Pencari Lokan Bertarung Melawan Buaya di Pasbar


Senin, 18 Maret 2019 - 12:32:30 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Pencari Lokan Bertarung Melawan Buaya di Pasbar Korban terlihat sedang dalam perawatan tim medis RSUD Pasbar. Osniwati

PASBAR, HARIANHALUAN.COM-Buaya sudah mulai mengancam warga di Kecamatan Sasak Ranah Pasisie, Kabupaten Pasaman Barat. Seorang pencari lokan menjadi korban dan nyaris tewas dimangsa buaya. 

Camat Sasak Ranah Pasisie, Ezi Zein, mengatakan, kejadian yang bermula pada Kamis (14/3)  lalu saat seorang warga Simpang Tiga Mauluddin (60) mencari lokan di Aliran Sungai Batang Saman. Saat korban tengah mencari lokan, tiba-tiba buaya datang menggigit kepala korban. 

"Saat ini di aliran sungai tersebut sudah kami pasang tanda bahaya atau pemberitahuan ada buaya. Sehingga masyarakat diminta hati-hati ketika beraktivitas di aliran sungai tersebut,"terang Ezi Zein.

Ia menambahkan, awalnya korban berangkat ke lokasi itu untuk mencari lokan bersama 9 orang rekannya.

"Biasa, dengan cara menyelam. Nah, saat asyik menyelam itulah, korban kemudian tiba-tiba diserang buaya muara lalu menggigitnya. Melihat kejadian itu, ke sembilan rekan lainnnya berusaha memberikan pertolongan menarik korban, dan bertarung melawan buaya dengan cara memulkulnya. Buaya yang merasa terancam, kemudian melepaskan gigitannya dan lari ketengah sungai,"ucap Ezi Zein.

Korban sempat di evakuasi dan dilarikan ke rumah sakit. Karena mengalami luka gigit yang cukup serius di bagian kepalanya. Korban sempat dirawat di RSUD Pasbar. Namun, sekarang korban sudah pulang ke rumahnya dan rawat jalan. 

Ia menghimbau agar kejadian serupa tidak terulang, diminta kepada warga agar berhati-hati dalam beraktifitas di Aliran Sungan Batang Saman, terutama disekitar lokasi kejadian. 

"Kami minta warga waspada dan tidak melakukan aktifitas berlebihan di sekitar lokasi," tuturnya. (h/ows)

 

 



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 29 Maret 2019 - 11:03:25 WIB

    Modifikasi Surat Pencari Suaka, Nasib WNA Asal Uganda di Ujung Tanduk

    Modifikasi Surat Pencari Suaka, Nasib WNA Asal Uganda di Ujung Tanduk BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM—Warga Negara Asing (WNA) pencari suaka asal Uganda bernama Abdul Rasyid Mitala, yang diamankan petugas Imigrasi Kelas II Non TPI Agam di Jorong PSB, Nagari Gadut, Tilatang Kamang, Agam pada Kam.
  • Rabu, 02 Januari 2019 - 11:00:49 WIB

    Tiga Pencari Ikan di Pasbar Diseret Air Bah

    Tiga Pencari Ikan di Pasbar Diseret Air Bah PADANG, HARIANHALUAN.COM – Tiga pencari ikan di Kabupaten Pasaman Barat hanyut terseret air bah. Satu di antaranya menyelamatkan diri, satu orang ditemukan tewas setelah terseret air bah sejauh 20 kilometer. Satu lainnya ma.
  • Selasa, 13 November 2018 - 12:02:08 WIB

    Sepekan Pencarian, Emon Ditemukan Tak Bernyawa di Batang Bangko

    Sepekan Pencarian, Emon Ditemukan Tak Bernyawa di Batang Bangko SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM -- Korban hanyut di Batang Bangko, Emon (52) akhirnya ditemukan tak bernyawa setelah sepekan pencarian sejak kejadian pada Senin (5/11). Korban ditemukan oleh dua puluh orang warga yang melakuk.
  • Selasa, 25 September 2018 - 18:32:58 WIB

    Maling Rumah Warga di Alahan Panjang, Pencari Barang Bekas Diciduk Polisi

    Maling Rumah Warga di Alahan Panjang, Pencari Barang Bekas Diciduk Polisi AROSUKA, HARIANHALUAN.COM--Jajaran Polsek Lembah Gumanti Kabupaten Solok berhasil mengamankan seorang pria yang diduga sebagai pelaku pencurian uang di Nagari Alahan Panjang, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Sela.
  • Rabu, 08 Agustus 2018 - 19:31:40 WIB

    Pencarian Korban Kapal Tenggelam di Mentawai Gunakan Pesawat TNI AL

    Pencarian Korban Kapal Tenggelam di Mentawai Gunakan Pesawat TNI AL MENTAWAI, HARIANHALUAN.COM — Empat korban kapal Arung Samudra dengan lambung "Mama Muda 04" yang diselamatkan nelayan Sikakap dipulangkan ke Bengkulu menggunakan Pesawat Cassa TNI Angkatan Laut, Rabu (8/8)..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM