, dan terbukti menjadi magnet bagi wisatawan lokal, interlokal, bahkan internasional, untuk datang ke Kota Pariaman. Oleh karena itu, pihaknya juga semakin berlari kencang melakukan pembangunan infrastruktur untuk menunjang kenyamanan dan keamanan berwisata di Kota Pariaman.

“Saya berlari 300 kilometer per jam. Jajaran saya juga harus begitu, jangan sampai 100 kilometer. Saya butuh jajaran yang ikut berlari kencang untuk mewujudkan target-target itu. Seperti sarana wisata, saat ini, fisik di pantai sarana utamanya sudah dibangun dan sudah ditata sedemikian rupa. Sekarang dan akan terus berlangsung secara bertahap, kami kejar pembangunan sarana pendukungnya untuk sektor UMKM, sehingga warga bisa berdagang dengan rapi di sana,” ucap Genius lagi.

Namun begitu, Genius menegaskan bahwa pembangunan yang tengah dilakukan tak akan mengenyampingkan masukan dan kebutuhan dari warga Kota Pariaman sendiri. Sebab, bagaimana pun warga kota adalah pelaku utama pariwisata yang bersentuhan langsung dengan wisatawan yang datang ke Kota Pariaman, sehingga harus terjalin kesepahaman antara pemerintah dengan masyarakat terkait kepariwisataan.

Dapur Pacu Pendidikan

Selain sektor pariwisata, Kota Pariaman di bawah kepemimpinan Wali Kota Genius Umar dan Wakil Wali Kota Mardison Mahyuddin juga fokus dalam memacu peningkatan kualitas dan kuantitas pendidikan bagi warga Kota Pariaman. Dengan program utama Satu Rumah Satu Sarjana yang menjadi andalan Kota Pariaman, usaha tersebut dilakukan secara terstruktur dan terukur.

“Tahun lalu sudah ada 19 orang yang kami kirim lewat jalur khusus ke Politeknik Negeri Padang (PNP). Bagi yang kurang mampu, kami biayai semesternya sebanyak lima semester. Hasilnya, saat ini seluruhnya berhasil meraih IPK di atas tiga. Bahkan, satu di antaranya diutus ke olimpiade tingkat nasional dan berhasil meraih medali perunggu,” kata Genius.

Genius menyadari, pendidikan menjadi tiang dari seluruh usaha pembangunan fisik dan non-fisik yang dilakukan oleh pemerintah. Dengan peningkatan kuantitas dan kualitas sarjana di Kota Pariaman, maka nasib Kota Pariaman ke depan sudah terjamin karena ada sumberdaya manusia (SDM) yang akan meneruskan pembangunan yang sudah dimulai hari ini.

“Kami memang dorong fasilitasi ke program vokasi dulu. Sementara ini sudah terjalin kerja sama dengan PNP, Politeknik Pelayaran di Tiram, Poli Industri di Padang, dan dalam waktu dekat dengan Poli Perkeretaapian di Malang. Kalau bisa, kerja sama itu akan sampai tuntas sampai kami pastikan anak-anak yang ikut itu dapat kerja sehabis kerja. Itu penting dijamin,” katanya lagi.

Selain itu, perlahan namun pasti Kota Pariaman telah menetapkan kewajiban belajar 12 tahun bagi warga kota, dan tetap menyalurkan dana APBD ke sekolah menengah atas (SMA) sederajat, meski pun pengelolaan sekolah tersebut telah berada di bawah kewenangan pemerintah provinsi.

“Dengan menyiapkan sumberdaya manusia yang terdidik, kami di generasi sekarang tidak perlu cemas meninggalkan Kota Pariaman ke depannya. Sebab, nasib kota sudah berada di tangan orang-orang yang terdidik. Sekali lagi, seluruh program yang kami usung butuh gerak cepat yang tak biasa. Semua lapisan berkepentingan wajib menyesuaikan diri,” sebut Genius menutup. (h/isq)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 19 Oktober 2016 - 00:28:36 WIB

    Genius Umar Tinjau Pembangunan Fisik

    Genius Umar Tinjau Pembangunan Fisik PARIAMAN, HALUAN — Wakil Walikota Pariaman, Genius Umar, meninjau se­jumlah proyek fisik yang sedang dikerjakan di Kota itu, Selasa (11/10). Diantara proyek yang ditinjau itu ada­lah, pembangunan Taman Tugu PKK simpang by.
  • Rabu, 31 Agustus 2016 - 03:03:18 WIB

    Genius Umar Lepas 35 Peserta Jambore PIK

    Genius Umar Lepas 35 Peserta Jambore PIK PARIAMAN, HALUAN — Sebanyak 35 peserta dari Kota Pariaman untuk Ajang Temu Kreatif dan Jambore Saka Kencana Informasi dan Kon­seling (PIK) remaja/mahasiswa tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2016 yang diseleng­garakan .
  • Rabu, 13 Januari 2016 - 02:56:19 WIB

    Genius: Beri Remaja Dorongan Moral

    Genius: Beri Remaja Dorongan Moral PARIAMAN, HALUAN — Remaja sebenarnya tidak ada yang nakal, hal ini disebabkan mereka tidak mempunyai arah dan tujuan hidup yang jelas, sehingga me­ngeks­presikan dirinya ke hal-hal yang negative. Oleh sebab itu, perlunya .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM