Koridor IV Trans Padang Beroperasi Tahun Ini


Rabu, 27 Maret 2019 - 14:36:32 WIB
Koridor IV Trans Padang Beroperasi Tahun Ini Dokumentasi Haluan

PADANG, HARIANHALUAN.COM—Pengoperasian Bus Trans Padang pada Koridor IV Teluk Bayur-Anak Air, hampi pasti dibuka tahun ini. Saat ini, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Padang tengah merancang pembangunan 34 halte di sepanjang By Pass dua jalur sebagai sarana pendukung pengoperasian tersebut. Di sisi lain, organisasi pengusaha angkot di Kota Padang menolak rencana tersebut.

Kepala Bidang Angkutan Dishub Kota Padang, Jopi Satrios kepada Haluan, Selasa (26/3) menjelaskan, 34 halte yang akan dibangun sebagai sarana pendukung Trans Padang hanya berupa tangga. Keputusan itu diambil mengingat minimnya anggaran untuk pengoperasian Trans Padang di Koridor IV baru itu.

Baca Juga : Hari Pertama Kerja Usai Lebaran, Pemko Padang Sidak Kehadiran ASN

"Halte yang akan dibuat tidak ada yang permanen, untuk sementara memang hanya berupa tangga. Selain itu, sarana lain yang sedang kami siapkan dalam unit bus yang akan beroperasi adalah AC, CCTV, dan sarana penunjang lainnya. Koridor IV ini akan beroperasi tahun ini," kata Jopi.

Jopi juga menyebutkan, saat ini sudah terdapat sepuluh unit bus bantuan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang akan beroperasi untuk melayani penumpang di sepanjang Koridor IV. Oleh karena itu, pihaknya sedang fokus untuk menyiapkan sarana penunjang operasional di dalam dan luas bus.

Baca Juga : Libur Lebaran Usai, Dinkes Kota Padang: Masyarakat Harus Lakukan Tes Swab

“Kalau bicara kebutuhan, setidaknya koridor ini membutuhkan 24 unit bus. Namun, saat ini bus yang telah tersedia baru sepuluh unit. Hanya saja harus kami lihat juga nanti bagaimana pengaplikasiannya di lapangan. Apakah sepuluh unit itu untuk sementara cukup, atau memang butuh tambahan. Itu tergantung antusiasme penumpang juga. Apakah yang menempuh perjalanan dekat akan menggunakan Trans Padang atau naik angkot,” sebutnya lagi

Meski demikian, Jopi mengaku pihaknya tetap mengusulkan penambangan bus untuk Koridor IV tersebut ke DPRD Kota Padang. "Kami sudah mengusulkan, apakah disetujui atau tidak, atau disetujui dengan jumlah tertentu, kami belum tahun. Namun yang jelas, saat ini tahapan demi tahapan untuk Koridor IV sedang dilakukan," tuturnya.

Pengusaha Angkot Menolak

Menyikapi rencana pengoperasian Trans Padang di Koridor IV, Ketua Aliansi Pengusaha Angkot (APAK) Kota Padang, Fauzen berharap agar betul-betul mengkaji kembali rencana tersebut. Sebab, diyakini pengoperasian Trans Padang di sepanjang By Pass dua Jalur sama dengan membunuh mata pencarian pengusaha angkot.

"Menurut saya, ada sekitar 80 unit angkot yang tergabung dalam APAK Padang yang dimatikan kalau seandainya Trans Padang di Koridor IV dari Teluk Bayur sampai Anak Air itu dioperasikan. Belum lagi pengusaha angkot-angkotnya yang belum tergabung dalam aliansi, tapi nanti saya akan data lagi jumlahnya," sebutnya kepada Haluan.

Terkait polemic angkot terhadap Trans Padang, Fauzen mengaku pihaknya telah menyurati Wali Kota Padang. "Kami sudah surai wali kota untuk melakukan musyawarah dengan pungusaha angkot. Bagaimana bagusnya angkot-angot ini, tapi sampai kini musyawarah itu tidak pernah terjadi. Kami sebenarnya tidak masalah dengan Trans Padang, tapi yang kami tolak itu sistemnya, seolah-olah dipaksakan, yang pada akhirnya merugikan rakyat kecil seperti kami," ucapnya lagi.

Fauzen berharap, agar pemerintah bisa mengajak para pengusaha angkot untuk bermusyawarah mencari jalan terbaik. “Jangan kesannya kami dimatikan seperti ini, sehingga hak kami hilang. Sebab semua angkot ada izin trayeknya. Sementara ini, kami menolak Trans Padang di Koridor IV beroperasi," ujarnya tegas.

Fauzen pun mengaku, sebenarnya pengusaha angkot siap jika ada wacana penggantian unit angkot dengan kendaraan transportasi lain, atau dilakukan peremajaan terhadap angkot-angkot yang beroperasi saat ini. Namun, wacana tersebut selama ini hanya sebatas wacana semu karena pada nyatanya pemerintah tidak pernah membawa pengusaha angkot untuk bermusyawarah. (h/win/mg-pmi)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]