Harmoni Indonesia, Menjaga Moral dan Kreatifitas Milenial


Senin, 25 Maret 2019 - 10:24:01 WIB
Harmoni Indonesia, Menjaga Moral dan Kreatifitas Milenial  Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Archandra Tahar, saat melantunkan ayat suci Alquran, pada Festival Minang United di Kota Padang, Sabtu (23/3). IST

 

Festival Minang United yang mensasar milenial Kota Padang pada Sabtu (23/3) malam di Pantai Cimpago, Kecamatan Padang Barat tak hanya menampilkan kemilenialan itu sendiri. Di kegiatan itu ada bungkusan kegiatan hiburan, pameran kuliner juga kegiatan kemanusiaan. Apik tampaknya dengan balutan sorot lampu.

Laporan: Akmal Saputra

Digagas oleh Harmoni Indonesia, sebuah paguyuban yang mendorong bekal moral dalam kelanjutan estafet generasi bangsa, juga menghadirkan sosok seorang pejabat negara yang tak lupa dengan nilai religi. Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Archandra Tahar. Ia justru mengaji di hadapan seribuan anak muda yang tengah siap untuk berhibur diri dengan artis-artis ibukota, plus lokal.

"Kegiatan ini untuk menyatukan generasi milenial dan pendahulunya sehingga dapat tercapai pemahaman atau konsepsi ideologi persatuan sebagai bekal moral kehidupan antar sesama warga negara dan kehidupan bernegara. Acara ini akan diselenggarakan 23 Maret 2019 di Pantai Cimpago,” sebut Ketua Harmoni Indonesia, Firdaus Ali.

Sebelum Archandra tampil di panggung yang melintang di tengah jalan pantai Padang itu, anak-anak muda itu sudah menjejal. So pastinya, mereka sudah tidak sabar melihat artis ibu kota yang menjadi pengisi acara Minang United. Riuh tentunya. Tetiba suasana berubah jadi hening dan tenang.  Archandra yang jebolan pendidikan dasar hingga menengah di Padang  justru melantukan ayat suci Alquran di hadapan seribuan peserta kegiatan tersebut.

Baginya, hal itu bukan hal baru. Tapi, tampilannya sebagai seorang menteri yang melantunkan ayat suci alquran saat pembukaan acara tentu terasa beda bagi mereka yang hadir. Bacaannya, pas terasa. Wakil Menteri yang  asli Naras, Kota Pariaman ini sebenarnya saat di perantauan di Amerika Serikat, selain expert, juga guru mengaji.

Gayanya yang tampak begitu menghayati bacaannya membuat peserta dari generasi milenial yang mendengarnya juga tampak menikmatinya. Mereka, memilih diam. Suara debur ombak justru memecah kesunyian selama dibacakannya ayat suci tersebut.

"Alhamdulillah saya diberi kesempatan membaca Alquran surat Asy-Syu'ara ayat 1-7. Menurut saya, pesan ayat itu sangat bagus untuk menggambarkan kondisi kita saat ini. Semoga ayat itu dapat mengingatkan kita semua," katanya.

Arcandra berharap, melalui gelaran Festival Minang United 2019 dengan hastag #MinangBangkit ini, masyarat Minang khususnya juga bangkit dan melawan empat hal. Mulai dari melawan berita atau fitnah. Lalu, tidak lagi berprasangka buruk pada sesama dan pada pemerintahan.

Satukan Generasi




Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM