Ratusan Siswa di Payakumbuh Salat Gaib untuk Korban Pembunuhan di Selandia Baru


Ahad, 17 Maret 2019 - 23:11:46 WIB
Ratusan Siswa di Payakumbuh Salat Gaib untuk Korban Pembunuhan di Selandia Baru Siswa ICBS shalat ghaib di masjid Ashoidi, kompleks putra ICBS Padang Kaduduak, Kota Payakumbuh, Sabtu malam (16/3). IST

PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM--Ratusan siswa Insan Cendekia Boarding School (ICBS) melaksanakan salat gaib untuk kaum muslimin yang menjadi korban penembakan di Masjid Al Noor, Christchurch, Selandia Baru. Salat gaib diimami langsung oleh Pimpinan ICBS Payakumbuh Ustad Roni Patihan di Masjid Ashoidi, kompleks putra ICBS Padang Kaduduak, Kota Payakumbuh, Sabtu(16/3).

"Kami keluarga besar ICBS merasa berduka dengan kejadian tersebut. Melalui salat gaib ini, kami mendoakan muslim yang menjadi korban diberikan ampunan dan dinilai syahid di sisi Allah," ujar Roni.

Di hadapan para siswa, alumni LIPIA Jakarta itu menjelaskan bahwa shalat gaib adalah salat jenazah yang dilakukan umat Islam terhadap saudaranya sesama muslim yang wafat, tetapi jenazahnya tidak berada di depan orang yang melakukan salat jenazah itu, melainkan di tempat lain.

"Dalilnya ada pada hadits riwayat Imam Bukhari, bahwa Rasulullah SAW mengumumkan kematian An-Najasyi pada hari kematiannya. Kemudian beliau keluar menuju tempat shalat lalu beliau membariskan shaf kemudian bertakbir empat kali," tuturnya.

Roni menyampaikan, ajaran Islam adalah ajaran yang wasathiyah (moderat) dan menentang bentuk terorisme dalam bentuk apa pun.

"Di ICBS, ajaran Islam yang wasathiyah ini yang terus ditanamkan kepada para siswa hingga menjadi generasi yang islami, cerdas, mandiri, dan berprestasi," ucapnya.

Salat gaib juga digelar di lokasi kampus ICBS Payakumbuh yang lain yakni di Lampasi dan Harau. Minggu pagi (17/3), di kompleks putri Ummul Qura Lampasi, para siswi terpantau melaksanakan shalat gaib diimami oleh Ustad Okta Veldi. (mg-ari)

 

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]