Polres Tanah Datar Ciduk Tersangka Pengedar Sabu dan Pencuri


Kamis, 21 Maret 2019 - 20:57:30 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Polres Tanah Datar Ciduk Tersangka Pengedar Sabu dan Pencuri Kapolres Tanah Datar AKBP Bayuaji Yudha Prajas didampingi Kasat Resnarkoba dan Kapolsek Lima Kaum menyampaikan release kasus penyalahgunaan narkotika dan pencurian di Mapolres. FERI MAULANA

TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM - Satuan Reserse Narkoba Polres Tanah Datar berhasil menggagalkan peredaran Narkotika golongan satu jenis sabu seberat satu ons dan menangkap pelaku yang merupakan resedivis, hal tersebut disampaikan Kapolres Tanah Datar AKBP Bayuaji Yudha Prajas, didampingi Kasat Resnarkoba Iptu Yadi Purnama, di Mapolres,Kamis (21/3). 

Barang haram seberat satu ons tersebut bernilai sekitar Rp200 juta dan akan dapat merusak kehidupan 500 generasi bangsa. Bayuaji menyebut anggotanya menangkap seorang pengedar bernama Randi Satria panggilan Randi (27), warga Jorong Tanjuang Lado Ateh Bukik, Nagari Pasie Laweh, Kecamatan Sungai Tarab.

Ia menjelaskan penangkapan tersangka berawal dari adanya laporan masyarakat bahwa pelaku Randi sering mengedarkan sabu di Kecamatan Salimpaung sehingga anggota Satresnarkoba melakukan pengintaian. Keberadaan Randi diketahui polisi saat berada dalam mobil bersama dua orang lainnya di depan SPBU Parak Juar, Nagari Baringin, Kecamatan Limo Kaum, pada Sabtu (16/3) 18.00 WIB dan langsung mengamankannya.

Saat digeledah, petugas menemukan satu paket sabu dibungkus plastik bening di bawah jok mobil sebelah kiri ditutup dengan karpet. Ketika dimintai keterangan, Randi mengaku memperoleh barang haram itu dari temannya berinisial HG, warga Nagari Situmbuak, Kecamatan Salimpaung, yang saat ini HG menjadi daftar pencarian orang (DPO) dan masih diburu polisi.

Tersangka Randi sudah ditahan di sel Mapolres Tanah Datar guna proses penyidikan selanjutnya dan barang bukti yang disita berupa satu paket sabu seberat 100 gram, kendaraan roda empat nomor polisi BA 1759 EY, dan dua buah gawai. Tersangka dijerat Pasal 114 ayat 2 dan Pasal 112 ayat 2 Undang-Undang nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman penjara 6 sampai 20 tahun penjara atau seumur hidup atau hukuman mati.

Bayuaji juga menyebutkan, telah diamankan satu orang tersangka pencurian di rumah wartawan Wirmas Darwis komplek perumahan Munggu Dama yang terjadi Desember tahun lalu, dalam pencurian tersebut pelaku berjumlah dua orang dan satu rekan korban masih dalam pengejaran polisi, diamankan satu buah handphone merek samsung tipe J 4.

Handphone tersebut semula digadaikan oleh tersangka kepada tetangganya, namun barang lain yang hilang belum ditemukan, disebutkan Bayuaji barang-barang korban lainnya berupa tablet, kamera canon, ijazah, lima buah sertifikat tanah, emas dan uang tunai Rp8 juta sebagiannya masih berada di tangan pelaku yang masih dalam pengejaran polisi. (h/fma)

 



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM