Tower Sirine Tsunami di Mentawai Ternyata Tak Berfungsi 


Kamis, 21 Maret 2019 - 20:22:56 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Tower Sirine Tsunami di Mentawai Ternyata Tak Berfungsi  Tim BPBD Mentawai bersama TNI bongkar Tower EWS di Desa Sioban baru-baru ini. 

MENTAWAI, HARIANHALUAN.COM —  Tower Early Warning System (EWS) yang digunakan untuk sirine tsunami di Desa Sioban, Kecamatan Sipora Selatan, Kabuapaten Kepuluan Mentawai ternyata sudah lama tidak berfungsi. Hal itu diketahui setelah dilakukan pembongkaran karena nyaris tumbang ditimpa pohon kelapa saat angin kencang beberapa waktu lalu. 

Hal tersebut dikatakan Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Mentawai Amir Ahmari kepada Haluan baru-baru ini di Tuapejat, dimana tower yang hampir tumbang itu membahayakan masyarakat dan kabel listrik PLN yang ada di sekitar lokasi tower. 

"Kami posisinya sekarang menyelamatkan, jadi kami bongkar dan kami amankan di kantor BPBD, hal ini telah kita laporkan ke BNPB pusat, karena ini kewenangan pusat, termasuk pemeliharaan tower ada di pusat, nah tower ini sebelum dibongkar juga sudah tidak berfungsi, " ucapnya.

Ia menyebutkan sementar ini, sirine stunami di Kecamatan Sipora Selatan dalam keadaan kosong dan Ia juga telah meminta kepada pusat untuk segera mendirikan tower ESW tersebut."Kapan akan dibangun kita belum tau, yang jelas kita sudah laporkan hal ini ke pusat," timpalnya. 

Ia menyebutkan, sedikitnya di Kepulauan Mentawai terdapat 8 tower ESW untuk sirine tsunami yang dibangun oleh BNPB pusat diantaranya satu di Siberut Utara, Siberut Tengah, Siberut Selatan dan Siberut Barat Daya. Kemudian tiga di Kecamatan Sipora Utara, antara lain dua di Desa Tuapejat dan satu di Desa Betumonga, selanjutnya satu di Desa Sioban Kecamatan Sipora Selatan. (red)

 



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM