Sumbar Dijatah 1.290 Kartu Elpiji


Jumat, 15 Maret 2019 - 10:49:09 WIB
Sumbar Dijatah 1.290 Kartu Elpiji Ilustrasi (haluan)

PADANG, HARIANHALUAN.COM—Sumatra Barat bakal menerima kartu subsidi elpiji untuk 1.290 rumah tangga. Namun hingga saat ini, belum ada informasi lebih lanjut terkait pendistribusian kartu subsidi tersebut.

"Memang pernah ada wacana untuk membagikan kartu subsidi elpiji. Tetapi seperti apa detilnya, kami mendapat informasi apa-apa," kata Kepala Biro Perekonomian Setdaprov Sumbar, Irsad kepada Haluan, Kamis (14/3).

Selain Sumbar, terdapat enam provinsi lain yang bakal menjadi wilayah uji coba penggunaan kartu subsidi elpiji. Keenamnya antara lain, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Banten, Yogyakarta, dan Sulawesi Utara.

Kepala Unit Komunikasi dan Pengelolaan Pengetahuan TNP2K, Ruddy Gobel menyebutkan bahwa uji coba pertama akan berlangsung setelah Pemilu 2019, tepatnya pada 22 April mendatang. Sedangkan uji coba kedua akan berlangsung pada bulan Mei. Untuk saat ini, pihaknya masih menjalankan proses registrasi.

"Rencananya, ke depan penyaluran elpiji bersubsidi akan menggunakan mekanisme biometrik atau kartu subsidi. Dan untuk uji coba mendatang, ada sebanyak 14.193 rumah tangga di tujuh provinsi yang akan ikut," tutur Ruddy.

Ia menerangkan, ada tiga metode yang digunakan dalam proses uji coba ini. Pertama, menggunakan e-voucher yang dikirimkan melalui SMS melalui mitra BNI. Kedua, menggunakan biometrik lewat mitra BRI. Ketiga, menggunakan KTP-el dan biometrik melalui mitra Bank Mandiri.

Setelah uji coba selesai, barulah dilakukan evaluasi dan pembahasan lebih jauh, terkait apakah program ini akan dilanjutkan atau tidak. (h/mg-dan)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM