26.820 Siswa SMK di Sumbar Laksanakan UNBK


Selasa, 26 Maret 2019 - 13:48:00 WIB
26.820 Siswa SMK di Sumbar Laksanakan UNBK Ilustrasi (haluan)

PADANG, HARIANHALUAN.COM — Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit meninjau pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di tiga SMK di Padang, yakni SMKN 5, SMKN 1, dan SMKN 9 pada hari pertama, Senin (25/3). Dari tinjauan tersebut didapati bahwa ujian berjalan lancar tanpa ada kendala berarti.

"Alhamdulillah, ujian hari pertama ini berjalan dengan lancar. Tidak didapati adanya permasalahan. Padahal hari pertama rentan dengan masalah, apa lagi yang berkaitan dengan konektivitas jaringan internet. Tetapi yang lebih penting, seluruh siswa hadir di hati pertama ini," ujarnya usai mengunjungi SMKN 9 Padang.

Baca Juga : Tahun 2021, Kuota KIP Kuliah Perguruan Tinggi Agama Tanggungjawab Kemenag

Kendati demikian, ia juga mengakui belum seluruh SMK di Sumbar. Setidaknya masih ada tiga SMK di Kabupaten Kepulauan Mentawai yang masih melaksanakan Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP).

"Saat ini tengah kami upayakan. Insyaallah, tahun sudah bisa UNBK seluruhnya," ucap Nasrul.

Baca Juga : Peringati Dies Natalis ke- 1, Upertis Gelar Kegiatan Kesenian hingga E-sport

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Sumbar, Burhasman yang ikut mendampingi menuturkan, saat ini total terdapat 107 SMK Negeri dan 97 SMK Swasta di Sumbar. Di mana siswa yang mengikuti UNBK berjumlah sebanyak 26.820 orang.

"Sedang yang masih UNKP itu cuma tiga SMK di Mentawai, yang total siswanya hanya sebanyak 110 orang," ujarnya.

Lebih lanjut, ia menyebutkan bahwa kendala yang dihadapi oleh ketiga sekolah tersebut antara lain, sinyal belum lancar dan listrik yang belum stabil.

"Tahun depan kami merencanakan untuk memperkuat sinyal di sana. Sedangkan untuk listrik, sementara waktu akan diatasi dengan menggunakan genset," kata Berhasman.

Untuk pelaksanaan UNBK sendiri, ia mengaku cukup mengkhawatirkan perihal koneksi awal. Namun sepertinya di ketiga SMK yang ia tinjau tidak muncul permasalahan serupa. Boleh jadi, ucapnya, karena ini bukan UNBK pertama yang dilaksanakan di ketiga sekolah itu, sehingga mereka dapat mempersiapkan segalanya dengan lebih matang.

"Di tiap-tiap ruang ujian kan juga telah ditempatkan satu guru pengawas dan satu proktor atau teknisi, yang akan membantu jika sekiranya terjadi permasalahan, entah itu terkait dengan konektivitas atau masalah-masalah teknis lainnya," tutur Burhasman. (h/mg-dan)

 

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]