Jokowi Bangun Energi untuk Sumatera Barat


Jumat, 22 Maret 2019 - 19:27:48 WIB
Jokowi Bangun Energi untuk Sumatera Barat Presiden Joko Widodo

PADANG, HARIANHALUAN.COM—Pemerintah Joko Widodo (Jokowi) terus berupaya membangun ketahanan energi di seluruh penjuru Indonesia, tak terkecuali di Sumatera Barat. Di Ranah Minang, Jokowi mengintruksikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), terus meningkatkan pemanfaatan penggunaan APBN agar dapat dinikmati secara langsung masyarakat secara berkeadilan dan merata. Di Sumbar misalnya, dalam kurun waktu dua tahun terkahir telah dibangun beragam infrastruktur ESDM di berbagai titik wilayah tersebut.

"Beberapa hal yang sudah dilakukan Kementerian ESDM ini di Sumatera Barat adalah pembangunan sumur bor, Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS), pembagian konverter kit (konkit) elpiji 3 kg untuk nelayan kecil. Semuanya menggunakan APBN. Ada juga BBM Satu Harga, yang dilakukan di Mentawai,"ujar Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar di ruang kerjanya Gedung Kementerian ESDM Jakarta, Senin (21/3).

Arcandra menjelaskan, pembangunan sumur bor lebih dari 120 meter tersebut diperuntukkan bagi wilayah yang mengalami krisis air bersih.

 "Kami telah sediakan bak penampungan, genset juga kalau listrik mati, dan ini sudah banyak tempat kita bangun di Sumatera Barat baik itu untuk Pesantren atau juga tempat-tempat yang kekurangan air. Ini bisa memberi manfaat sekitar 2.000-3.000 jiwa per sumur," kata Arcandra.

Hingga tahun 2018, sudah ada 70 titik sumur bor yang tersebar merata di provinsi Sumatera Barat tersebut. "Kami juga akan menambah 12 titik sumur bor lagi di tahun 2019 ini," kata Arcandra Tahar.

Untuk pembanguan Penerangan Jalam Umum Tenaga Surya (PJU-TS), sebanyak 740 unit dibangun pada tahun 2018. Pada tahun 2019 ditargetkan akan diselesaikan sekitar 200 unit lagi di Kab. Padang Pariaman, Kota Pariaman, Kota Padang dan Kota Padang Panjang.

 "PJU-TS ini kita fokuskan di jalan-jalan di mana banyak keramaian, seperti di depan balai desa, musholla, masjid, dan jalan-jalan umum yang dilalui masyarakat di malam hari," jelas Arcandra.

Pemerintah juga melakukan pembagian paket konverter kit (konkit) LPG 3 Kg untuk nelayan kecil di Sumatera Barat. Dalam 2 tahun terakhir sebanyak 2.304 unit konkit dibagikan untuk nelayan kecil di wilayah Sumatera Barat. Tahun 2017 sebanyak 1.405 paket mencakup wilayah kota Padang, Kabupaten Pasaman Barat dan Kabupaten Agam. Selanjutnya tahun 2018 sebanyak 899 nelayan kecil di Kabupaten Pesisir Selatan dan Kabupaten Padang Pariaman yang mendapatkan paket serupa.

"Nelayan cukup terbantu dari sisi keekonomisan karena lebih hemat," kata Arcandra.

Terakhir bagi masyarakat yang berada di Kepulauan Mentawai dapat menikmati layanan Bahan Bakar Minyak (BBM) Satu Harga.

"Dulunya mereka beli BBM Rp15.000 hingga Rp20.000 per liter. Kini masyarakat disana bisa membeli Premium seharga Rp. 6.450 per liter dan Solar Rp. 5.150 per liter seperti di kota-kota besar. Ini untuk keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," ujar Arcandra.(h/rel)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 13 Maret 2019 - 17:58:59 WIB

    Kucurkan Anggaran Puluhan Miliyar, Presiden Jokowi Kepincut Pasar Batusangkar

    Kucurkan Anggaran Puluhan Miliyar, Presiden Jokowi Kepincut Pasar Batusangkar BANTEN, HARIANHLUAN.COM—Presiden Joko Widodo kepincut dengan Pasar Batusangkar. Semangat membangun yang digencarkan pemerintah Tanah Datar membuat Presiden tak sungkan mengucurkan anggaran puluhan miliar yang nantinya akan .
  • Jumat, 08 Maret 2019 - 19:29:35 WIB
    Penerima PKH di Dharmasraya

    Tangis Bahagia Amelia Untuk Jokowi

    Tangis Bahagia Amelia Untuk Jokowi DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM--Siang itu, Amelia (39) masih sibuk melayani sejumlah pembeli di kedainya miliknya yang seukuran meja tenis di Jorong Pasar Lama, Nagari IV Koto Pulau Punjung, Kecamatan Pulau Punjung, Kabupaten .
  • Jumat, 22 Februari 2019 - 21:31:21 WIB

    Jokowi, Membangun Sumbar dari Pinggiran

    Jokowi, Membangun Sumbar dari Pinggiran BATUSANGKAR, HARIANHALUAN.COM--Program Keluarga Harapan (PKH) memberikan jembatan ketidaksinambungan pendapatan masyarakat Sumbar. Bantuan untuk keluarga miskin yang pertama kali diancar sejak 2007 silam, makin memupuk harapa.
  • Selasa, 09 Oktober 2018 - 16:56:47 WIB

    Usai Dilantik, Wali Kota Padang Panjang dan Pariaman Dukung Jokowi Dua Periode

    Usai Dilantik, Wali Kota Padang Panjang dan Pariaman Dukung Jokowi Dua Periode PADANG, HARIANHALUAN.COM - Wali kota-Wakil Wali Kota Pariaman dan Padang Panjang masa jabatan 2018-2023 resmi dilantik Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno di Aula kantor Gubernur Sumatera Barat, Selasa, (9/10)..
  • Senin, 08 Oktober 2018 - 22:46:37 WIB

    Hadir di Rapat Kerja IWAPI di Padang, Jokowi: Wanita Pengusaha Itu Cekatan

    Hadir di Rapat Kerja IWAPI di Padang, Jokowi: Wanita Pengusaha Itu Cekatan PADANG, HARIANHALUAN.COM - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menghadiri pembukaan rapat kerja nasional Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) yang bertempat di hotel Inna Muara Kota Padang, Senin (8/10). .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM