Oknum Caleg PKS di Pasbar yang Diduga Cabul Ditangkap di Padang


Senin, 18 Maret 2019 - 19:26:16 WIB
Oknum Caleg PKS di Pasbar yang Diduga Cabul Ditangkap di Padang Oknum Caleg PKS di Pasaman Barat, AH menjalani pemeriksaan di Mapolres Pasbar setelah ditangkap di Padang, Minggu (17/3) dalam sempat melarikan diri ke Jakarta dan Jawa Barat. IST

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Oknum Caleg PKS di Pasaman Barat yang dilaporkan mencabuli putri kandungnya sendiri, “AH” berhasil ditangkap jajaran Reskrim Polres Pasaman Barat, Minggu (17/3). Ia justru ditangkap di Padang setelah sempat terdeteksi berada di Jawa Barat.

Kapolres Pasaman Barat AKBP Iman Pribadi Santoso SIK yang dihubungi Haluan tadi malam mengatakan, sebelum menangkap pelaku, anggotanya sempat mendeteksi keberadaan AH di Jakarta dan Depok, Jawa Barat. Hal ini terungkap setelah mereka melalukan koordinasi dengan kepolisian setempat.

“Ya, kami sudah mendeteksi keberadaannya. Namun, begitu mengetahui ia menghilang dari pelariannya dan terlacak hendak kembali ke Sumbar, kami siaga,”katanya.

Lebih jauh, Kasat Reskrim AKP Afrides Roema menuturkan, tersangka ditangkap ketika sedang menunggu mobil di tepi jalan dekat Pauh, Padang sebelumnya datang dari Jakarta menggunakan jalur darat.

Dijelaskan AKP Afrides AH sebelumnya telah melarikan diri dari Pasaman Barat ketika kasusnya mulai terkuak. Sebelum ditangkap, AH terdeteksi berada di Jakarta, kemudian berpindah ke Depok.

"Sabtu kemarin, tim yang dipimpin Kasat Reskrim berangkat ke Depok dan berkoordinasi dengan Polda setempat. Namun, AH berhasil kabur dari Depok menuju Padang dengan menggunakan jalur darat menggunakan bus ALS," katanya.

Sesampai di Kota Solok, AH turun dari bus AKAP dan menggunakan mobil travel menuju Kota Padang dan turun di Pauh Padang. 

"Diduga tersangka ingin mengelabui petugas dengan ganti mobil dan pangkas rambut di Pauh Padang," ujarnya.

"Pada Sabtu tim yang dipimpin Kasat Reskrim berangkat ke Depok dan berkoordinasi dengan Polda setempat. Namun, AH berhasil kabur dari Depok menuju Padang dengan menggunakan jalur darat menggunakan bus ALS," ujarnya.

Diketahui AH  berstatus tersangka setelah penyidik mendapatkan dua alat bukti. Penyidik melakukan pemeriksaan saksi-saksi terkait kasus ini. Polisi juga melibatkan psikolog setempat.

"Sudah lima saksi yang diperiksa. Selain korban, penyidik keterangan keluarganya, dua orang bidan dari rumah sakit," ujar Iman.

Sebelumnya, Kasat Reskrim Polres Pasaman Barat, AKP Afrides Roema, pada Rabu (13/3) kepada mengatakan, kepolisian melakukan penyelidikan atas laporan pencabulan.

"Benar, ada laporan masuk pada Kamis 7 Maret lalu atas dugaan seorang ayah melakukan pencabulan terhadap anak kandung sendiri. Terlapornya berinisial AH. Kami sudah tindak lanjuti laporan tersebut. Saat ini masih penyelidikan karena yang bersangkutan dikabarkan kabur ke Pulau Jawa,” kata Afrides.

Terkait dilaporkannya salah seorang Caleg dari partainya atas dugaan pencabulan tersebut, Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PKS Pasaman Barat, Fajri Yustian, kepada wartawan mengatakan, caleg berinisial AH bukanlah kader asli dari Partai Keadilan Sejahtera, melainkan caleg rekrutan eksternal yang dipilih dengan berbagai pertimbangan.

“Untuk soal pribadinya, tentu kami tidak tahu sampai sejauh ini. Tentunya kalau memang itu terjadi, kami tidak menduga karena yang bersangkutan terlihat baik dan rajin beribadah,” kata Fajri.

Secara sikap partai, sambung Fajri, PKS jelas sangat mengecam perilaku bejat sebagaimana diduga dilakukan oleh salah seorang Caleg tersebut. Ia pun akan mengambil tindakan tegas terkait ulah oknum caleg tersebut, yang secara tidak langsung telah merugikan nama baik partai karena perbuatannya.

“Kami akan melakukan tindakan tegas agar jangan sampai merugikan partai. Saya sudah koordinasi dengan teman-teman. Terus terang saja, dia itu “binatang” bukan manusia, siapa pun yang melakukan hal seperti itu, maka itu binatang bukan manusia. Sekarang kami menganggap dia tidak ada," ucap Fajri dengan nada kesal.(h/oos/mat)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 16 Mei 2019 - 00:24:43 WIB

    Oknum Pegawai BRI Ditahan Jaksa Terkait Dugaan Gelapkan Dana Kredit Nasabah

    Oknum Pegawai BRI Ditahan Jaksa Terkait Dugaan Gelapkan Dana Kredit Nasabah PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM – Lagi oknum pegawai bank berulah. Kali ini Kejaksaan Negeri Payakumbuh menahan salah seorang tersangka yang diduga melakukan tindakan korupsi uang milik bank. Penahanan tersangka inisial AG ter.
  • Selasa, 04 Desember 2018 - 19:23:52 WIB

    Bupati Pessel Bakal Laporkan Oknum yang Terlibat Ilegal Logging ke Polda

    Bupati Pessel Bakal Laporkan Oknum yang Terlibat Ilegal Logging ke Polda PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Bupati Pessel, Hendrajoni, menyebutkan oknum yang terlibat praktik ilegal logging di Kambang, Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan, akan dilaporkan ke Polda Sumatera Barat (Sumbar). .
  • Rabu, 29 Agustus 2018 - 22:20:10 WIB

    Perampok Uang Rp3,5 Miliar di Agam Diciduk, Oknum Sekuriti  BSM Terlibat

    Perampok Uang Rp3,5 Miliar di Agam Diciduk, Oknum Sekuriti  BSM Terlibat BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM - Polres Bukittinggi berhasil mengungkap kasus perampokan Bank Syariah Mandiri (BSM) Kantor Cabang Pembantu (KCP)Aur Kuning. Sebanyak 5 tersangka berhasil ditangkap jajaran Satreskrim Polres Buki.
  • Kamis, 24 Mei 2018 - 19:43:39 WIB

    Oknum Pejabat Dinas Pendidikan Pessel Kena OTT

    Oknum Pejabat Dinas Pendidikan Pessel Kena OTT PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Kejaksaan Negeri Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, melakukan Operasi Tangkap Tangan  (OTT) terhadap seorang oknum pejabat eselon IV pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pessel, pada Rabu (23/5), .
  • Selasa, 03 April 2018 - 21:00:52 WIB

    Diduga Edarkan Sabu, Oknum Polisi Diciduk Bersama SPG Rokok

    Diduga Edarkan Sabu, Oknum Polisi Diciduk Bersama SPG Rokok PADANG, HARIANHALUAN.COM-- Satu orang oknum kepolisian dari Polres Solok Selatan diibekuk tim Satres Narkoba Polresta Padang di Hotel Daima, Jendral Sudirman, Padang, Senin (2/4) malam sekitar pukul 21.00 WIB..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM