Manggani Koto Tinggi Dilirik Pemerintah Pusat


Senin, 11 Maret 2019 - 14:04:11 WIB
Manggani Koto Tinggi Dilirik Pemerintah Pusat Peta Limapuluh Kota

LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM- Kawasan Manggani, Nagari Koto Tinggi, Kacamatan Gunung Omeh, Kabupaten Limapuluh Kota, yang dianggap punya potensi sumberdaya alam (SDA) yang cukup besar dan belum tergali, ternyata dilirik pemerintah pusat melalui Kementrian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM).

"Bulan lalu kita telah mengirimkan tim untuk melakukan penelitian ESDM di Limapuluh Kota, seperti di Manggani,"ujar Wakil Menteri ESDM, Ir. Archandra Tahar, M Sc.PhD dalam acara sosialisasi program Kementrian ESDM dan peningkatan Sumber Daya Manusia melalui sektor pendidikan, serta peran Kejaksaan dalam penggunaan dana desa, di Sarilamak, Sabtu (9/3) yang dihadiri  Kepala OPD, ASN, Camat, Kepala SD, Kepala SLTP, Pengawas, Bamus dan Wali Nagari se Limapuluh Kota.

Dalam dialognya, Archandra Tahar mensosialisasikan beberapa program Kementrian ESDM, diantaranya mempercepat pengembangan energi demi mencapai kedaulatan Nasional termasuk potensi ESDM yang ada di Kabupaten Limapuluh Kota. Hadir Rektor Universitas Negeri Padang, Prof, Drs H Ganefri M, Pd, PHd, Kejaksaan Negeri Payakumbuh, Nurtamam SH.

Archandra Tahar juga mengingatkan agar masyarakat tidak mudah percaya dengan berita bohong. Di era komunikasi yang sangat terbuka dewasa ini, dibutuhkan sikap tabbayun ketika mendapatkan informasi. Perlu diteliti dan dicek kebenaran informasinya, sumbernya dan juga manfaat dari informasi itu apa. "Sumber berita paling banyak itu dari kementrian ESDM, kadang banyak yang memanfaatkan menjadi berita bohong, makanya jangan sampai disini mudah untuk menyebarkan berita-berita bohong, karena dosanya besar, "ujar Archandra.

Rektor UNP, Prof, Drs H Ganefri M, Pd, PHd, berpendapat pendidikan merupakan investasi penting dalam menghadapi masa depan secara global. Untuk itu, pendidikan harus dapat menyiapkan generasi yang unggul, berdaya saing tinggi dan mampu bekerjasama guna mencapai kemakmuran bagi setiap bangsa.

Hal senada juga disampaikan Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi, kehadiran Wamen ESDM, Rektor UNP dan serta Kejaksaan untuk berdiskusi dengan jajaran Pemkab Limapuluh Kota ini merupakan momentum yang bagus bagi kemajuan daerah.

“Dengan kedatangan Wamen dan Rektor UNP di Limapuluh Kota ini, akan membawa perubahan bagi daerah kita ini. Selain itu juga diharapkan hasil penelitian yang dilakukan Tim ESDM maksimal atau ada hasil yang akan dikelola nanti, ” ujarnya.

Pada bagian lain bupati juga mengajak agar masyarakat jangan mudah percaya berita-berita bohong, Pasalnya di tahun politik ini, ada saja oknum yang sengaja membuat berita bohong/ hoax dalam memecah kesatuan dan persatuan. Sebaliknya, Irfendi mengaharapkan masyarakat di Limapuluh Kota menjadi pelopor suksesnya pemilu tahun 2019.

“Sekarang ini merupakan tahun politik untuk itu kami himbau kepada kita semua untuk menjadi pelopor agat Pemilu damai dan Pemilu badunsanak terjadi di daerah ini. Kapan perlu kita jadikan Limapuluh Kota, sebagai tolak ukur Pemilu di tingkat Nasional, "ungkapnya.(h/zkf)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM