Bawaslu Hentikan Penanganan, Suhatri Bur Tak Terbukti Langgar UU Pemilu


Kamis, 14 Maret 2019 - 11:07:25 WIB
Bawaslu Hentikan Penanganan, Suhatri Bur Tak Terbukti Langgar UU Pemilu Wakil Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur

PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM—Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Padang Pariaman menghentikan penanganan dugaan pelanggaran tindak pidana pemilu oleh Wakil Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur. Hasil rapat pleno menunjukkan bahwa unsur pelanggaran yang disangkakan kepada terlapor tidak terpenuhi.

"Pleno sudah kami gelar Selasa lalu. Sebelum menetapkan penghentian penanganan dugaan pelanggaran, kami Sentra Gakkumdu Bawaslu Kabupaten Padang Pariman dalam sidang pembahasan kedua menyimpulkan bahwa unsur disangkakan dilanggar itu tidak terpenuhi," kata Ketua Bawaslu Kabupaten Padang Pariaman, Anton Ishaq.

Menurut Anton, penyampaikan kata sambutan oleh Suhatri Bur dalam kegiatan Maulid Nabi yang diduga mengandung unsur pelanggaran, tidak dapat dikategorikan sebagai kegiatan kampanye. Anton merincikan, pada pasal 1 ayat 35 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilu, kampanye disebutkan sebagai kegiatan peserta pemilu atau pihak lain yang ditunjuk oleh peserta pemilu untuk meyakinkan pemilih dengan menawarkan visi, misi, program dan/atau citra diri.

"Unsur kegiatan kampanyenya tidak terpenuhi, karena dari klarifikasi yang dilakukan, rekaman video, keterangan terlapor, dan keterangan saksi, tidak ditemukan tindakan terlapor yang berusaha meyakinkan pemilih dengan menawarkan visi, misi, dan program," kata Anton merincikan.

Anton meneruskan, dugaan pelanggaran tersebut juga tidak memenuhi unsur dalam pasal 547 tentang tindakan kepala daerah yang dengan sengaja membuat keputusan yang merugikan atau menguntungkan peserta pemilu pada masa kampanye.

Setelah menetapkan penghentian penanganan dugaan pelanggaran tersebut, Bawaslu Kabupaten Padang Pariaman langsung mengirimkan status penghentian penanganan dugaan pelanggaran tersebut kepada pihak terlapor.



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM