Rinaldi Jabat Kabag Humas Pemkab Pessel, Bupati: Harus Aktif dan Gesit


Rabu, 13 Maret 2019 - 20:38:53 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Rinaldi Jabat Kabag Humas Pemkab Pessel, Bupati: Harus Aktif dan Gesit Rinaldi Kabag Humas bersalaman dengan Bupati Hendrajoni usai kegiatan pelantikan pejabat administrator dan pengawas di lingkungan Pemkab Pessel.

PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Rinaldi yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Bagian Kesatuan Bangsa dan Politik (Kabag Kesbangpol), sekarang menjabat sebagai Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Kabag Humas) di Sekretariat Daerah Kabupaten Pesisir Selatan, Rabu, (13/3).

Bupati Hendrajoni berpesan kepada pejabat yang baru dilantik khususnya di bagian humas, agar mampu bersinergi dan akrab dengan wartawan. Sebab, humas merupakan corong pemerintah atau sumber informasi yang dituntut kemampuannya dalam menghadapi tantangan dan perubahan zaman.

"Saya minta humas itu harus aktif dan gesit. Jangan pernah tinggalkan wartawan. Sebab, lewat media masyarakat akan tau apa kegiatan yang ada di pemerintahan. Rangkul semua wartawan jangan jauhi mereka apalagi memusuhinya," ujar bupati. 

Bupati Hendrajoni menegaskan, humas pemerintah diharapkan dapat meningkatkan pelayanan dan pengelolaan informasi kepada publik, serta mampu mendorong partisipasi masyarakat dalam mensukseskan berbagai program pemerintah yang hasilnya dapat dinikmati secara bersama. 

"Sebab, latar belakang kabag humas yang baru ini adalah Ketua PWI. Beliau tentu lebih paham dengan watak wartawan di Pessel," ucapnya. 

Menurut bupati, untuk meningkatkan kemampuan masing-masing jajaran, humas harus menguasai teknologi informasi dan komunikasi, termasuk juga media sosial sebagai upaya menangkal berita-berita yang tidak benar atau hoax. Sehingga dapat mengontrol informasi yang disampaikan kepada publik.

"Saya melihat di Facebook banyak itu berita-berita yang tidak benar. Banyak yang menyebarkan fitnah kepada saya dan kapolres terkait pendirian PLTM oleh PT Dempo di Pelangai Gadang, Kecamatan Ranah Pesisir. Jadi, kepada humas tolong pasang mata dan telinga, apapun isu yang beredar di tengah masyarakat tolong segera luruskan," tuturnya.

Bupati meminta kepada pejabat yang baru dilantik agar menjalin komunikasi yang baik dengan seluruh jajaran. Selain itu, humas harus mampu mengenali wartawan secara personal. Serta tidak bersifat diskriminatif terhadap media massa, namun harus berlaku secara adil terhadap wartawan.

"Jadi, jabatan ini sangat cocok dengan Bapak Rinaldi. Sebab, beliau juga pernah di Kesbangpol. Kalau di kepolisian ibaratnya sama dengan intel dan tangguh seumpama karang di lautan. Dan saya harap bapak bisa melaksanakan tugas itu dengan baik, kalau tidak ada uang minta sama Sekda," ucap bupati berseloroh. (h/kis)

 



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM