Agus Nasabah Bank Nagari, dari Gerobak Dorong Jadi Pengusaha Restoran


Rabu, 20 Maret 2019 - 17:17:21 WIB
Agus Nasabah Bank Nagari, dari Gerobak Dorong Jadi Pengusaha Restoran Agus Puji Harmoyo

Oleh : Afrianita/Wartawan Haluan

PADANG, HARIANHALUAN.COM- Berawal dari gerobak dorong, kini Agus Puji Harmoyo (46), pemilik kuliner Ayam Rica-rica Mas Bagus, sudah punya 18 orang karyawan.

Awal berjualan, ia hanya mampu menyewa pelataran sebuah toko di Simpang Kinol, sebagai tempat menaruh gerobak dorongnya.

Namun kini di tempat yang sama, dua ruko dengan sewa Rp100 juta per tahun/unit atau total Rp200 Juta untuk dua ruko bertingkat, sanggup ia bayar.

Sehari, ia bisa meraup omset Rp30 Juta dari dua unit rukonya Pusat Kuliner Simpang Kinol Jl. Tepi Pasang No.85-87 Kelurahan Pondok, Padang,

Agus, adalah salah satu dari contoh pelaku usaha kecil yang tumbuh bersama Bank Nagari atau Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sumatera Barat.

Agus, pria asal Jawa yang merantau ke Sumbar sejak tahun 1988 tersebut, masih ingat betul waktu pertama kali ia dibantu Bank Nagari.

Tahun 2008 tepatnya, ia mendapatkan bantuan pembiayaan dari Bank Nagari Cabang Pembantu UNP sebanyak Rp100 Juta.

Dengan bantuan modal itu, ia gunakan untuk menyewa ruko di tempat ia berdagang sekarang. Waktu itu sewa ruko masih Rp40 Juta setahun.

Sisanya, untuk modal dan kelengkapan berdagang lainnya. Dengan punya tempat berdagang yang tetap, pendapatannya juga meningkat.

Dalam waktu dua tahun, ia bisa melunasi pinjamannya. Pembiayaan yang diberikan Bank Nagari pun semakin besar seiring besarnya usahanya.

Tahun 2010-2015 adalah puncak kejayaan usahanya. Kalau malam minggu, omset satu rukonya bisa mencapai Rp35 Juta sehari.

Hingga kini, sudah lebih dari 10 tahun Agus menjadi mitra setia Bank Nagari. Usahanya terus berkembang pesat, dengan bantuan Bank Nagari.

Agus adalah bukti nyata dari kiprah Bank Nagari dalam membangun negeri. Tak hanya slogan semata, namun bank ini  telah memberi bukti nyata, Membina Citra Membangun Negeri.

Pada Selasa 12 Maret 2019 lalu, bank kebanggaan masyarakat Sumbar itu telah genap berusia 57 tahun. Mengusung moto “Sinergi dan Inovasi” Bank Nagari terus memacu diri.

Bank Nagari terus berinovasi memperkuat segmen mikro dan UMKM serta terus melek terhadap perkembangan teknologi terkini perbankan.

Direktur Utama Bank Nagari Dedy Ihsan mengatakan, kredit yang sudah diberikan oleh Bank Nagari hingga akhir 2018 adalah sebanyak Rp17,58 Triliun.

Dari total pembiayaan tersebut, dominan dikucurkan untuk membantu permodalan sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Sementara itu total aset yang dimiliki bank pelat merah itu sebanyak Rp23,3 Triliun. Dana Pihak Ketiga (DPK) Rp18,18 Triliun dan laba bersih Rp346,7 Miliar.

Dedy Ihsan mengatakan disaat posisi perekonomian yang belum membaik, bank ini masih dapat tumbuh dan menghasilkan laba yang cukup baik.

Dalam hal teknologi perbankan, bank ini juga tak ketinggalan. Berbagai teknologi perbankan terkini, sudah melekat dengan Bank Nagari.

 

Dengan Nagari Mobile Banking, layanan Bank Nagari kini dalam genggaman nasabah. Tak perlu harus ke ATM, atau repot antre di teller bank.

Sejumlah transaksi keuangan, dapat diakses langsung oleh nasabah melalui ponsel pintar yang sifatnya real time, langsung masuk saat itu juga.

Jenis layanan yang diberikan Nagari Mobile Banking ini antara lain, informasi saldo, history transaksi, informasi lokasi kantor, ATM dan produk bank.

Juga layanan transfer antar rekening, antar bank dan virtual account, pembayaran semua tagihan (listrik, air, telepon, TV kabel, BPJS, uang kuliah dan lainnya).

Dengan layanan tersebut, diharapkan akan semakin memudahkan nasabah dan Bank Nagari akan semakin diminati dan selalu di hati masyarakat Sumatera Barat.

Sebagai bank pembangunan daerah, Bank Nagari telah menjalankan perannya dengan menjaga kiprahnya sebagai penggerak ekonomi daerah.

Tak melulu terpukau dengan kucuran dana daerah, tapi lebih dari itu, melakukan berbagai inovasi yang membuatnya semakin berarti.

Bank Nagari tumbuh besar bersama masyarakat Sumbar. Terus menunjukkan kiprahnya dalam membangun nagari.

Berbagai prestasi yang sudah diraih semakin menunjukkan jati dirinya yang semakin berarti bagi daerahnya dan juga skala yang lebih global. (*)




Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 17 September 2016 - 01:50:14 WIB

    Hingga Agustus 2016, Wholesales Daihatsu Capai 116.999 Unit

    Hingga Agustus 2016, Wholesales Daihatsu Capai 116.999 Unit JAKARTA, HALUAN — PT Astra Daihatsu Motor (ADM) melewati bulan kedelapan pada 2016 dengan penjualan yang cukup baik. Selama periode Januari sampai Agustus 2016, penjualan Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) kepada diler (who.
  • Kamis, 23 Juni 2016 - 04:22:10 WIB
    Kerupuk Sagu Mandiri

    Pasar Bagus, Produksi Terkendala Mesin

    Pasar Bagus, Produksi Terkendala Mesin PADANG, HALUAN — Martinis memproduksi kerupuk sagu rata-rata 40 pak per 10 hari. Satu pak ia jual Rp20.000. Kerupuk itu ia titipkan ke lebih dari 25 warung di Kota Padang. Harga eceran sejak setahun lalu ia tingkatkan menj.
  • Selasa, 19 April 2016 - 02:58:29 WIB

    Cinema XXI di Padang Akan Dibuka pada Agustus

    PADANG, HALUAN — Masyarakat Kota Padang yang berencana menonton film AADC? 2 di Cinema XXI di Plaza Andalas (PA), Padang, sesuai jadwal tayang film tersebut, yakni pada akhir April ini, silakan mencari bioskop lain karena C.
  • Senin, 22 Februari 2016 - 02:29:42 WIB

    Blokir Netflix, Penjualan IndiHome Makin Bagus

    BANDUNG, HALUAN — Direktur Consu­mer PT. Telekomunikasi Indo­nesia (Tel­kom), Dian Rachmawan mengatakan, dengan diblokirnya Netflix, pelanggan merasa telindungi, malah penjualan Indi­Home se­mang­kin bagus ini terliha.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM