Kapolda Sumbar: Delapan Laka Lantas Setiap Hari


Senin, 11 Maret 2019 - 13:37:16 WIB
Kapolda Sumbar: Delapan Laka Lantas Setiap Hari Kapolda Sumbar, Irjen Pol Fakhrizal (Irham)

PADANG, HARIANHALUAN.COM—Kondisi keselamatan dalam berlalu lintas di Sumbar semakin mencemaskan. Setidaknya, delapan kasus kecelakaan terjadi setiap harinya di Sumbar. Bahkan, satu hingga dua korban meninggal dunia tercatat nyaris hampir setiap hari.

Peringatan itu disampaikan Kepala Kepolisian Derah (Kapolda) Sumatera Barat, Irjen Pol Fakhrizal, saat membuka Milenial Road Safety Festival (MRSF) 2019, di area Car Free Day (CFD) Khatib Sulaiman Padang, Minggu (10/3).

Baca Juga : Pantauan Perkembangan Covid-19 di Sumbar: Positif 101, Sembuh 158, dan Meninggal Dunia 4 Orang

“Angka kecelakaan lalu lintas di Sumatera Barat terus meningkat dari waktu ke waktu. Rata-rata, delapan kasus setiap hari. Korban meninggal dunia 1-2 orang," ujarnya.

Berdasarkan data korban kecelakaan, kata Fakhrizal lagi, secara garis besar usia korban kecelakaan ada pada rentang 16 hingga 35 tahun. Rataan korban itu menunjukkan bahwa memang banyak korban yang berasal dari generasi milineal.

Baca Juga : Hasil Dua Operasi Polda Sumbar, Ratusan Tersangka Sudah Ditangkap

“Polda Sumbar berkomitmen menekan angka kecelakaan di Sumatera Barat. Salah satunya dengan meningkatkan kesadaran berlalu lintas para generasi milenial, melalui kegiatan Millenial Road Safety Festival, agar generasi milenial tidak menjadi korban kecelakaan lagi. Sebaliknya, justru mereka membangun budaya tertib berlalu lintas, dan meningkatkan keselamatan di jalan," ujarnya sebagaimana dilansir oleh kumparan.com.

Sementara itu, ribuan masyarakat di Kota Padang memang tampak antusias menghadiri Millenial Road Safety Festival 2019 di area Car Free Day Khatib Sulaiman. Kegiatan diawali dengan festival Color Run, gerak jalan santai, Safety Riding, penampilan polisi cilik, free style dari Ditlantas Polda Sumbar, pembacaan deklarasi Milenial Road Safety Festival, pengundian kupon, dan penampilan band Armada, Puskata, serta stand up comedy dari komika Pras Teguh.

Baca Juga : Wabup Pasaman Sabar AS Minta PMI Jaga Ketersediaan Stok Darah

Meningkatnya angka Kecelakaan Lalu Lintas (Lakalantas) di Sumatra Barat setiap tahunnya, juga menjadi perhatian dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar, yang turut mengimbau masyarakat agar lebih tertib berlalu lintas.

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno di sela di lokasi MRSF menyebutkan, agar tingkat lakalantas di Sumbar tidak semakin banyak, warga diminta untuk menghindari kebiasan berkendaraan secara ugal-ugalan di jalan.

Baca Juga : Operasi Antik Singgalang 2021 di Pasaman, 20 Paket Ganja Kering Diamankan

“Kita harus patuhi aturan lalu lintas, agar selamat sampai tujuan. Bagi generasi milenial, hindarilah ugal-ugalan, data dari Polda Sumbar, angka lakalantas tertinggi itu dialami generasi milenial,” ujarnya.

Oleh karena itu, Gubernur Sumbar juga mengingatkan agar generasi milenial dapat menjadi pelopor gerakan selamat berlalu lintas sebagai antisipasi mengurangi jatuhnya korban.

"Marilah kita jaga generasi milenial untuk Indonesia yang lebih gemilang di masa yang akan datang," tutur Irwan Prayitno lagi.

Selain Irwan, Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit ikut mengatakan, budaya tertib berlalu lintas adalah budaya yang harus menjadi bagian dari kepribadian seseorang. Untuk itu, kata Nasrul, tertib berlalu lintas harus ditumbuhkan bersama-sama, dan saling mengingatkan antar sesama pengendara.

“Tumbuhkanlah kesadaran itu sejak dini, hal itu akan mengurangi korban meninggal dunia akibat kecelakaan,” sebutnya.

Nasrul pun ikut mengapresiasi kegiatan Milenial Road Safety Festival yang diselenggarakan oleh Polda Sumbar. “Pemerintah Sumbar sangat mendukung kegiatan ini. Saya ucapkan terima kasih kepada pihak kepolisian. Semoga generasi milenial dapat memahami dan sadar akan aturan berlalu lintas,” sambungnya. (h/isq)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]