Usung Pesan Minang Bangkit di Festival Minang United


Selasa, 26 Maret 2019 - 13:44:13 WIB
Usung Pesan Minang Bangkit di Festival Minang United Suasana acara Festival Minang United di Pantai Padang beberapa waktu lalu. IST

Laporan : Akmal Saputra

Kegiatan Festival Minang United tak melulu soal hiburan yang jadi event pamungkas. Salah satu yang ditonjolkan adalah kehadiran puluhan stand UMKM di pusat lokasi Festival Minang United. Ada kolaburasi tampaknya. Di antara kegiatan hiburan, ada puluhan stand yang berjejer rapi di tengah, seolah jadi media pasar bagi penggiat UMKM di Padang khususnya, dan Sumbar pada umumnya.

Pada kesempatan itu, berbagai UMKM itu berasal dari berbagai macam usaha masyarakat yang didirikan guna pengunjung Minang United 2019 tidak kesulitan dalam mencari berbagai kebutuhan seperti makanan, aksesoris, baju dan lainnya pada gelaran kegiatan itu, Sabtu (23/3).

"Pada iven ini, ada sekitar 30 UMKM yang mendirikan stand untuk membuat pengunjung tidak perlu kesulitan dalam mencari apa yang mereka butuhkan seperti makanan, aksesoris dan lainnya," kata Ketua Umum Harmoni Indonesia, Firdaus Ali.

Pria yang sehari-hari bertugas sebagai staf ahli pada Kementerian PUPR itu berharap melalui Minang United 2019 ini dapat menggerakkan ekonomi masyarakat Sumbar. Harapan itu tentunya tak salah kiranya.  Di iven ini, berjubel milenial yang hadir yang jumlahnya diperkirakan mencapai ribuan orang. Tentunya tak sedikit pengunjung akan berbelanja di sekitar lokasi acara.

Firdaus Ali memastikan tujuan kegiatan ini untuk menyatukan seluruh elemen masyarakat Sumbar dan bukan untuk kepentingan kampanye salah satu capres.

"Semua bagian dari Indonesia sedang berlomba menyajikan yang terbaik. Sayang jika Sumbar tidak ikut. Festival Minang United ini dapat membangkitkan semangat kebersamaan dan mambangkik batang tarandam," katanya.

Kegiatan itu, katanya, dalam bentuk program yang di"minang"kan dengan suasana kekinian yang dapat menghibur dan syarat akan edukasi dan isnpirasi bagi para milenial. Nantinya, kegiatan yang akan dilaksanakan yakni jalan santai, senam zumba, ngobrol keren bareng youtuber, food festival, pasar kejut, coffe fest, Edutaiment, musik asik, sembako murah, donor darah, doorprize, konser hebat dari artis lokal dan artis nasional.

Bagi seorang Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit, kegiatan yang mengkolaburasikan hiburan, livemusic, bazaar dan pasar kaget ini bisa disebut menggugah rasa optimisme dan nasionalisme generasi milenial. Mereka, generasi penerus itu harus siap bertarung dan bersaing di tengah iklim kompetisi global yang terus mengguyur negeri.

"Generasi muda harus punya pendapat, ide dan gagasan. Ke depan persaingan semakin ketat. Harus jadi yang terbaik untuk bisa mewujudkan cita-cita," kata Nasrul Abit di hadapan ribuan milenial yang juga dihadiri Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar itu, Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal serta beberapa kepala daerah itu.

Generasi muda, kata Nasrul Abit yang membuka ajang ini, harus optimis menatap masa depan. Menggaungkan semangat menyambut perubahan zaman. Terpenting, jangan sampai terombang-ambing kepentingan yang tujuannya memecah persatuan sesama anak Bangsa.

Sebelumnya, Anggota Harmoni Indonesia dari mediacomm, Fetty Aziza mengakui festival ini tak saja diisi acara hiburan tetapi juga ada sejumlah kegiatan sosial. Untuk hiburan, festival akan diisi oleh artis-artis papan atas nasional serta artis lokal Sumatera Barat.

Sementara itu, untuk kegiatan sosial antara lain akan diisi dengan kegiatan donor darah, jalan santai, pasar kejut, coffe test,edutainmen (perpaduan edukasi dan entertainment), sembako murah dan sebagainya.

“Selama kegiatan, juga melibatkan pedagang kecil di sekitar lokasi acara sehingga juga memberikan dampak ekonomi kepada masyarakat,” ujarnya.(*)




Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 22 Juli 2016 - 02:24:48 WIB

    FFI 2016 Usung Tema Restorasi

    FFI 2016 Usung Tema Restorasi Gelaran Festival Film In­donesia (FFI) 2016 siap digelar. Kali ini Jakarta akan menjadi tuan rumah yang menyerahkan peng­har­gaan tertinggi bagi insan per­filman Indonesia..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM