Bebeberapa Hari ke Depan, Hujan Deras Bakal Mengguyur Pesisir Barat Sumbar


Senin, 11 Maret 2019 - 20:01:08 WIB
Bebeberapa Hari ke Depan, Hujan Deras Bakal Mengguyur Pesisir Barat Sumbar Ilustrasi (BMKG)

PADANG, HARIANHALUAN.COM-Beberapa hari ke depan, Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), memprediksi hujan sedang hingga lebat masih berpeluang terjadi di wilayah Pesisir Barat Sumbar. Hal tersebut karena terdapat pola aliran siklonik diperairan Samudera Hindia.

Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Minangkabau Padang, Yudha Nugraha mengatakan, pola aliran siklonik diperairan Samudera Hindia, yang memicu daerah pertemuan angin dimulai dari pesisir barat sumatera dan bagian selatan Pulau Jawa,

Baca Juga : Belasungkawa dari Pegawai sampai Pimpinan DPRD Solsel, Kadis Ketahanan Pangan dan Perikanan Meninggal

"Untuk daerah yang berpeluang hujan sedang dan lebat, pada sore hingga dini harinya, terutama diwilayah pesisir barat Sumbar, mulai dari Pasaman Barat, Agam, Padangpanjang, Padang, Kepulauan Mentawai, Pariaman, Pesisir Selatan," ucap Yudha, Senin (11/3).

Ia katakan, perubahan cuaca ini juga karena karakteristik cuaca saat musim peralihan, yang mana cenderung panas dipagi dan siang hari. Namun hujan dimalam harinya, perubahan cuaca tersebut juga terasa signifikan. 

Baca Juga : Maota Jalang Babuko Basamo Ketum HIPMI Sumbar: Ramadhan Menginspirasi Membuka Bisnis Baru

"Musim peralihan ini, juga ditandai adanya pola angin terkumpul atau siklonik, sehingga hal tersebut yang memicu tumbuhnya awan-awan hujan termasuk di Sumbar ini," katanya.

Dikatakan Yudha, sebenarnya dengan kondisi cuaca dalam musim peralihan sekarang ini masih dalam batas wajar, belum ekstrem. Meski demikian masyarakat juga perlu wasdapai, terhadap cuaca tersebut. 

Baca Juga : Ajak Generasi Muda Berbisnis, Brian Putra Bastara Berbagi Trik jadi Entrepreneur Sukses

"Menurut kami, puncak hujan kemarin mulai dirasakan dari November sampai Januari. Jadi untuk musim peralihan ini, dari Februari hingga April, hal itu merupakan musim peralihan ke musim kemarau. Dimana kondisi cuaca sudah mulai cerah namun udara masih terasa lembab, yang mengindikasikan masih banyak suplai uap air untuk pembentukan hujan-hujan," ucapnya. (h/mg-pmi)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]