Muhamad Havis, Derita Bocor Jantung Menunggu Uluran Dermawan untuk Biaya Pengobatan 


Selasa, 19 Maret 2019 - 19:22:16 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Muhamad Havis, Derita Bocor Jantung Menunggu Uluran Dermawan untuk Biaya Pengobatan  Anggota DPRD Sumbar, Endarmy saat menjenguk Havis yang menderita jantung bocor. Ist

PADANG, HARIANHALUAN.COM- Muhamad Havis (9), tengah menunggu uluran tangan dermawan untuk biaya pengobatan penyakit ventricular septal defect (VSD) atau jantung bocor yang telah dideritanya selama satu tahun belakangan. 

Havis adalah warga Korong  Bari Nagari Sicincin. Bocah yang masih duduk di kelas tiga Sekolah Dasar (SD) berasal dari keluarga kurang mampu. Ibunya Yeni Laura mengalami tuna rungu, sedangkan ayahnya yang bermana Martinus hanya mengandalkan pekerjaan sebagai petani untuk mencukupi ekonomi keluarga.

Berangkat dari dari kondisi Havis masyarakat sekitar telah pernah melakukan penggalangan dana untuk meringankan biaya pengobatan. Namun, sampai sekarang belum ada perkembangan signifikan dari pengobatan yang ia jalani.

Anggota DPRD Sumbar Daerah Pemilihan (Dapil) Padangpariaman Endarmy yang telah menjenguk keadaan Havis mengungkapkan keprihatinannya. Ia berharap pemerintah setempat memberikan akses pengobatan untuk menyembuhkan Havis.

Ia mengatakan, apapun yang menjadi keluahan masyarakat pemerintah harus hadir untuk membantu.

“Beberapa waktu lalu saya mengunjungi Havis bersama Majelis Taqlim BKMT, dalam kesempatan itu memberikan bantuan sebesar Rp 1,000.000 hasil dari swadaya anggota,” ujar Endarmy, Selasa (19/3).

Ia berharap, ada lebih banyak uluran tangan para dermawan meringankan beban keluarga Havis untuk membantu biaya pengobatan anak tersebut. 
Meskipun keluarga memiliki fasilitas BPJS untuk proses pengobatan, kata dia, dukungan materil dari mereka yang mau peduli tidak boleh berhenti untuk mengatisipasi hal-hal yang lebih buruk.
"Sekarang keadaan Havis tengah fokus menjalani proses pengobatan , sehingga untuk kegiatan sekolah diistirahatkan,” katanya.   
Sementara itu Wali Korong Bari, Anas mengatakan dalam beberapa bulan terakhir kondisi Havis semakin memburuk , hal itu ditandai dengan badan yang semakin kurus dan tidak bisa seaktif biasanya.
Dalam, proses pengobatan, rumah sakit M Jamil Padang telah melakukan proses rujukan ke rumah sakit yang berada di ibukota , namun masyarakat tengah melakukan upaya dan menggalang dana untuk bekal Havis menjalani proses pengobatan di Jakarta 

"Proses rujukan tengah berlangsung setelah itu, Havis akan diberangkatkan,” katanya.
Tidak hanya warga, lanjut Anas, simpati juga datang dari perantau Padang Pariaman yang berdomisili di Jakarta, meraka siap mefasilitasi biaya pengobatan Havis.

Ia mengatakan, sumbangan terus berdatangan masyarakat yang berjualan di pasar Padang Pariaman juga sedang menggalang dana, ia berharap kepedulian terhadap Havis tidak berhenti.

"Semoga pemerintah memberikan kontribusi optimal dalam menanggapi penyakit yang diderita masyarakat, prioritaskan kaum ekonomi lemah agar pemerataan kesehatan dapat terwujud, khususnya di Kabupaten Padangpariaman,” tuturnya. (h/len)

 



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM