27 Homestay di Harau Belum Berizin, Beberapa Unit Milik Pejabat


Rabu, 13 Maret 2019 - 11:31:09 WIB
27 Homestay di Harau Belum Berizin, Beberapa Unit Milik Pejabat Maps Harau

LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COMJumlah homestay sebagai sarana penunjang kepariwisatan di objek wisata Lembah Harau, Kabupaten Limapuluh Kota, kian menjamur. Selain warga, banyak pejabat ikut mengambil manfaat ekonomis dengan mendirikan homestay baru. Sayangnya, dari 34 unit homestay yang ada, hanya tujuh yang berizin.

Berdasarkan data dari Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Limapuluh Kota, terhitung pada Februari 2019, sudah terdapat 34 unit homestay di sekitar objek wisata Lembah Harau.

“Secara keseluruhan, ada 50 homestay di Limapuluh Kota. Tidak semuanya mengantongi izin. 34 di antaranya di sekitar Lembah Harau. Ada di Nagari Tarantang, Nagari Harau, dan Nagari Solok Bio-Bio,” kata Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Limapuluh Kota, Bobby, Selasa (12/3).

Ada pun tujuh homestay yang telah mengantongi izin, sebut Bobby, antara lain Pondok Wisata dan Homestay Puti Sari Banilai milik M. Yunus yang juga mantan Plt Sekdakab Limapuluh Kota, Bio Homestay milik Sarnen Indra yang juga Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Dinas Pendidikan Kabupaten Limapuluh Kota, dan Abdi Homestay miliki M. Iqbal.

Selanjutnya ada Syafiq Homestay milik Andiko Syariwandi, Novi Homestay milik Novianov, dan Zico Homestay milik Zikri yang masih dalam pengurusan izin prinsip. “Pendataan kami baru sampai pada jumlah homestay-nya. Biasanya, masing-masing homestay punya hingga lima kamar. Tapi untuk jumlah keseluruhannya yang pasti kami belum dapat,” ucap Boby lagi.

Menjamurnya homestay tidak berizin di kawasan wisata Lembah Harau juga diakui Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (DPMPT), Ambardi. “Memang banyak homestay yang tidak berizin, termasuk milik pejabat. Untuk informasi lebih lengkap, datanya ada dikantor di Kepala Bidang Pengendalian dan Pelaksanaan. Saya sedang di Jakarta,” kata Ambardi via telfon kepada Haluan.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengendalian dan Pelaksanaan DPMPT Limapuluh Kota, Elvi Siskawati menjelaskan, sejak 2013 lalu, dinasnya sudah beberapa kali mengeluarkan izin usaha untuk homestay.

“Tiga izin usaha pada 2013, dua izin usaha pada 2015, dua izin usaha pada 2016, dan empat izin usaha pada 2018. Saat ini memang banyak homestay di lokasi wisata Lembah Harau. Sayangnya hanya beberapa saja yang sudah mengantongi izin,” kata Elvi.

Hingga Maret 2019 ini, kata Elvi lagi, terdapat tiga homestay yang beroperasi di kawasan Lembah Harau yang tengah melakukan pengurusan izin usaha. Di antaranya Homestay Haraoma (milik pejabat eselon II), Homestay Haulasao (milik pejabat eselon III), dan Homestay Kampung Sarosah milik Sulastri.

Elvi menyebutkan, sejak terbitnya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 24 Tahun 2018, pengurusan seluruh izin sudah berubah dari pola manual ke sistem dalam jaringan (daring/online).

“Bagi usaha yang sudah mengantongi izin sebelum terbitnya PP 24 Tahun 2018, diharapkan segera melakukan update ulang ke sistem online. Untuk izin ini hanya berlaku lima tahun,” ucapnya. (h/ddg)




Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 20 Februari 2019 - 19:13:42 WIB

    Program dari Pusat, 5127 PKM Mentawai Terima Bantuan Sosial

    Program dari Pusat, 5127 PKM Mentawai Terima Bantuan Sosial MENTAWAI, HARIANHALUAN.COM — Melalui Program Keluarga Harapan (PKH)Tahun 2019, Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Kepulauan Mentawai salurkan bantuan sosial kepada 5.127 Keluarga Penerima Ma.
  • Jumat, 30 November 2018 - 10:19:41 WIB

    27 Ribu Penduduk Limapuluh Kota Miskin

    27 Ribu Penduduk Limapuluh Kota Miskin LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM -- Badan Statistik Nasional (BPS) Kabupaten Limapuluh Kota mencatat, hampir 27 ribu jiwa penduduk yang menetap daerah tersebut dalam kategori miskin.Hal itu diketahui saat BPS Limapuluh Kota m.
  • Selasa, 18 Juli 2017 - 17:55:22 WIB

    Peringati Hari Jadi ke-27, PTMK Gelar Lomba MTQ Tingkat Solsel

    Peringati Hari Jadi ke-27, PTMK Gelar Lomba MTQ Tingkat Solsel SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM -- PT Mitra Kerinci (PTMK) Solok Selatan (Solsel) menggelar lomba Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) tingkat kabupaten dimulai dari Minggu (16/7) hingga Senin (17/7). Rangkaian kegiatan itu dilak.
  • Selasa, 27 September 2016 - 02:22:59 WIB

    Tahun Depan 27 Desa Miliki BUMDes

    SAWAHLUNTO, HALUAN — Pemerintah Sawahlunto mendorong 24 desa untuk mempersiapkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), dalam upaya mendorong peningkatan ekonomi masyarakat di level pemerintahan terdepan itu..
  • Selasa, 19 Juli 2016 - 18:20:49 WIB

    ISI Padang Panjang Akan Terima 273 Mahasiswa Baru Lewat Jalur UMB

    ISI Padang Panjang Akan Terima 273 Mahasiswa Baru Lewat Jalur UMB PADANG, HALUAN - Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang akan menerima sebanyak 273 mahasiswa baru melalui jalur Ujian Masuk Bersama (UMB) yang diikuti 14 Perguruan Tinggi (PT) di Indonesia. Ujian tulis akan dilakukan di.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM