Atasi Abrasi di Nagari Muara Kandis, Pusat Anggarkan Rp7,5 Miliyar


Rabu, 20 Maret 2019 - 18:41:23 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Atasi Abrasi di Nagari Muara Kandis, Pusat Anggarkan Rp7,5 Miliyar Seorang warga melintas di kawasan yang abrasi pantai di Nagari Muara Kandis, Kecamatan Linggo Sari Baganti, Kabupaten Pesisir Selatan, Rabu (20/3).

PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Sebagai upaya penanganan dampak abrasi pantai di Nagari Muara Kandis, Kecamatan Linggo Sari Baganti, Kabupaten Pesisir Selatan. Pemkab Pessel melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-PR) menganggarkan sebesar Rp7,5 miliar untuk pembangunan batu penahan ombak di daerah itu. 

"Jika tidak ada aral melintang, pengerjaan batu penahan ombak ini akan dimulai pada Kamis (21/3) ini," kata Kepala Dinas Pengelola Sumber Daya Air Pessel, Doni Gusrizal di Painan, Rabu (20/3).

Ia menyebutkan, peletakkan batu pertama rencananya bakal dilaksanakan oleh Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni dan pejabat dari Balai Besar Sungai wilayah V Sumatera Barat sebagai perwakilan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Menurut dia, batu penahan ombak itu akan dibangun dengan panjang mencapai 700 meter.

"Mudah-mudahan dengan dibangunnya batu penahan ombak tersebut, pemukiman dan tanaman masyarakat di sekitar kawasan Muara Kandis terbebas dari ancaman abrasi pantai," ujarnya. 

Lebih lanju kata dia, semenjak 2009 hingga sekarang, pihaknya mencatat abrasi pantai yang terjadi di Muara Kandis telah merusak dan memporak-porandakan lebih kurang 30 unit rumah.

"Jika tidak ditangani secepat mungkin, maka sekitar 50 unit rumah warga lainnya bakal terancam abrasi pantai," ucapnya. 

Sementara itu, Wali Nagari Muara Kandis Helkamsi, menyambut baik upaya pemerintah pusat membangun batu penahan ombak untuk meminimalisir dampak abrasi pantai yang mengancam ratusan rumah penduduk di daerah setempat.

Selain itu, ia berharap program tersebut terus berkesinambungan sesuai anggaran pusat agar pemukiman warga benar-benar aman dari ancaman abrasi. 

"Setidaknya dibutuhkan pembangunan batu penahan ombak sepanjang tiga kilometer, maka dengan pembangunan itu nagari kami benar-benar aman dari abrasi, seban telah mencakup garis pantai secara keseluruhan," ujarnya. (h/kis)

 



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 27 November 2018 - 11:40:25 WIB

    Libatkan Semua Pihak Atasi Perilaku Seks Menyimpang

    Libatkan Semua Pihak Atasi Perilaku Seks Menyimpang PADANG, HARIANHALUAN.COM- Anggota DPRD Sumbar daerah pemilihan (Dapil) Kota Padang Taufik Hidayat, meminta dinas terkait lakukan pembinaan terhadap penganut Lesbian Gay Bisexsual Transgender (LGBT) yang telah diamankan. Menur.
  • Kamis, 06 September 2018 - 12:22:42 WIB

    Job Fair Dinilai Ampuh Atasi Pengangguran

    Job Fair Dinilai Ampuh Atasi Pengangguran PADANG, HARIANHALUAN.COM—Sebanyak 39.844 jiwa warga Kota Padang masih terdaftar sebagai pencari kerja selama 2017 lalu. Jumlah tersebut diperkirakan terus menurun karena pada 2016 tercatat sebanyak 61.020 pencari kerja (pen.
  • Kamis, 24 Mei 2018 - 22:21:05 WIB

    Bantu Polres Pasaman Atasi Aksi Anarkis, Mobil Dandim Dirusak Massa

    Bantu Polres Pasaman Atasi Aksi Anarkis, Mobil Dandim Dirusak Massa PASAMAN, HARIANHALUAN.COM--Pengamanan aksi protes sekelompok warga di lokasi PT. Inexco Jaya Makmur (IJM), Kampung Parit Jorong Tonang Raya, Nagari Simpang Tonang, Kecamatan Duo Koto, Kabupaten Pasaman  mendapat pengawalan .
  • Rabu, 28 Maret 2018 - 16:23:27 WIB

    Jam Operasional Orgen Tunggal di Payakumbuh Bakal Dibatasi

    Jam Operasional Orgen Tunggal di Payakumbuh Bakal Dibatasi PADANG, HARIANHALUAN.COM--Penikmat musik orgen tunggal di Kota Payakumbuh bakal memiliki batas waktu mendengar lantunan suara biduannya. Batasan itu tertuang dalam Peraturan Walikota Payakumbuh..
  • Jumat, 23 Maret 2018 - 19:47:03 WIB

    Sudah Dibatasi Perda, Penjualan Miras di Padang Masih Bebas

    Sudah Dibatasi Perda, Penjualan Miras di Padang Masih Bebas PADANG, HARIANHALUAN.COM----Komisi A DPRD Kabupaten Ponorogo Provinsi Jawa Timur mengunjungi DPRD Kota Padang, belajar tentang Peraturan Daerah (Perda) Minuman Beralkohol..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM