Jalan Mandeh Bakal Masuk Rute TdS


Selasa, 19 Maret 2019 - 21:46:27 WIB
Jalan Mandeh Bakal Masuk Rute TdS Dokumentasi Haluan

PADANG, HARIANHALUAN.COM — Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) berencana akan memasukkan jalan akses menuju Kawasan Wisata Terpadu (KWT) Mandeh ke dalam salah satu rute balap sepeda tahunan, Tour de Singkarak (TdS). Pengkajian terkait wacana tersebut saat ini tengah dilakukan.

"Memang ada wacana untuk menjadikan jalan akses Mandeh sebagai salah satu rute TdS, dan saat ini tengah dikaji. Tentu nanti akan berbagai pertimbangan dari tim teknis TdS," ujar Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Oni Yulvian kepada Haluan, Selasa (19/3).

Pertimbangan-pertimbangan tersebut, ucapnya, tak hanya sebatas pertimbangan teknis, seperti apakah jalan Mandeh layak ditempuh oleh pebalap TdS. Akan tetapi juga menyangkut berbagai unsur-unsur non-teknis.

"Kami dari provinsi menginginkan jalan Mandeh menjadi rute TdS. Namun tentu tidak hanya cukup dengan keinginan saja. Bagaimanapun ada hal-hal yang mesti disesuaikan dengan kebutuhan teknis dan non-teknis penyelenggaraan iven balap sepeda tingkat dunia," tutur Oni.

Kendati demikian, ia melihat potensi jalan akses Mandeh menjadi rute TdS cukup terbuka lebar. Selain akan menambah variasi dalam penyelenggaraan TdS, masuknya Mandeh sebagai salah satu rute juga akan meningkatkan promisi pariwisata Sumbar ke kancah internasional.

"TdS kan tidak cuma semata-mata perihal balap sepeda. Akan tetapi, bagaimana melalui iven ini kita bisa mempromosikan pariwisata Sumbar ke seluruh dunia. Seperti yang kita tahu, Mandeh adalah satu spot wisata terindah di ranah Minang," kata Oni.

Hal yang serupa juga disampaikan oleh Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit. Ia mengatakan bahwa pihaknya akan segera membicarakan hal ini dengan Pemkab Pesisir Selatan.

"TdS itu kan satu jalur. Kalau memang nanti dari Dinas Pariwisata dan Pemkab Pessel mengarahkan ke rute Mandeh, bisa saja. Boleh jadi nanti dibuat garis start-nya di Mandeh, lalu finish di Pariaman. Namun, itu kembali lagi, Bupati dan Kadis Pariwisata maunya seperti apa. Pokoknya yang jelas, saya pribadi mendukung wacana ini. Kalau perlu mulai promosinya dari sekarang," ucapnya. (h/mg-dan)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 26 Mei 2019 - 23:05:35 WIB

     Jelang Laga Final Liga Eropa, Suporter Arsenal dan  Chelsea   Harus  Berjalan 2.500 Mil 

     Jelang Laga Final Liga Eropa, Suporter Arsenal dan  Chelsea   Harus  Berjalan 2.500 Mil  HARIANHALUAN.COM- Laga final Liga Europa yang akan mempertemukan dua klub London Inggris, Chelsea dan Arsenal akan berlangsung di Baku Olympic Stadium, Baku, Azerbaijan pada Kamis (30/5/2019) dini hari WIB. Lokasi final yang.
  • Rabu, 07 November 2018 - 19:23:52 WIB

    Jalur TdS Etape V Limapuluh Kota 'Dihantui' Jalan Berlumpur dan Bau

    Jalur TdS Etape V Limapuluh Kota 'Dihantui' Jalan Berlumpur dan Bau LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM--Ratusan pebalap sepeda Tour de Singkarak (TdS) bakal terkejut melintasi sejumlah ruas di jalur etape V yang diselenggarakan pada  Kamis (8/11). Setelah star di kantor Bupati Limapuluh Kota,.
  • Senin, 29 Agustus 2016 - 09:58:42 WIB

    Eks Timnas Bosnia Jalani Seleksi di Semen Padang

    Eks Timnas Bosnia Jalani Seleksi di Semen Padang PADANG, HALUAN – Semen Padang FC bergerak cepat usai menuntaskan laga terakhir di putaran pertama di Gresik saat dijamu Persegres Gresik United. Tim pelatih menyeleksi eks Timnas Bosnia Maumer Svraka..
  • Sabtu, 13 Agustus 2016 - 04:19:25 WIB
    OLIMPIADE 2016

    Laga Pertama Tommy Berjalan Mulus

    Laga Pertama Tommy Berjalan Mulus Rio de Janeiro, Ha­luan — Pebulutangkis tung­gal putra Indonesia Tom­my Sugiarto me­me­nangi laga pertamanya di Olim­piade 2016 dengan mulus. Meng­hadapi Howard Shu dari Amerika Serikat, Tommy menang dua gim langsun.
  • Rabu, 04 Mei 2016 - 05:43:12 WIB
    Pembayaran Belum Lunas

    Rio Bisa Berhenti di Tengah Jalan

    Rio Bisa Berhenti di Tengah Jalan Jakarta, Haluan — Tim Manor berharap bisa mem­pertahankan Rio Haryanto sampai akhir musim. Tapi karena masalah pembayaran sponsor, belum diketahui sampai kapan Rio bertahan di sana. Meski sudah men­jalani empat balapan d.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM