Wacana Daerah Istimewa Minangkabau Kembali Berdengung


Selasa, 19 Maret 2019 - 11:47:03 WIB
Wacana Daerah Istimewa Minangkabau Kembali Berdengung SEKRETARIAT DIM--Anggota DPD RI H. Leonardy Harmainy Dt. Bandaro Basa foto bersama usai pertemuan dengan Badan Persiapan Provinsi Daerah Istimewa Minangkabau, tokoh-tokoh pendukungnya dan para Lurah di Kecamatan Nanggalo, Sabtu (16/3). IST

Namun begitu, ia juga mengakui, perjuangan ini dapat dikatakan agak terlambat. Bisa jadi hal itu disebabkan karena belum satu suara dalam memperjuangkannya, atau karena perjuangan yang ada selama ini masih bersifat parsial sehingga terkesan ekslusif.

“Kini saatnya merapatkan barisan. Masyarakat di 19 kabupaten/kota mesti satu suara,” katanya.

Di sinilah peran dari BP2DIM sangat diperlukan. Belum lagi dengan adanya Focus Grup Discussion (FGD) yang difasilitasi oleh Pemko Padang pada 20 Februari lalu, lurah beserta jajaran harusnya tidak ragu lagi dalam memberikan kontribusi nyata.

“Lanjutkan perjuangan itu. Namun tentu ada baiknya desakan-desakan dari berbagai elemen diperlukan juga untuk mendorong pemerintah untuk melaksanakan amanat undang-undang ini,” ujar Leonardy.

Sementara itu, Ketua BP2DIM, Wellya Roza mengatakan, pertemuan dengan anggota DPD RI telah memberi harapan kepada pengurus BP2DIM untuk terus berjuang. Saat ini, ucapnya, BP2DIM telah mempunyai sekretariat. Keberadaan sekretariat tersebut semakin mengokohkan perjuangan BP2DIM untuk merealisasikan DIM.

“Setelah ada sekretariat, perjuangan tentunya akan lebih fokus. Bahkan, FGD pun bisa dilaksanakan dengan dukungan dari Pemko Padang,” ujarnya.

Sedangkan Ketua LKAAM Sumbar, Sayuti Datuak Rajo Pangulu menyebutkan, kehadiran Leonardy dalam pertemuan BP2DIM ikut memberikan semangat yang kuat bagi perjuangan BP2DIM ke depannya.

“Kehadiran pejabat negara memberikan arti tersendiri bagi perjuangan ini,” ucapnya. (h/mg-dan)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM