Romania Siap Kerjasama dengan Indonesia


Rabu, 13 Maret 2019 - 20:22:18 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Romania Siap Kerjasama dengan Indonesia Cinderamata—Pimpinan delegasi PPUU DPD RI  H. Nofi Candra menyerahkan plakat kepada duta besar RI untuk Romania Irjen Pol Amhar azhet, saat kunjungan ke Romania, Rabu (13/3

PADANG, HARIANHALUAN.COM—Pemerintah Negara Romania siap menjalin kerjasama dengan pemerintah Indonesia dalam berbagai sektor, terutama perkebunan, pertanian dan peternakan. Hal ini terungkap dalam studi referensi Panitia Perancang Undang-Undang (PPUU) DPD RI ke Romania dan Bulgaria.

Dalam press release yang diterima harianhaluan.com, Rabu (13/3), Romania adalah negara penghasil gandum dan jagung di dataran Eropa. Selain itu, negara ini juga dikenal dengan peternakan sapi terbesar di Eropa. Saat ini Romania membutuhkan tenaga kerja terampil dari Indonesia dengan upah minimum 2.000 Ron (8.000.000 rupiah) untuk tamatan SMA dan Sarjana 2.500 -3.000 Ron.

Kunjuangan ini dipimpin oleh Nofi Candra, Anggota DPD RI Asal Sumatera Barat (ketua) beserta anggota,  Aji Muhamad Mirza Wardana (Anggota DPD DPD RI Kalimantan Timur) , Ajiep Panindang (Anggota DPD RI Sulawesi Selatan), Djasrmen Purba (Anggota DPD Kepulauan Riau), Rubaeti Erlita (Anggota DPD RI Sumatera Selatan), Siska Marleni (Anggota DPD RI Sumatera Selatan) , Anang Prihantoro (Anggota DPD RI Lampung) dan dua orang staf sekretariat PPUU DPD RI ( Hary Setiyawan dan Siti Nurlodfah)

“Ke depannya, kami bisa lakukan kerjasama dengan Romania terkait dengan teknologi penanaman gandum, jagung dan peternakan sapi. Tidak hanya itu, kita tahu bahwa Romania juga unggul  dalam bidang IT. Romania membuka diri sebagai pintu masuk produk Indonesia ke negara negara lain di Uni Eropa”, ucap Irjen Pol Amhar azhet, Duta Besar Indonesia untuk Romania.

Ia menyebutkan, Romania sangat berharap bisa menjalin kerjasama dengan daerah-daerah di Indonesia untuk dijadikan sister city. Bahkan, sampai saat ini sudah 5 Bupati dari Indonesia menjajaki sister city dengan Romania.

Dubes berharap daerah-daerah di Indonesia untuk bisa melakukan sister city dengan daerah-daerah di indonesia terutama di bidang IT, pertanian, peternakan, tenaga kerja dan lainnya.

“Romania sangat tertarik dengan produk Indonesia seperti Karet, kopi, coconut, palm oil dan lainnya. Mari kita manfaatkan peluang ini,” kata Dubes.

Menanggapi itu, pimpinan delegasi DPD RI Nofi Candra mengatakan, potensi alam dan tenaga kerja yang dimiliki oleh Indonesia, menjadi peluang besar untuk meningkatkan kerjasama antar kedua negara. Peluang tenaga kerja, kerjasama bidang pertanian, teknologi dan lainnya dinilai sangat menguntungkan untuk Indonesia.

“Tenaga kerja Indonesia terserap dengan baik. Selain itu, sektor ekspor Indonesia akan bekerja lebik baik”, kata Nofi Candra. (h/ndi)

 

 



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM