Pemko Padang Bakal Ubah Nama Ejaan Jalan Khatib Sulaiman


Selasa, 12 Maret 2019 - 21:22:54 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Pemko Padang Bakal Ubah Nama Ejaan Jalan Khatib Sulaiman Dokumentasi Haluan

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah Kota (Pemko) Padang akan mengusahakan perubahan ejaan nama Jalan Khatib Sulaiman menjadi Chatib Sulaiman, sesuai dengan ejaan yang benar dari nama pahlawan yang akan diajukan menjadi pahlawan nasional ini.

Hal itu disampaikan Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah kepada Haluan, di Balai Kota Padang, Senin (11/3). Ia mengatakan, perbaikan nama atau ejaan ini bukan hanya untuk jalan Khatib Sulaiman.

"Ini memang akan kita sesuaikan. Bukan hanya untuk Jalan Khatib Sulaiman saja," katanya.

Ia mengatakan, pemko memang akan merapikan administrasi sesuai dengan ejaan yang benar. "Insyaallah, secepatnya akan kita data ulang hal yang patut dibenarkan, seperti Jalan Khatib Sulaiman itu yang memang salah ejaannya," ujarnya.

Sebelumnya, nama Chatib Sulaiman diusulkan menjadi pahlawan nasional. Tokoh perjuangan yang gugur di Nagari Situjuah itu juga menjadi nama jalan di Kota Padang. Namun, penggunaan nama tersebut dinilai keliru.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Yayasan Chatib Sulaiman, Sudarman Khatib Datuak Babangso dalam press release yang diterima Haluan, kemarin.

"Kami berharap penulisan namanya dikoreksi agar tepat, yakni Chatib Sulaiman. Selama ini ditulis “Jalan Khatib Sulaiman,” ujarnya.

Persiapan dalam mengusulkan jadi pahlawan nasional disiapkan dalam bentuk seminar dan bedah buku pada beberapa waktu lalu di Ruang Dilo Telkom Witel Padang. Kegiatan ini juga merupakan rangkaian mengenang 70 tahun gugurnya Chatib Sulaiman pada 15 Januari 1949 bersama 68 pejuang kemerdekaan lainnya di Nagari Situjuah, Lima Puluh Kota, Sumbar. (h/mg-mal)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 13 Maret 2019 - 12:03:22 WIB

    Pemko Padang Bakal Terbitkan Perwako untuk Perlindungan Dai dan Ulama

    Pemko Padang Bakal Terbitkan Perwako untuk Perlindungan Dai dan Ulama PADANG, HARIANHALUAN.COMĀ -- Pemerintah Kota (Pemko) Padang yang sebelumnya berencana melahirkan Peraturan Wali Kota (Perwako) perlindungan terhadap dai dan ulama, menggelar Focus Grup Discussion (FGD) untuk merumuskan perlin.
  • Rabu, 27 Februari 2019 - 12:20:00 WIB

    Pemko Padang Berencana Bangun Gedung Parkir di Samping Polresta

    Pemko Padang Berencana Bangun Gedung Parkir di Samping Polresta PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Minimnya lahan parkir di Kota Padang, Dinas Perhubungan (Dishub) rencananya akan segera bangun gedung parkir di pangkalan angkot samping Polresta Padang. Rencana tersebut saat ini sedang dalam pemb.
  • Kamis, 31 Januari 2019 - 15:04:06 WIB

    Pemko Akan Bangun Kolam Retensi

    Pemko Akan Bangun Kolam Retensi PADANG, HARIANHALUAN.COMĀ -- Pemko Padang melalui anggaran provinsi akan membangun retarding bansin atau kolam retensi guna mengatasi permasalahan banjir di Kota Padang. Retarding Bansin ini berguna untuk menampung debit huja.
  • Selasa, 29 Januari 2019 - 13:58:53 WIB

    Dewan Desak Pemko Padang Berantas Pemalak

    Dewan Desak Pemko Padang Berantas Pemalak PADANG, HARIANHALUAN.COM -- DPRD Kota Padang mendesak Pemko Padang untuk membasmi pemalakan liar di lokasi wisata Pantai Air Manis. Sebab, jika hal tersebut tidak dibenahi akan merugikan Kota Padang..
  • Selasa, 22 Januari 2019 - 22:49:56 WIB

    Pemko Padang Diminta Peduli Cagar Budaya

    Pemko Padang Diminta Peduli Cagar Budaya PADANG, HARIANHALUAN.COM -- DPRD Kota Padang berharap Pemko Padang membuat aturan yang mengatur perlindungan terhadap bangunan cagar budaya di Kota Padang. Anggota Komisi III DPRD Kota Padang, Wismar Panjaitan, Selasa (22/1) .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM