Investasi Pengelolaan CPO, Pelindo Teluk Bayur Gandeng Apical Group


Kamis, 14 Maret 2019 - 03:09:53 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Investasi Pengelolaan CPO, Pelindo Teluk Bayur Gandeng Apical Group Foto bersama GM Pelindo II Teluk Bayur, Armen Amir bersama Forkopimda Sumbar, di di Hotel Inna Padang, Rabu, (13/3). Yuhendra

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II Cabang Teluk Bayur mengandeng Apical Group untuk berinvestasi di bidang pengolahan Crude Palm Oil (CPO) atau minyak kelapa sawit di Sumatra Barat (Sumbar). Investasi yang digelontorkan Apical Group mencapai kisaran Rp 800 miliar dengan pengolahan 3500 ton CPO menjadi minyak goreng perhari.

GM Pelindo II Teluk Bayur, Armen Amir, mengatakan, Apical telah memulai pengerjaan pembangunan pabrik dengan peletekan batu pertama. Diperkirakan 1,5 tahun kedepan pabrik tersebut sudah beroperasi dan memulai aktivitas ekspor.

"Ini akan menjadi penyumbang capaian terget ekspor Pelindo II melalui pelabuhan Teluk Bayur sebesar 5 juta ton per tahun," kata Armen Amir, saat groundbreaking kerjasama di Hotel Inna Padang, Rabu, (13/3)

Disebutkannya, Apical Group akan membangun pabrik fraksinasi pengolahan minyak sawit diatas lahan Pelindo II dengan kisaran luas 5 hektare lebih. Kerja sama yang ditawarkan dengan jangka waktu lama sekitar 30 tahunan.

"Kerja sama dengan Apical Group sudah lama. Sebelumnya hanya pengiriman ekspor saja. Kali, ini langsung pengelolaan turunan dari CPO," katanya.

Kesempatan yang sama, Direktur Utama Apical Group, Bestadrian Prawiro Teng mengatakan, perusahaannya sejauh ini telah beroperasi di Teluk Bayur sejak 2008 dalam mengekspor CPO. Maka selanjutnya pihaknya tidak hanya mengekspor saja. Tetapi akan melakukan pengolahan CPO dengan kapasitas lebih besar di Sumbar.

"Dimana target kita 3500 ton perhari CPO dengan target total pertahun 1,2 juta ton pertahun sehingga ini dapat membantu target Pelindo II yakni 5 juta ton pertahun dalam ekspor CPO," ujarnya.

Dilanjutkan, pabrik pengolahan CPO ini akan mulai beroperasi 1,5 tahun dari sekarang sejak di groundbreaking.

"Kami akan segerakan pembangunan pabrik ini dari sekarang, tahun depan diharapkan rampung," ulasnya.

Sementara itu, Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno mengapresiasi gebrakan yang dilakukan Pelindo II dalam mengaet investor. Maka, dengan aktifnya Pelindo II mendatangkan investor ini akan berdampak kepada peningkatan perekonomian, terbuka lapangan kerja serta pengentasan kemiskinan di Sumbar.

"Pelindo II akan menerima 25 miliar pertahun dari kerja sama ini. Tentunya ini juga berdampak baik kepada iklim investasi di Sumbar," ujarnya.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Wali kota Padang, Mahyeldi Ansyarullah mendukung penuh investasi yang dilakukan di Kota Padang ini, bahkan ia menyampaikan kepada pihak terkait agar tidak mempersulit pengurusan izin-izin.

"Jadi tidak ada istilah izin yang dipersulit senua harus dilaksanakan sesuai dengan SOP yang ada," katanya. (h/mg-hen).

 



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 29 Juni 2018 - 10:06:09 WIB

    Gelar MSF, PLN Dukung Pergerakan Investasi di Sumbar

    Gelar MSF, PLN Dukung Pergerakan Investasi di Sumbar PADANG,HARIANHALUAN.COM – Dalam rangka mempererat hubungan baik dengan stakeholder, PLN Wilayah Sumbar menggelar acara Multi Stakeholder Forum (MSF), Kamis (28/6). Acara yang bertemakan "Kemudahan Mendapatkan Listrik untuk.
  • Selasa, 27 Februari 2018 - 10:00:49 WIB

    Dijanjikan Investasi, Tiga  Warga Pasaman Merugi Rp1 M Lebih

    Dijanjikan Investasi, Tiga  Warga Pasaman Merugi Rp1 M Lebih PASAMAN, HARIANHALUAN.COM—Tiga orang warga Pasaman, masing-masing Zulfidar (52), Yon Suhatman (42) dan Yerisman (43) melaporkan warga senagari mereka di Simpang Tonang, “Np”(35) karena teriming-iming janji investasi.  .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM