Kucurkan Anggaran Puluhan Miliyar, Presiden Jokowi Kepincut Pasar Batusangkar


Rabu, 13 Maret 2019 - 17:58:59 WIB
Kucurkan Anggaran Puluhan Miliyar, Presiden Jokowi Kepincut Pasar Batusangkar PRESIDEN Jokowi mendengarkan pemaparan Kepala Dinas Koperindag Tanah Datar, Marwan SE saat Rapat Kerja Nasional Kementerian Perdagangan di Bumi Serpong Damai (BSD) Tangerang, Banten, Selasa (13/3). HUMAS

BANTEN, HARIANHLUAN.COM—Presiden Joko Widodo kepincut dengan Pasar Batusangkar. Semangat membangun yang digencarkan pemerintah Tanah Datar membuat Presiden tak sungkan mengucurkan anggaran puluhan miliar yang nantinya akan dipergunakan untuk merevitalisasi pasar yang sudah ternama tersebut.

Kucuran anggaran Rp50 miliar dari Presiden Jokowi diputuskan setelah Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukito menerima penjelasan langsung dari Kepala Dinas Koperindag Kabupaten Tanah Datar Marwan, SE, Selasa (12/3).

“Presiden langsung setuju untuk mengucurkan anggaran revitalisasi Pasar Batusangkar. Jumlahnya Rp50 miliar,” terang Enggar.

Bupati Irdinansyah juga menyampaikan rasa syukur atas prestasi ini. “Sebuah prestasi yang tidak diduga-duga. Dengan pembenahan dan pembinaan yang dilakukan Dinas Koperindag, khususnya UPT Pasar dengan Kepala UPT Syafril beserta jajaran serta dukungan dari pedagang, pengunjung, Kejaksaan Negeri Tanah Datar dengan program Jaksa Masuk Pasar, Polres Tanah Datar untuk dukungan keamanan dan ketertiban, OPD terkait seperti Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Perkim LH, maupun Dinas Kesehatan dan RS Sayang Ibu dengan layanan kesehatannya, menjadikan pasar kita salah satu yang terbaik di Indonesia,” ujarnya.

Terkait bantuan sebesar Rp50 Miliar dari pemerintah pusat itu, Irdinansyah mengaku terkejut.

“Biasanya usulan bantuan rehab pasar direspon 5 tahun, namun ini cukup dalam 5 menit langsung disetujui. Ini bukti kalau Presiden Jokowi sangat perhatian pada Sumatera Barat. Beliau selalu mendukung pembangunan yang berdampak langsung pada masyarakat. Respon cepat Presiden itu akan kami balas dengan kerja nyata,” sebut Irdinansyah.

Selain mendapatkan bantuan revitalisasi, Presiden juga menyerahkan penghargaan untuk Pasar Serikat C Batusangkar, selaku pasar ramah lingkungan tingkat nasional tahun 2019. Penghargaannya diterima Wabup Zuldafri Darma, Selasa (12/3), saat berlangsungnya Rapat Kerja Nasional Kementerian Perdagangan di Bumi Serpong Damai (BSD) Tangerang, Banten.

Dapatnya dana segar tersebut berawal saat Presiden memberikan penghargaan kepada kepala daerah yang pasarnya mendapat apresiasi terbaik, Presiden Jokowi meminta kepada para pengelola pasar yang hadir untuk maju ke atas panggung.

"Coba sekarang tunjuk tangan yang merasa pasarnya paling jelek dan paling bagus," katanya.

Sontak, sejumlah peserta pun angkat tangan. Untuk pasar paling jelek, yang maju adalah perwakilan dari pengelola pasar Manokwari Selatan, Papua Barat. Sedangkan untuk pasar yang paling bagus, yang dipilih karena mengacungkan tangan adalah Kadis Koperindag Tanah Datar Marwan selaku pengelola pasar Batusangkar yang baru saja mendapat penghargaan.



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 25 Mei 2019 - 15:01:58 WIB

    Pasaman Barat Kucurkan Dana Rp500 Juta untuk Bantuan Pembangunan Masjid

    Pasaman Barat Kucurkan Dana Rp500 Juta untuk Bantuan Pembangunan Masjid PASBAR, HARIANHALUAN.COM- Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) membantu Rp500 juta untuk 50 masjid di daerah setempat. Setiap masjid menerima Rp10 juta yang diserahkan selama bulan Ramadhan 1440 hijriah..
  • Selasa, 29 Agustus 2017 - 10:46:06 WIB

    Dikucurkan Rp250 Juta pada APBD 2018, LKAAM Diminta Jadikan Sumbar Agamais

    Dikucurkan Rp250 Juta pada APBD 2018, LKAAM Diminta Jadikan Sumbar Agamais PADANG, HARIANHALUAN.COM - Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Provinsi Sumbar akan mendapat kucuran dana hibah melalui pos Bantuan Sosial (Bansos) di APBD 2018 mendatang. Nilainya adalah Rp250 juta..
  • Selasa, 19 April 2016 - 03:18:53 WIB
    Bantuan Sosial PNS 2015

    Korpri Sumbar Kucurkan Rp363 Juta

    Korpri Sumbar Kucurkan Rp363 Juta PADANG, HALUAN — Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Sumbar, kembali menggulirkan program bantuan sosial tahun 2015 bagi seluruh anggota. Melalui tiga program bantuan sosialnya, wadah yang mengayomi para PNS di lingku.
  • Selasa, 21 April 2015 - 18:36:10 WIB

    Pemkab Tetap Kucurkan Dana untuk PT Equator

    DAPAT SENTILAN DPRD

    PASAMAN, HALUAN — Meski terus mengalami kerugian, Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman tetap memberi dukungan kepada PT Equator. Tahun ini, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) itu .

  • Selasa, 14 April 2015 - 18:43:22 WIB

    Pemprov Sumbar Kucurkan Rp4,7 Miliar untuk SiMAYA

    PADANG, HALUAN — Untuk efisiensi biaya penggunaan alat tulis kantor (ATK), Pemprov Sumbar gelontorkan Rp4,7 miliar untuk program surat menyurat secara elektronik yang diberi nama Sistem Adminstrasi Perkantoran Maya (SiMA.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM