Tradisi Bakawua Tetap Lestari di Gunung Medan


Jumat, 22 Maret 2019 - 12:41:47 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Tradisi Bakawua Tetap Lestari di Gunung Medan Masyarakat peternak Kerbau Gunung Medan melaksanakan Bakawua atau do'a tolak bala, Rabu (20/03) di Jorong Seberang Mimpi. MARYADI

DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM-Warga Gunung Medan yang beternak kerbau melakukan tradisi orang tua terdahulu yaitu Bakawua atau do'a tolak bala, Rabu (20/03), di kelompok ternak Kerbau, Jorong Seberang Mimpi, Nagari Gunung Medan.

Menurut Kepala Jorong Seberang Mimpi, Sarino, kepada Haluan, kemaren, Bakawua atau do'a tolak bala, dilaksanakan untuk mewarisi tradisi orang tua terdahulu, yang mana tujuannya adalah agar dalam memelihara ternak terutama Kerbau, akan jauh dari segala gangguan atau penyakit ternak.

Bakawua katanya, bukan hanya dihadiri oleh peternak, tetapi juga dihadiri oleh yokoh masyarakat setempat seperti Gusriadi Dt.Basa, serta tokoh tokoh lainnya serta warga sekitar kandang kerbau yang cukup luas.

Setelah memanjatkan do'a, seluruh yang hadir ikut makan bersama, hal itu biasa dilakukan setelah berdo'a bersama bukan hanya dalam acara Bakawua saja. Bakawua dilakukan, menurut tetua dulu, kalau tidak dilakjkan do'a tolak bala, maka akan banyak terjadi gangguan terhadap binatang ternak yang dipeliharanya seperti ternak sakit dan mati."Sementara harga satu ekor Kerbau mencapai Rp 10 juta,"imbuh Sarino.

Menurut Kepala Jorong muda ini, Bakawua selalu dilaksanakan oleh peternak Kerbau yang ada di Gunung Medan sebelum memasuki bula suci Ramadhan atau Bulan Sya'ban, yang mana ketika memasuki Ramadhan, para peternak hanya fokus melaksanakan ibadah puasa.

Ia mengatakan, Bakawua ini dilakukan oleh tetua dahulu, karena jumlah ternak yang ada cukup banyak, bsjkan mencapai ratusan dalam satu kelompok, meski demikian, saat ini tidak sebanyak itu, tetapi yang namanya tradisi orang tua akan terus dilanjutkan agar tradisi tersebut tidak punah ditelan masa.(h/mdi)

 

 



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 03 Desember 2018 - 14:26:12 WIB

    Makan Bajamba di Sawahlunto, Tradisi Meyatukan Keberagaman

    Makan Bajamba di Sawahlunto, Tradisi Meyatukan Keberagaman SAWAHLUNTO, HALUAN - Tak terasa sudah 130 tahun saja usia "Kota Arang", 1 Desember 1888 - 1 Desember 2018. Banyak yang berubah dengan kota ini, Sejarah panjang tambang batubara, yang muncul sejak abad ke-17 dan terhenti pada .
  • Rabu, 03 Oktober 2018 - 14:31:03 WIB

    Warga Padang Laweh Gelar Tradisi Maarak Padi

    Warga Padang Laweh Gelar Tradisi Maarak Padi SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM - Warga Jorong Sungai Gemiri, Nagari Padang Laweh Kecamatan Koto VII menggelar tradisi sedekah padi atau yang sering disebut "Maarak Padi" (membawa padi) usai panen ke Masjid Muhajirin, Rabu (26/9).
  • Rabu, 29 Agustus 2018 - 21:31:50 WIB

    Pameran Tunggal di Bukittinggi,  Mahasiswi  Yunani Ini Pamerkan Budaya Tradisional Indonesia

    Pameran Tunggal di Bukittinggi,  Mahasiswi  Yunani Ini  Pamerkan Budaya Tradisional Indonesia BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM-Mahasiswi London East Univerity, Nephele Tsantaki, gelar pameran tunggal (Solo Exhibition) kriya keramik di galery seni perpustakaan Bung Hatta Bukittinggi, Senin  hingga Rabu (29/8)..
  • Jumat, 24 Agustus 2018 - 11:23:59 WIB

    Di Palembayan, Tradisi Makan Gulai Bukek Masih Bertahan

    Di Palembayan, Tradisi Makan Gulai Bukek Masih Bertahan AGAM, HARIANHALUAN.COM -- Tradisi makan gulai bukek daging kurban bersama di rumah ibadah, masjid dan musala dalam nagari Ampek Koto kecamatan Palembayan masih bertahan hingga kini..
  • Senin, 25 Juni 2018 - 15:10:04 WIB

    Bakureh Project, Bagaimana Tradisi Merekat Kebersamaan

    Bakureh Project, Bagaimana Tradisi Merekat Kebersamaan Setelah mengawali kajian intensif perkembangan kultur masyarakat pertanian di Sumbar dengan meluncurkan Program Lokakarya Daur Subur, Komunitas Gubuak Kopi bersama partisipan dari berbagai latar belakang, negeri asal, komunit.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM