19.500 Warga Padang Dapat Bantuan PKH


Rabu, 13 Maret 2019 - 12:06:21 WIB
19.500 Warga Padang Dapat Bantuan PKH Ilustrasi (haluan)

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Dinsos Kota Padang menargetkan bisa memberikan bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) kepada 19.500 jiwa di tahun 2019. PKH menjadi salah satu program unggulan Dinas Sosial Kota Padang dalam menanggulangi angka kemiskinan pada 2019 di Kota Padang.

Plt Kepala Dinsos Kota Padang, Afriadi mengatakan, PKH memang salah satu program untuk membantu keluarga miskin di Kota Padang. "Bantuan yang kita berikan dalam bentuk uang. Jadi bisa dimanfaatkan atau sedikit membantu keluarga itu sendiri untuk kehidupannya," katanya kepada Haluan, Selasa (12/3).

Ia mengatakan, beberapa kategori yang mendapatkan bantuan PKH, yakni ibu hamil, anak usia dini 0 sampai 6 tahun, SD sederajat, anak SMP, disabilitas berat dan lansia di atas 60 tahun.

"Besaran masing-masingnya berbeda, kalau ibu hamil Rp2.400.000 per tahun, anak usia dini 0 sampai 6 tahun Rp2.400.000 per tahun, SD sederajat Rp900.000 per tahun, anak SMP Rp1.500.000 per tahun, disabilitas berat Rp2.400.000 per tahun, dan lanjut usia 60 tahun ke atas Rp2.400.000 per tahun," ujarnya.

Jadi, kata Afriadi, apabila di keluarga itu ada seluruh kategori ini, keluarga tersebut akan mendapatkan bantuan sebesar Rp12 juta per tahunnya. Namun, keluarga tersebut memang harus tercatat di Basis Data Terpadu (BDT).

"Kalau tidak seluruhnya, tentu akan dibantu dan dihitung sesuai dengan kategori yang ada saja," katanya.

Untuk pencairan, sambung Afriadi, dilaksanakan sebanyak empat kali, yakni di bulan Januari, April, Juli dan Oktober. PKH, katanya, diarahkan untuk menjadi tulang punggung penanggulangan kemiskinan yang mensinergikan berbagai program perlindungan dan pemberdayaan sosial nasional. Saat ini, pihaknya mempunyai pendamping sebanyak 91 orang.

“Melalui PKH, Keluarga Penerima Manfaat (KPM) didorong untuk memiliki akses dan memanfaatkan pelayanan sosial dasar kesehatan, pendidikan, pangan dan gizi, perawatan dan pendampingan, termasuk akses terhadap berbagai program perlindungan sosial lainnya yang merupakan program komplementer secara berkelanjutan," ujarnya.

Dari data dinsos pada 2018 tercatat ada 53.000 KK yang tercatat sebagai keluarga miskin di Kota Padang. (h/mg-mal)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM