Pemko Padang Bakal Ubah Nama Ejaan Jalan Khatib Sulaiman


Selasa, 12 Maret 2019 - 21:22:54 WIB
Pemko Padang Bakal Ubah Nama Ejaan Jalan Khatib Sulaiman Dokumentasi Haluan

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah Kota (Pemko) Padang akan mengusahakan perubahan ejaan nama Jalan Khatib Sulaiman menjadi Chatib Sulaiman, sesuai dengan ejaan yang benar dari nama pahlawan yang akan diajukan menjadi pahlawan nasional ini.

Hal itu disampaikan Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah kepada Haluan, di Balai Kota Padang, Senin (11/3). Ia mengatakan, perbaikan nama atau ejaan ini bukan hanya untuk jalan Khatib Sulaiman.

"Ini memang akan kita sesuaikan. Bukan hanya untuk Jalan Khatib Sulaiman saja," katanya.

Ia mengatakan, pemko memang akan merapikan administrasi sesuai dengan ejaan yang benar. "Insyaallah, secepatnya akan kita data ulang hal yang patut dibenarkan, seperti Jalan Khatib Sulaiman itu yang memang salah ejaannya," ujarnya.

Sebelumnya, nama Chatib Sulaiman diusulkan menjadi pahlawan nasional. Tokoh perjuangan yang gugur di Nagari Situjuah itu juga menjadi nama jalan di Kota Padang. Namun, penggunaan nama tersebut dinilai keliru.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Yayasan Chatib Sulaiman, Sudarman Khatib Datuak Babangso dalam press release yang diterima Haluan, kemarin.

"Kami berharap penulisan namanya dikoreksi agar tepat, yakni Chatib Sulaiman. Selama ini ditulis “Jalan Khatib Sulaiman,” ujarnya.

Persiapan dalam mengusulkan jadi pahlawan nasional disiapkan dalam bentuk seminar dan bedah buku pada beberapa waktu lalu di Ruang Dilo Telkom Witel Padang. Kegiatan ini juga merupakan rangkaian mengenang 70 tahun gugurnya Chatib Sulaiman pada 15 Januari 1949 bersama 68 pejuang kemerdekaan lainnya di Nagari Situjuah, Lima Puluh Kota, Sumbar. (h/mg-mal)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]ianhaluan.com
APP HARIANHALUAN.COM